HJK Sijunjung 74, BP Geopark Silokek MoU Bersama Sekolah - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

HJK Sijunjung 74, BP Geopark Silokek MoU Bersama Sekolah

Sabtu, Februari 04, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP-  Bersamaan dengan rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung ke-74, Badan Pengelola (BP) Geopark Ranah Minang Silokek menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan sekolah SD, SMP dan Bank Sampah di Muaro Sijunjung pada Jumat (3/2).


"Geopark Silokek merupakan rohnya pembangunan di Kabupaten Sijunjung" ujar Kepala BP Geopark Ranah Minang Silokek Dr. Zefnihan, AP, M.Si.


Seperti dilansir portal TopSumbar, Jumat (3/2) Guna mewujudkan RPJMD 2021-2026 "Kabupaten Sijunjung Yang Sejahtera, Unggul dan Berbudaya Menuju Masyarakat Madani" salahsatu rencana strategis kita yaitu integrasi Geopark Silokek secara lintas sektoral dan wilayah, Kepala BP Geopark Ranah Silokek Dr. Zefnihan, AP, M.Si melanjutkan kata sambutannya di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung.


"Geopark itu dikelola untuk keberlanjutan (konservasi), pendidikan (edukasi) dan perekonomian masyarakat" lebih lanjut Kepala BP Geopark Ranah Silokek Dr. Zefnihan, AP, M.Si yang juga Sekdakab berpembawaan tenang ini menambahkan.


Mendukung penuh Geopark Silokek sebagai sebuah destinasi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno terbukti sudah dua kali mengunjunginya selama periode kepemimpinan Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si - H. Iraddatillah, S.Pt. 


"Pemda agar mengoptimalkan pemberitaan dan promosi Geopark Silokek, menggelar school stay, serta mempersiapkan pendukung lainnya berupa sejarah Minangkabau, sejarah perkeretaapian dan sejarah PDRI" demikian arahan Gubernur Sumbar Mahyeldi pada Sabtu malam 2 Juli 2022 dihadapan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si saat audiensi. 


Tanggal 25 Nopember 2022, Geopark Silokek meraih Juara 2 Anugerah Pesona Indonesia (API) 2022 melalui kategori Ekowisata. 


API merupakan ajang apresiasi pariwisata terbaik yang diadakan semenjak tahun 2016 secara rutin tiap tahunnya.


Penandatangan MoU antara BP Geopark Ranah Minang Silokek ini diikuti oleh Kepala Dinas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Kepala SMP sebanyak  5 orang, Kepala SD sebanyak 38 orang, dan Bank Sampah. 


Pada momen ini juga dilakukan penyerahan sertifikat kemitraan oleh Kepala BP Geopark Ranah Minang Silokek kepada Kepala Sekolah dan Bank Sampah. 


Penandatanganan MoU ini turut dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung serta Kepala Sekretariat BP Geopark Ranah Minang Silokek Ridwan, S.Hut.


"Geopark Silokek telah diakui pemerintah sebagai Geopark Nasional, sekarang kita harus mengacu pada standar UNESCO dan penandatangan MoU ini adalah salahsatu upaya hingga terwujudnya kepedulian bersama terutama dunia pendidikan melalui anak didik dalam rangka kepedulian terhadap bumi dan lingkungan" ujar Kepala Sekretariat BP Geopark Ranah Silokek Ridwan, S.Hut dalam laporannya.


#GP |  Herman |  AG 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS