BBPSDMP Medan dan Diskominfo Sijunjung Gelar Pelatihan DEA Perdana di Sumbar - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

BBPSDMP Medan dan Diskominfo Sijunjung Gelar Pelatihan DEA Perdana di Sumbar

Selasa, Maret 14, 2023

 


Sijunjung (SUMBAR).GP - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sijunjung bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Medan atau lebih dikenal dengan Balai Besar Medan menggelar pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA), yaitu pelatihan pemasaran digital.

Dilansir dari Sumbarkita.id Pelatihan yang bertujuan meningkatkan peran UMKM dalam mendongkrak perekonomian itu diadakan dua hari di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Senin dan Selasa (13-14/3/2023). Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, didampingi Asisten II Setdakab Muhadiris, Ketua Dekranasda Riri Benny Dwifa, Kadis Kominfo David Rinaldo serta Kadis Dagperinkop Yulizar.


Saat memberikan sambutan Bupati Benny Dwifa menyampaikan gambaran umum Kabupaten Sijunjung dan mengucapkan terima kasih atas kesediaan Balai Besar Medan untuk menjalin kerjasama. Ia berpesan kepada seluruh peserta agar memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, tekun mengikuti pelatihan dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di masyarakat nantinya.

Sementara itu Frans Hendra Suryanta Sembiring yang mewakili Plt. Kepala Balai Besar Medan mengatakan bahwa Sijunjung adalah Kabupaten yang pertama dan satu-satunya yang bekerjasama dengan Balai Besar Medan. Ia menyebut, seminggu sebelumnya telah sukses menggelar VSGA yakni pelatihan berbasis IT dan komputer bersertifikat kompetensi nasional bagi pemuda Sijunjung yang belum bekerja, untuk memberikan keterampilan di bidang tersebut guna referensi dalam mencari kerja.


“Nah untuk DEA, ini merupakan program pelatihan kedua yang kami gelar di Kabupaten Sijunjung dalam bulan Maret ini. Rencananya nanti akan dilaksanakan pelatihan TA khusus untuk guru atau para pendidik di bulan Mei mendatang,” ujar Frans.

Menurutnya, kerjasama terjalin berkat upaya gigih Dinas Kominfo Sijunjungyang beberapa kali berkunjung dan mengajukan permintaan kerjasama ke BBPSDMP, melalui Kabid Statistik dan Persandian Dewi Mayza Lenny, yang didukung penuh oleh Kadis Kominfo David Rinaldo.

“Melihat antusiasnya calon peserta yang mendaftar melebihi kuota, maka kemungkinan Balai Besar Medan akan membawa program-program pelatihan lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Sijunjung,” lanjut Frans.

Tampil sebagai Nara Sumber perdana adalah Ketua Dekranasda Sijunjung Riri Benny Dwifa. Ia berbagi tips dan kiat menjadi pengusaha sukses. Diketahui, sebelum menjadi istri Bupati Sijunjung, Riri adalah pemilik Bisnis Retail Citra Swalayan yang memiliki puluhan cabang dan tersebar di beberapa daerah.

Pada sesi kedua, Kadis Kominfo David Rinaldo menyampaikan materi tentang pemanfaatan teknologi internet yang bisa digunakan memperluas pasar serta memudahkan menjangkau pelanggan. David memberikan motivasi dan dukungan penuh bagi seluruh pelaku UMKM, baik yang hadir maupun yang masuk dalam antrian daftar tunggu pelatihan DEA di Sijunjung berikutnya.

Pelatihan DEA tahap I ini diikuti oleh seratus orang pelaku UMKM yang tersebar dari seluruh kecamatan di Sijunjung. Seluruh pembiayaan kegiatan ini ditanggung oleh BBPSDMP Medan, dengan menghadirkan instruktur yang berpengalaman.


#GP | Herman | Wati  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS