Ketua LKAAM Sijunjung H.Epi Radisman Dt Paduko Alam, SH Nara Sumber Pesantren Ramadhan di SMKN 1 Sijunjung. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Ketua LKAAM Sijunjung H.Epi Radisman Dt Paduko Alam, SH Nara Sumber Pesantren Ramadhan di SMKN 1 Sijunjung.

Minggu, April 09, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP- Ketua LKAAM Kab Sijunjung H Epi Radisman Dt Paduko Alam SH menghadiri kegiatan Pesantren Ramadhan 1444 H yang diselenggarakan oleh SMKN 1 Sijunjung yang berlokasi pada dua tempat yakni di masjid Istiqomah Tanjung Ampalu, Kamis (6/4-2023) dan di masjid Darussalam Nagari Tanjung, Sabtu (8/4-2023) keduanya berada dalam Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung.


Pada kedua waktu yang berbeda tersebut, Sang Datuak Paduko Alam menitik beratkan materinya kepada Sumbang 12 bill khusus terhadap sumbang duduak dan sumbang kurena, karena kedua sumbang tersebut sudah banyak  dilakukan oleh generasi anak Minangkabau kekinian.


Misalnya: sudah sering ditemui bahwa anak perempuan bila duduak dilantai seenaknya duduk bersila (baselo) sementara peradaban adat Minangkabau mengajarkan bahwa bilamana perempuan duduk dilantai hendaklah bersimpuh.


Begitupun sudah banyak terlihat lelaki Minang dalam menerima dan memberikan sesuatu kepada orang lain sudah terbiasa dengan tangan kiri, padahal hal tersebut adalah merupakan perlakuan tabu bagi norma adat Minangkabau, tutur Datuk Paduko Alam melalui selulernya tadi malam.


Disisi lain kordinator pesantren Ramadhan tahun ini di SMKN 1 Sijunjung yakni bapak Afrizal,. SPd, MPd dalam komentarnya merasa senang atas materi yang di sampaikan dengan jelas oleh Datuak Paduko Alam dihadapan kami para majelis guru dan siswa secara transparan dan tersimulasi secara langsung.


Tentunya harapan kita semua, semoga norma-norma peradaban adat  Minangkabau tetap terjaga dan lestari disepanjang masa, tukuk Mardenis majelis guru pada sekolah tersebut.


# GP | Era | Herman 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS