Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dan Drs.H.Syamsul Arifin, M.M.Pd : Pertahanan dan Aktualkan Nilai Ramadhan Dalam Kehidupan. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dan Drs.H.Syamsul Arifin, M.M.Pd : Pertahanan dan Aktualkan Nilai Ramadhan Dalam Kehidupan.

Sabtu, April 22, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sijunjung, Drs.H.Syamsul Arifin, M.M.Pd bertindak selaku khatib Idul Fitri 1444 H yang selenggarakan Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung di lapangan Prof.M.Yamin, SH Muaro Sijunjung, Sabtu (22/4).

Pelaksanaan sholat Idul Fitri 1444 H di lapangan Prof.M.Yamin, SH tersebut dihadiri Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, Wakil Bupati Iradatillah, Unsur Forkopimda Kepala OPD, tokoh masyarakat  setempat  serta umat Islam lainnya diimami oleh Amrizal.



Dihadapan ribuan  jemaah dan unsur pejabat teras Pemerintahan Daerah Kabupaten Sijunjung itu,  Buya Syamsul Arifin dalam tausiyah Idul fitrinya  menyampaikan,  banyak hikmah dari ibadah di bulan Ramadhan yang bisa dipetik dan diaktualkan di dalam  kehidupan sehari-hari, khususnya hikmah puasa Ramadhan itu sendiri.



Di antara hikmahnya itu ialah bagaimana kebiasaan orang mukmin dalam menahan diri (al-imsak) selama puasa di bulan Ramadhan dapat terus diaktualkan dalam setiap kesempatan di luar Ramadhan.



Dalam kesempatan yang terbatas itu, Kakankemenag menguraikan sedikitnya ada  tiga di antara hikmah menahan diri tersebut antara lain adalah ; 


Pertama, menahan diri agar tetap mengonsumsi sesuatu hanya yang halal. Seorang mukmin harus memilah dan memilih apapun yang akan dikonsumsinya. Semuanya harus dipastikan kehalalannya. Baik halal secara bahan dan proses (halal dzati), maupun halal asal usul hartanya 

(halal lighairihi).



Wajib hukumnya bagi seorang mukmin untuk memastikan kehalalan barang yang akan dikonsumsi. Sebagaimana sabda Rasulillah SAW. yang Artinya :“Sesungguhnya yang halal telah jelas dan yang haram juga jelas, dan di antara halal dan haram ada yang syubhat (tidak jelas), yang tidak diketahui kebanyakan orang. 


Barangsiapa yang berhati-hati dengan meninggalkan barang yang syubhat, maka selamat agama dan kehormatannya, dan barangsiapa yang jatuh dengan mengonsumsi yang syubhat, maka ia telah jatuh kepada sesuatu yang haram”. (HR. al-Bukhari dan Muslim).



Sebab barang haram yang dikonsumsi dan tumbuh menjadi energi dan daging, maka itu bisa membawa petaka baginya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

« من نبت لحمه من السحت فالنار أولى به »

“Artinya Barangsiapa dagingnya tumbuh dari yang haram, maka neraka lebih utama baginya” (HR. Ahmad, al-Hakim dan at-Thabrani)



Orang yang mengonsumsi sesuatu yang haram, maka doanya tidak akan dikabulkan oleh Allah SWT. sebagaimana hadist Rasulullah yang di riwayatkan oleh  Imam Muslim yang berbunyi :

" Artinya “Wahai manusia, sesungguhnya Allah adalah Dzat Yang Maha  Bersih sempurna, tidak menerima kecuali yang bersih (baik). Dan sesungguhnya Allah memerintahkan kepada umat Islam hal-hal yang diperintahkan kepada para utusan-Nya.



Kemudian Ia membaca ayat {“Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh, sesungguhnya aku Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”} dan ayat {Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu}. Kemudian Rasul menyebut seorang yang bepergian jauh untuk melaksanakan ibadah, ia berdoa menadahkan tangan ke langit, ya Tuhan, ya Tuhan, dan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan semua itu didapat dari yang haram, maka tidak akan dikabulkan doa tersebut” (HR. Muslim). 



Oleh karena itu, seorang mukmin harus terus menjaga dirinya dan memastikan apapun yang akan dikonsumsi harus diyakini halal, baik dzat ataupun asal usul harta yang digunakan membelinya.




Kedua, ialah hikmah menahan diri dari penyakit hati, seperti cepat marah, iri dan dengki, serta ghibah dan fitnah. Semua penyakit hati tersebut selama berpuasa harus ditahan. Karena jika tidak ditahan dan tetap dilaksanakan, maka bisa menghilangkan pahala puasa bagaikan nyala api melumat dengan tandas kayu kering.

كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلَّا الْجُوعُ وَكَمْ مِنْ قَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ قِيَامِهِ إِلَّا السَّهَرُ

Artinya : Banyak orang berpuasa tidak mendapat (pahala) apa-apa kecuali lapar. Dan banyak orang mendirikan shalat malam tidak mendapat (pahala) apa-apa kecuali hanya kantuk akibat begadang” HR. Ahmad.


Cobaan terbesar umat manusia di era teknologi informasi saat ini ialah tidak bisa menahan diri dari lisan virtualnya. Yaitu dengan bersosial media tanpa menyaring baik-buruknya. Dengan cepat lisan virtualnya mengirim pesan atau berita, tanpa terlebih dahulu dikonfirmasi kebenaran dan kepantasan untuk diunggah di sosial media.



Perilaku seseorang di sosial media kadang berbeda sekali dengan perilakunya di dunia nyata. Banyak ditemukan seseorang yang mempunyai kehidupan ganda: yaitu di kehidupan nyata ia dikenal sebagai pribadi yang baik, saleh dan santun. Tapi kehidupannya di dunia maya berbeda sama sekali. Seakan-akan orang tersebut memisahkan standar kebaikan, kesalehan dan kesantunan di dunia nyata dan dunia maya. Padahal secara agama dua-duanya mendapatkan beban tanggungjawab (taklif) yang sama.



Perbuatan buruk yang dilarang dilakukan di dunia nyata, juga dilarang dilakukan di dunia maya. Orang yang menjalankannya sama-sama mendapat dosa dan hukuman dari Allah SWT.

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ و وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَا حَاجَةَ لِلَّهِ فِي أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

Artinya :“siapa orang yang tidak meninggalkan perkataan kotor dan menjalankannya maka tidak ada nilai kebaikan di sisi Allah dalam dia meninggalkan makan dan minum” (HR. al-Bukhari)



Oleh karena itu, manahan diri dari itu semua yang telah dilakukan selama puasa Ramadhan, diharapkan dapat diteruskan di kehidupan  setelah bulan Ramadhan.




Ketiga, ialah menahan diri untuk tetap istiqamah berperilaku jujur dan disiplin. Setiap orang berpuasa pasti menjadi pribadi yang sangat jujur. Misalnya meskipun dia dalam keadaan sendiri, tidak akan mungkin dia sembunyi-sembunyi melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Meskipun tidak ada seorangpun yang melihatnya, dia tidak akan mungkin melakukannya. Hal itu terjadi karena orang yang berpuasa memiliki kesadaran yang tinggi bahwa apapun yang dilakukannya dilihat oleh Allah Ta’ala. 



Dengan kesadaran seperti itu dia telah menjadi pribadi yang sangat jujur. Sikap jujur ini yang disebut ihsan, sebagaimana sabda nabi SAW:

الْإِحْسَانِ قَالَ أَنْ تَعْبُدَ اللَّهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ

Artinya “ihsan ialah saat engkau beribadah kepada Allah seperti kamu melihatNya, dan jika kamu merasa tidak bisa melihatNya, maka kesadaran bahwa Dia Melihatmu”.

Orang berpuasa juga sangat disiplin. Orang berpuasa akan menjaga dengan ketat pengaturan waktu. Sebelum maghrib datang, meskipun kurang lima menit, tidak mungkin ia berbuka. Begitu juga saat sahur. Saat waktu imsak telah tiba, maka apapun yang bisa membatalkan puasa akan ditinggalkan. Ini menunjukkan orang berpuasa sangat disiplin menjalankan pengaturan waktu.



Oleh karena itu, sikap jujur dan disiplin tersebut harus tetap ada dan diaktualkan di kehidupan keseharian. Sehingga kita semua saat telah meninggalkan Ramadhan dan berhari raya telah berupah menjadi orang yang baru, yaitu orang mukmin yang mempunyai kepribadian yang bertaqwa.


Sambutan Bupati Benny Dwifa Yuswir 



"Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Sijunjung kami mengucapkan selamat hari raya idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin," ujar Bupati mengawali kata sambutannya.


Seiring dengan bergemanya takbir, tahmid dan tahlil pertanda Ramadhan telah pergi meninggalkan kita semua, namun kita harus bertekad bahwa nilai pendidikan dan latihan kita selama bulan Ramadhan itu tetap menyatu dengan hati sanubari kita semua, sehingga mampu meningkatkan derajat taqwa, kesabaran dan keikhlasan kepada Allah SWT dan meningkatkan silaturahmi kita  sesama umat Islam kedepannya.



Disampaikan Bupati, saat ini kita masih berada dalam situasi yang sulit, akibat covid-19 yang sedikit menghambat dalam mencapai program terutama bidang pendidikan, ekonomi dan lain sebagainya. Justeru itu diharapkan kita semua agar bisa bergandengan tangan, saling bahu membahu, dari tingkat keluarga, jorong , nagari, kecamatan sampai ketingkat kabupaten,  bekerjasama,  bersinergi mencapai  semua program yang telah kita rencanakan.


Lebih lanjut, Bupati juga mengutarakan bahwa Pemda Sijunjung terus berbenah bidang pembangunan sumber daya manusia (SDM) terutama bidang pendidikan dan kesehatan. Karena kedua bidang ini penentu dalam kemajuan pembangunan daerah.


Selain itu, Bupati Benny juga mengungkapkan bahwa tahun ini merupakan tahun terakhir masa pengabdian kepala daerah dan legislatif dalam memimpin dan membuat kebijakan pembangunan daerah dan nasional. Dan selanjutnya masyarakat akan kembali memilih pemimpin dan anggota legislatif periode berikutnya.  Sudah barang tentu akan ada berbagai fitnah dan penyebar Isyu Isyu negatif dan sikap adu domba yang akan merusak sendi sendi persatuan dan kesatuan masyarakat  yang perlu kita waspadai bersama.


#GP |  Herman.


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS