Kepala Bidang Kearsipan Ir.Defri Martoni: Arsip adalah Rohnya OPD Perlu dipelihara dengan Baik. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Kepala Bidang Kearsipan Ir.Defri Martoni: Arsip adalah Rohnya OPD Perlu dipelihara dengan Baik.

Rabu, Maret 01, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP-  Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan Kabupaten Sijunjung melalui Bidang Kearsipan pada tahun anggaran 2023 sedang dan akan  melakukan kegiatan pemilahan arsip aktif dan arsip In aktif pada beberapa OPD di lingkungan  Pemda Sijunjung.


Hal itu diungkapkan  Kabid Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung, Ir.Defri Martoni ketika ditemui media saat melakukan pemilihan arsip Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Rabu (1/3).


Menurut Defri, arsip adalah rohnya dalam kegiatan OPD, jadi kalau itu rohnya OPD  tentu arsipnya perlu dipelihara dan dirawat  dengan baik,  kalau tidak demikian, berarti tidak ada  kehidupan dan  kegiatan  dalam  OPD tersebut.


Pemilahan arsip di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dilaksanakan, sejak hari  Selasa, 28 Februari kemarin  dengan objek pemilihan arsip tahun 2010 sampai 2015 dengan melibatkan 3 tim dengan anggota 15 orang, Tim 1 dipimpin oleh Drs.Darlias, tim 2 dipimpin oleh  Ir.Defri Martoni  dan tim 3 dipimpin Suarman, SH.


Dari keterangan Defri, hasil dari pemilahan arsip ini nantinya dapat menentukan mana arsip yang aktif dan mana  arsip yang  In aktif. 


Jadi sesudah pemilahan ini, akan ada dua arsip pertama arsip aktif  yang sedang dipergunakan oleh OPD dan kedua arsip In Aktif yang masih digunakan, tetapi sesekali mempergunakannya.


Nanti kedua arsip tersebut dibuatkan  daftarnya, kemudian untuk arsip aktif disimpan  pada unit pengolah yaitu pada  bidang atau sekretariat. Sedangkan  arsip In Aktif disimpan di rekord center di Sekretariat OPD tersebut.


Tujuan dari  pemilahan dan tersimpannya arsip  pada tempat yang ditentukan tersebut maka ada dua keuntungan atau manfaatnya, pertama arsip terpelihara dengan baik, yang kedua penemuan arsip yang dibutuh lebih mudah dan efesien.


"Insya Allah sesudah selesai pemilihan arsip di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung ini akan kita teruskan pada Dinas Parpora, Dinas PUPR dan lain lainnya," tutup Defri.


#GP | Herman.


 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS