Lemang, Menu Utama Berkaul Di Jorong Timbulun Patah - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Lemang, Menu Utama Berkaul Di Jorong Timbulun Patah

Minggu, Maret 05, 2023


Sijunjung (SUMBAR). GP - Lemang merupakan  penganan dari beras ketan yang dimasukkan ke dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan daun pisang di dalam bambu yang berisikan beras ketan dicampur santan kelapa dan bumbu-bumbu itu dibakar sampai matang. 


"Lemang adalah menu utama yang akan disajikan besok di acara berkaul di Jorong Timbulun Patah, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat. Disamping itu makanan pokok dengan beragam lauk-pauk serta sayur-mayur juga akan terhidang".


Hal itu disampaikan oleh ibu Rohani (80)  sesepuh PKK Timbulun Patah kepada awak media go parlement di rumahnya di Dusun Padang Dabar, Timbulun Patah, Minggu,(5/3)


Acara berkaul besok, Senin, (6/3) dibenarkan oleh Kepala Jorong Timbulun Patah, Zainal Asri. Lewat telepon selularnya Zainal berujar "biasanya acara kita sangat meriah. Ada acara panjat batang pinang dan turnamen bola voli. Ada hiburan organ tunggal. Tetapi besok kita laksanakan acara bekaul ini dengan sangat sederhana. Yang kita undang cuma pejabat-pejabat MUSPIKA. Sesuai dengan situasi  ekonomi sekarang".


"Acara berkaul besok biayanya murni dari partisipasi masyarakat. Setiap KK menyumbang 1 liter beras, 1 buah kelapa, 1 ikat kayu api dan uang sebanyak Rp 20.000,-, ungkap  Zainal, pemimpin yang sangat disukai oleh rakyatnya ini.


"Sebelum acara puncak besok, kita telah melakukan Atik tulak Bala selama 3 senja. Hal ini dilakukan sebagai upaya agar negeri kita terhindar dari bala dan musibah. Kita berharap semoga Allah swt selalu meridhoi kita semua. Dan tercipta negeri aman, makmur, damai dan sejahtera", kata Zainal menutup pembicaraannya. 


# GP | Bur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS