Jadi Garin. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Jadi Garin.

Sabtu, Maret 04, 2023

Oleh : Pardi Syahri


Sijunjung (SUMBAR).GP-  Garin adalah sebutan bagi orang yang tinggal di rumah ibadah baik masjid, mushalla ataupun surau, di Minang. Adalagi sebutan lain selain garin yaitu mansur "mancik surau" artinya manusia cerdik yang tinggal di surau, karena mancik itu simbol korupsi maka diganti jadi Garin_da.


Garin_da? iyo diak, baa kok jadi garin uda? supayo uda bisuak bisa mantap jadi imam adiak, hahaha. Jadi jangan remehkan para garin ya karena dia sedang berjuang untuk mu para akhwat.


Tapi garin yang ini sudah ada makmumnya 


Kali ini saya akan mengulang sedikit kisah saya saat kuliah dulu, seingat saya itu tahun 2004 ketika saya terima ijazah Aliyah di salah satu sekolah di Bukittinggi orang menyebutnya Tarbiyah Canduang.


Ketika saya sudah pulang ke kampung halaman, selama 2 bulan ijazahnya saya bawa saja tidur, karena belum terbuka hijab ingin melanjutkan pendidikan.


Tiba-tiba datanglah 4 orang anak muda yang sedang KKN (Kuliah Kerja Nyata) ke rumah, dari satu kampus di Kota Padang dulu namanya IAIN IB Padang, sekarang sudah jadi UIN Padang. 


Mereka sebenarnya ingin bertemu Ayah saya, ingin bersilaturrahmi setelah mereka bercerita dengan orang-orang kampung, siapa yang perlu kami temui , tanya mereka ,  orang itu menyuruh mereka ke rumah saya.


Setelah bercerita panjang lebar akhirnya saya tertarik mengikuti langkah mereka ingin kuliah juga seperti mereka. Saat itu ayah diam saja belum menjawab keinginan saya.


Satu diantara alasan ayah karena biaya kuliah, ditambah lagi ada 2 adik di bawah saya yang juga sedang sekolah, tentu juga butuh biaya sementara ayah sudah tua dan beliau hanya seorang petani biasa.


Besoknya,  saya temui pemuda yang datang ke rumah itu, tujuan saya ingin dapat info detail bagaimana biaya kuliah. Salah seorang bercerita kepada saya adiak bisa tingga di masjid/mushalla itu bisa menghemat biaya katanya.


Apalagi adiak sudah punya modal, bisa ngaji, ceramah, azan, jadi imam sholat berjamaah katanya. Hmm....akhirnya tekad saya semakin kuat untuk melanjutkan kuliah.


Saat itu saya punya sedikit tabungan, cukuplah untuk biaya kuliah satu tahun. Tahun besok dicari pula jalannya, kalau niat baik Insyaallah akan diberi kemudahan.


Akhirnya saya masuk kuliah, pertama yang saya cari adalah teman dan numpang di tempat senior yang kebetulan juga ia tinggal di masjid. Saya bantu ia beres-beres di masjid karena masjid itu akan dipakai untuk sholat jum'at.


Nah, dari situlah saya tahu begini ya tugas kalau kita tinggal di masjid, besoknya saya minta senior itu mencarikan satu masjid/surau untuk saya, kurang enak juga saya numpang terus jadi benalu.


Kalau begini terus saya tak akan berkembang ucap saya, Alhamdulillah saya dapat tempat tinggal di mushalla saat itu. Jarak dari kampus lumayan juga sih 2x naik bus,  baru sampai di  kampus.


Begitulah yang saya jalani kurang lebih 4 tahun kuliah, 2009 saya wisuda dengan nilai lumayanlah,  tidak terlalu jelek juga sih dapat IP di atas 3. Pada tahun 2009 saya pulang membawa ijazah lagi.


Hmmmm...selama 4 bulan saya simpan saja ijazah itu, tidak saya lihat-lihat, rencana mau lanjut pendidikan ke Negara sebelah Malaysia tujuan saya, karena beberapa orang saudara saya ada di sana.


Namun patah semangat saya karena ucapan kakak tertua saya, saat saya utarakan mau ke Malaysia kerja sambil kuliah. Ucapan beliau saat itu mengenai puncak kada saya, katanya " kalau ka pai ka Malaysia juo manga bana sakolah tinggi-tinggi, ancak tamat SMP atau SMA sajolai".


Hmmmm...saya terdiam seribu bahasa dibuatnya, ndak bisa lagi berkata-kata, saya pulang dan megunci diri di dalam kamar. Itulah yang membuat saya tak jadi ke Malaysia. 


Dalam pangana saya ancak babini saya lagi hahaha, tapi ini parah,  masak belum apa-apa sudah babini, calonnya juga belum ada. Akhirnya saya dapat telpon dari adik perempuan saya,  menyuruh saya ke Sijunjung saja katanya. 


Ya itulah sampai hari ini saya di Sijunjung, ternyata untung saya ada di bumi Lansek Manih ini.


Oh...lansek manih.


#GP  | Sijunjung  |  4 Maret 2023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS