Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Purworejo, Jateng Lakukan Monev Warganya di UPT Padang Tarok,Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Purworejo, Jateng Lakukan Monev Warganya di UPT Padang Tarok,Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung.

Kamis, Maret 09, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) kondisi warganya yang bertransmigrasi di  Satuan Pemukiman (SP) 1 Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Padang Tarok, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat,Kamis(9/3).


Rombongan Komisi IV DPRD Kabupaten Purworejo yang dipimpin Wakil Ketua Komisi IV Muhammad Abdullah, SE.,SH.,M.AP berangkat dari Purworejo tanggal 8 Maret dan tiba  kembali tanggal 11 Maret 2023 di Purworejo ingin melihat dari dekat kondisi warganya yang transmigrasi ke UPT Padang Tarok, Kabupaten Sijunjung Lansek Manih Sumatera Barat ini.


Pagi Kamis (9/3) Rombongan Komisi IV DPRD Kabupaten Purworejo itu disambut dengan hangat oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dan Kepala Dinas Nakertrans Khamsiardi, SSTP, M.Si  dioperation room kantor Bupati,  untuk sarapan pagi dan bertamahtamah serta saling bertukar cendramata.


Kadis Nakertrans Kabupaten Sijunjung Khamsiardi dalam hantaran katanya menyampaikan, pada tahun 2018 ada 125 KK warga transmigrasi dari Jawa Tengah 7 KK diantaranya adalah warga dari Kabupaten Purworejo yang ditempatkan pada Satuan Pemukiman (SP) 1 Unit Pemukiman Transmigrasi ( UPT) Padang Tarok.


"Mudah mudahan dalam kunjungan ke UPT Padang Tarok nanti, Rombongan Komisi IV DPRD Purworejo bisa berjumpa dengan 5 KK warga Purworejo yang masih menetap sampai sekarang dan dua KK lagi kini sedang dalam proses penggantiannya, sesuai regulasi yang ada,  karena dua KK sebelumnya telah meninggalkan lokasi," ujar Khamsiardi.


"Selamat datang di Kabupaten Sijunjung ranah Lansek Manih kami ucapkan, semoga kehadiran bapak dan Ibuk rombongan dari Kabupaten Purworejo mempunyai kesan tersendiri di Sijunjung ini," ucap Khamsiardi.


Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, selain menyampaikan selamat datang kepada tamu dari Purworejo juga menyampaikan kondisi dan perkembangan Kabupaten Sijunjung saat ini.


Diterangkan Benny, sesungguhnya Kabupaten Sijunjung dahulu sangat luas daerahnya, sampai saat ini telah melahirkan dua anak yakni Kota Sawahlunto dan Kabupaten Dharmaraya hasil dua kali pemekaran wilayah.


Setelah ditinggalkan atau berpisah dengan  Kabupaten Dharmasraya dan Kota  Sawahlunto ternyata semakin nampak jelas potensi daerah Kabupaten Sijunjung ini.  


Kabupaten Sijunjung punya potensi yang luar biasa, ada industri, ada sumber daya alam seperti migas, batu bara, emas dan didaerahnya warga seberang (Jawa) yang menjadi transmigrasi sekarang ada jenis mangang berupa campuran besi 20 % jadi kalau ada warga yang tidak betah disana mereka akan menjadi rugi dimasa datangnya, papar Benny.


Menurut Benny, Sijunjung ini merupakan lokasi transmigrasi awal dizaman orde baru dahulu, kini warga transmigrasi tersebut telah banyak jauh lebih mapan hidupnya dari penduduk asli Sijunjung.


Selain sumber daya alam, Sijunjung juga punya obyek wisata Geopark Ranah Minang Silokek yang menjadi tema RPJMD Sijunjung 2021-2026 dan Perkampungan Adat Sijunjung. 


"Nanti Pak Kadis Nakertrans tolong bawa jalannya rombongan ini dulu ke Perkampungan Adat Sijunjung dan bisa berpoto Selfi dulu baru dilanjutkan menuju Padang Tarok," perintah Bupati kepada Khamsiardi.


Sedangkan Pimpinan Rombongan Muhammad Abdullah,SE., SH., M.AP yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Purworejo menyampaikan terimakasih atas sambutan, layanan yang diberikan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir kepada kami saat ini yang sangat memuaskan.


"Kami merasa bahagia dan senang dilayani dengan cukup baik ini, selanjutnya kami juga mengaturkan terima kasih tak terhingga kepada Pemda Kabupaten Sijunjung yang menfasilitasi warga kami yang transmigrasi kesini," ujar Wakil Ketua Komisi IV DPRD Purworejo itu.


"Selanjutnya, selesai tugas kami ke lapangan, mungkin tak bisa berjumpa lagi dengan Bapak Bupati Benny, saat ini kami sampaikan kata  pamit dan besar harapan kami kiranya, Pemda Sijunjung dipimpin Pak Benny juga dapat melakukan kunjungan balik ke  Kabupaten Purworejo," ungkap Muhammad Abdullah


Anggota komisi IV  DPRD Kabupaten Purworejo yang melakukan monev ke SP 1 UPT Padang Tarok itu Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Purworejo Muhammad Abdullah, SE.,SH.,M.AP selaku ketua Rombongan dengan anggotanya Reko Budiyono, A.Md (Sek komisi IV)  Hendrikus Karel, Syc.,SE.,  Erwin Sulistiani,  Ir.H.Heru Kusuma Setiawan,  H.Rujiyanto, S.Ag.,MM., Berliando Luthfi Zulfikar, S.Psi.,  RR.Nurul Komariyah,S.Sos.M.AP dan  Nurhidayat Pramudianto.


Rombongan Komisi IV DPRD Purworejo ini didampingi pejabat Pemkab Purworejo terdiri dari  unsur Asisten Pemerintahan dan Kesra,  Kepala Dinas Perindustrian, Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Bagian Pemerintahan Sekdakab,  Bagian Hukum Sekdakab


Usai Rakor dan Review Perjanjian kerjasama di operation room kantor Bupati, Rombongan Komisi IV DPRD Purworejo didampingi Kadis Nakertran Khamsiardi dan dua orang Kabidnya Feri Andriadi dan Mashuri, ST serta  beberapa orang staf Nakertrans melakukan kunjungan ke UPT Padang Tarok.


#GP |. Herman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS