Zufnal Indra : Rintis COMMUNITY BASED TOURISM (CBT) Napolan Taratak Baru. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Halaman

Zufnal Indra : Rintis COMMUNITY BASED TOURISM (CBT) Napolan Taratak Baru.

Jumat, Februari 10, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP- Saya Zufnal Indra, guide Freelance dari Inbound Sumatra Medan, ingin merintis  wisata berbasis masyarakat yang dikenal dengan Community Based Tourism (CBT)  dan bekerja sama dengan DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sumbar di Napolan Taratak Baru.


Hal itu diungkapkan  Zufnal Indra guide freelance dari Inbound Sumatra Medan yang mengaku punya kampung asal orang tua di Ampek Angkek Canduang Agam dan saat ini berdomisili di Muaro Sijunjung via WhatsAppnya, Jumat (10/2).


Media Goparlement menanyakan kiprahnya Zufnal Indra, saat melihat adanya dua orang turis berkunjung ke SDN 26 Taratak Baru, Jumat (10/2) siang.


Setelah media konfirmasi dengan  Kepala Sekolah dan guru SDN 26 Taratak Baru,  mereka tidak bisa  menjelaskan secara rinci, mengapa tamu turis itu datang kesitu, lalu mereka memberikan nomor WA Zufnal Indra untuk bisa dihubungi langsung oleh media.


Lalu media menghubungi Zufnal Indra dan menjelaskan secara rinci dan jelas maksud tujuan kedatangan tamu turis  tersebut. Menurut  Zufnal, itu  tamu kami,  yang berasal dari Belanda bernama Mr. Rinke koehoorn dan Mrs. Barbara koehoorn.


"Kami saat ini  berada di Taratak Baru Kecamatan Tanjung Gadang  sedang membentuk desa wisata English Education village dan desa wisata kreatif dan inovatif," papar Zulnal.


Fokus kunjungan tamu kami adalah ingin memperkenalkan bahasa Inggris kepada anak anak desa dan memotivasi mereka untuk mengenal bahasa Inggris lebih jauh dan menjadikan Taratak Baru Desa Wisata Berbasis Bahasa Inggris.


Kesan tamu yang berkebangsaan Belanda itu, dia melihat  antusiasme masyarakat untuk mengembangkan Desa Wisata Berbasis Bahasa Inggris, mereka juga mengaku keramahan masyarakat Taratak Baru serta kagum dengan keindahan sawah wisata NAPOLAN Taratak Baru serta sangat  mendukung terbentuknya desa wisata English Education village.


Zufnal mengaku,  telah merintis  Desa Wisata Napolan ini sejak  8 bulan lalu dengan pemuda setempat.  Kami bersama pemuda  mendirikan "Sawah wisata,  Desa English education village dan secara bertahap mendirikan cafe dan aktivitas wisata tubing serta akan mempromosikan wisata edukatif.


Cafe ini dibangun untuk menggerakkan ekonomi masyarakat yang dijalankan oleh anggota Pokdarwis.


Tamu kita itu dari Bangko mau pergi ke Kota Bukittinggi, tetapi dapat kita tahan dan di ajak mampir  di Taratak Baru, pasang suami isteri itu sangat  mensupport kami untuk mewujudkan  desa wisata English Education village.

"Saya adalah Penggiat wisata dan menjadi  Ketua 1 Pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis ) Taratak Baru," jelas Zufnal. 

"Kami hanya singgah di SDN 26 Taratak Baru, hanya sekitar 3 jam saja," aku Zufnal 

"Selain kedua orang Belanda itu, ada juga  beberapa tamu yang lainnya  mensupport kami untuk membenahi desa wisata Napolan Taratak Baru ini," tutup Zufnal Indra.



#GP  |  Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS