Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah Lounching kegiatan HJK ke 74 Tahun 2023. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah Lounching kegiatan HJK ke 74 Tahun 2023.

Rabu, Januari 18, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah  melaunching kegiatan Hari Jadi Kabupaten(HJK)  Sijunjung ke 74, tahun 2023 di lapangan Prof.M.Yamin, SH Muaro, Rabu, (18/1)  ditandai dengan melepas balon serta barner HJK ke 74 Sijunjung ke udara. 


Usai acara resmi  Lounching HJK ke 74 tersebut  Wabup Iradatillah dan undangan lainnya mengikuti senam massal dan penyuguhan  hiburan dengan  penampilan tari dan musik produk Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) dari SDN 31 Muaro,  Seni musik SMPN 10 Sijunjung dan  tari angkat kursi oleh SMPN 7 Sijunjung yang pernah juara di tingkat Sumatera Barat di Padang Panjang.


Kegiatan lounching HJK ini  di hadiri Ketua DPRD dan anggota, unsur Forkopimda atau yang mewakili, Ketua Pengadilan Negeri Muaro,  Ketua Pengadilan Agama Sijunjung,  Sekdakab  Dr. Zefnihan, AP, M.Si, para Staf Ahli Bupati, Asisten, dan Kepala Perangkat Daerah se Kabupaten Sijunjung, Para Kabag dilingkup Sekretariat Daerah, Camat se Kabupaten Sijunjung, Pimpinan Instansi Vertikal di Kabupaten Sijunjung,  Pimpinan BUMN/BUMD se Kabupaten Sijunjung, Ketua TP PKK dan anggota, Ketua GOW dan anggota,  Para Pejabat Eselon III, Pejabat Fungsional Tertentu dan ASN Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Personil TNI, Polri, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Instansi Vertikal,  Wali Nagari/Kepala Desa dan Perangkat Nagari dan  Irwan, dari PT. Eka Indah Berdikari Padang sebagai EO Sijunjung Rancak Expo dan Festival Lansek Manih V Tahun 2023 dan undangan lainnya. 

 

Dalam sambutannya Wabup Iradatillah menyampaikan  terima kasih dan apresiasi setingi tingginya kepada semua pihak yang telah mendorong terbangunnya suasana yang kondusif di Ranah Lansek Manih karena dalam suasana yang aman, tentram dan damai inilah kita bisa melaksanakan tahapan pembangunan daerah kita dengan sebaik baiknya. 

 

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung yang kita laksanakan setiap tahun adalah milik kita bersama bukan milik Pemerintah Kabupaten saja. 74 tahun bukanlah usia yang muda lagi tentunya telah banyak kemajuan dan perubahan yang terjadi di Kabupaten Sijunjung ini. 74 Tahun adalah rentang panjang perjalanan karena penuh dengan romantika dan dinamika sejarah.


Sebuah kabupaten yang dulu sangat besar dan luas kini telah menjelma menjadi Kabupaten yang masih dalam etape pencarian kembali identitas dan jati dirinya setelah dua kali melahirkan daerah baru yaitu Kota Sawahlunto dan Kabupaten Dharmasraya. Ke depan tantangan dan tuntutan akan semakin berat yang akan kita hadapi. 


Sebagai masyarakat Kabupaten Sijunjung kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Kabupaten Sijunjung sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi, lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja produktif demi cita cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik.


Begitu juga dengan generasi muda mari kita jadikan sejarah sebagai untaian peristiwa penuh makna dan hikmah, lalu dari sejarah kehidupan pemerintahan dan pembangunan Kabupaten  Sijunjung selama ini kita bisa memetik pembelajaran bahwa setiap generasi kepemimpinan memiliki warna dan dinamika tersendiri sesuai dengan era dan zamannya.


"Kepada pendahulu dan pendiri Kabupaten Sijunjung, dihari hari yang sangat berbahagia ini dengan hormat kami mengucapkan terima kasih atas jasa dan pengabdian terbaik kepada daerah Kabupaten Sijunjung yang sama sama kita cintai dan banggakan," ujar Iradatillah.


Semoga dengan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung tahun ini memberikan semangat positif dan daya juang yang tinggi untuk membuat Kabupaten Sijunjung lebih baik lagi, sesuai dengan logo dan tema Hari Jadi Kabupaten ke 74 Tahun 2023 yaitu “ Bersama Berkontribusi, Berkolaborasi dan Berinovasi Menuju Sijunjung Lebih Baik “


Membangun Kabupaten Sijunjung tidak akan bisa dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sijunjung sendiri. Sangat dibutuhkan kontribusi dan kolaborasi semua pihak. Semua pihak berhak memberikan kontribusi kepada daerah. Semua kita mempunyai peran penting dalam memajukan daerah kita ini. Siapapun dia, apakah masyarakat itu sendiri, dunia usaha, dan pihak lainnya.


Jangan  ditanya apa yang diberikan daerah kepada kita, tapi tanya apa yang telah kita berikan untuk daerah Kabupaten Sijunjung.   Mari kita tingkat kerja sama kita untuk Kabupaten Sijunjung yang kita banggakan ini. Yang tidak kalah penting untuk membangun Sijunjung adalah berinovasi, Dengan inovasi diharapkan daya ungkit program kegiatan memberikan dampak dan manfaat dalam percepatan  pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.


 "Mari kita selalu berinovasi untuk pembangunan yang lebih baik dan sejahtera," harapnya.


Memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten dilaksanakan tidak hanya di ibukota Kabupaten saja, diharapkan di kecamatan dan nagari untuk membuat dan melaksanakan berbagai kegiatan memeriahkan peringatan hari Jadi Kabupaten sesuai kemampuan kecamatan dan nagari masing - masing.  


"Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan oleh sebuah kepanitiaan yang besar, yang didalamnya melibatkan Pemerintah Daerah, unsur Forkopimda, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD dan Instansi terkait lainnya yang ditetapkan melalui Keputusan Bupati. Untuk itu, kepada seluruh unsur yang terlibat di dalam kepanitiaan, Kami menghimbau untuk semaksimal mungkin mensukseskan rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi pada tahun ini," lanjut Iradatillah.


Pada kesempatan itu, Wakil Bupati  mengajak dan menghimbau  semua pihak  untuk ikut secara aktif berpartisipasi memeriahkan Hari Kabupaten dengan tindak lanjutnya sebagai berikut; 


Pertama  memasang mawara, umbul - umbul dan spanduk pada masing - masing kantor/instansi/sekolah dengan menggunakan tema  dan logo Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke 74 Tahun 2023 mulai tanggal 18 Januari sd 28 Februari 2023.


Kedua meningkatkan K3 di lingkungan kerja dan tempat tinggal masing - masing seperti kebersihan kantor dan komplek rumah dinas dengan mengadakan gotong royong bersama staf atau melalui Aksi Jumpa Berlian (Jum’at Pagi Bersihkan Lingkungan Anda) atau GPS 3R (Gerakan Pengurangan Sampah Reduce, Reuse, Recycle). 


Ketiga melaksanakan kegiatan memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten di kantor/instansi/sekolah masing - masing dengan sederhana dan penuh makna seperti family gathering yang dilaksanakan di kantor/instansi atau di tempat objek wisata yang ada di Kabupaten Sijunjung dan kegiatan yang lainnya.  


Panitia Pelaksana  HJK Sijunjung ke 74  disampaikan Ketua I yang juga Asisten I Sekdakab, Aprizal, S.Sos., M.Si menyebutkan,  Tema hari jadi Kabupaten Sijunjung ke 74 tahun 2023 adalah,  “Bersama Berkontribusi, Berkolaborasi dan Berinovasi Menuju Sijunjung Lebih Baik”


Diharapkan Peringatan hari jadi menjadi momentum untuk bersama-sama memberikan yang terbaik,  bekerja sama mencapai visi dan misi serta melakukan perubahan untuk Sijunjung yang lebih baik.

Dengan Tagline#sijunjunglebihbaik


Untuk bentuk logo dapat bapak ibu lihat pada baliho dan spanduk yang ada di sekitar lokasi kegiatan kita ini.


Disampaikan Afrizal, rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke 74 Tahun 2023 dapat kami sampaikan sebagai berikut :


Open Tournament Sepak Bola Se Sumatara Barat “Monumen Cup I” yang telah dibuka secara resmi oleh Bapak Bupati Sijunjung pada tanggal 4 Januari 2023 di Lapangan Ulak Tobek Tanjung Bonai Aur Selatan Kecamatan Sumpur Kudus. Kegiatan ini diinisasi oleh Karang Taruna Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan.


Tabliq Akbar BKMT Se Sumatera Barat pada tanggal 8 Januari 2023 yang dilaksanakan di Mesjid Istiqlal Muaro Sijunjung.


Pertandingan Sepak Bola Usia 40 Piala Bupati Sijunjung yang berlangsung dari tanggal 16 Januari sd 16 Februari 2023 di Lapangan Prof. M. Yamin. "Tua Boleh, Semangat Tetap Muda"


Launching Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke 74 Tahun 2023 pada tanggal 18 Januari 2023 di Lapangan Prof. M. Yamin. 

Seminar “Pemanfaatan Sumber Daya Alam Melalui Program Perhutanan Sosial “ oleh WARSI (Warung Informasi Konservasi tanggal 27 Januari 2023.


Bhakti Sosial Bedah Rumah Bersama Indo Jalito Peduli Jakarta pada tanggal 27 Januari 2023.

Pertandingan Badminton Antar Kontraktor pada bulan Februari 2023 di Sibinuang Sakti.


Lomba Mars Dasa Wisma Tingkat Nagari, Kecamatan dan Kabupaten pada bulan Februari 2023.


Penilaian Ekspose Ketua TP- PKK Nagari dan Kecamatan pada bulan Februari 2023.


Seminar Nasional Pengajuan Prof. Syafie Maarif sebagai Pahlawan Nasional pada tanggal 14 Februari 2023 di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung.


Lomba Paduan Suara Mars Perpustakaan Antar Sekolah tanggal 15 Februari 2023 yang dilaksanakan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Sijunjung.


Tournamen Sepak Bola Tingkat Sumbar pada tanggal 16 sd 19 Februari 2023 di Lapangan Prof. M. Yamin Muaro Sijunjung dilaksanakan oleh SMAN 2 Sijunjung


Tournamen Bola Volley Tingkat Sumbar pada tanggal 16 sd 19 Februari 2023 di SMAN 2 Sijunjung dilaksanakan oleh SMAN 2 Sijunjung.


Tournamen Bola Basket Tingkat Sumbar pada tanggal 16 sd 19 Februari 2023 di SMAN 2 Sijunjung dilaksanakan oleh SMAN 2 Sijunjung.


Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten ke 74 tahun 2023 pada tanggal 17 Februari 2023 di di Monumen Tugu Hari Jadi Kabupaten, Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan Kecamatan Sumpur Kudus.


Seminar Nasional “Tantangan dan Paradigma Pemerintahan Era e - Government di Gedung Pertemuan Pancasila pada tanggal 17 Februari 2023.


Sidang Paripurna Istimewa DRPD Dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke 74 tahun 2023 pada tanggal 18 Februari 2023 di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Kabupaten Sijunjung.


Pameran Mini IKM dan Ekonomi Kreatif pada tanggal 18 Februari 2023 di Gedung DPRD Kabupaten Sijunjung.


Festival Lansek Manih V pada tanggal 18 sd 25 Februari 2023 di Jalan Lansek Manih Nagari Muaro, yang menampilkan hiburan dan atraksi yang dikemas dan berkolaborasi dalam PESANKU (Pentas Seni Anak Nagari Kabupaten Sijunjung) dan GSMS (Gerakan Seniman Masuk Sekolah).


Sijunjung Rancak Expo (pameran produk unggulan, investasi dan industri serta UKM dan ekonomi kreatif) pada tanggal 18 sd 25 Februari 2023 di Jalan Lansek Manih Nagari Muaro.


Launching beberapa Inovasi Daerah Kabupaten Sijunjung yang dilaksanakan beriring dengan Pembukaan Festival Lansek Manih V pada tanggal 18 Februari 2023. 


Adapun Inovasi Daerah yang dilaunching sebagai berikut :

Launching SIDEWI MANDEH (Kolaborasi Dewa Wisata Mandiri Berdaya Saing Ekonomi Kreatif Yang Hebat) Inovasi dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga.


Launching SIBESTIKU (Sijunjung Bebas Stunting Menuju Keluarga Berkualitas), Inovasi dari Dinas Pengendalian Penduduk dan KB 


Launching Digital Library, POCADI (Pojok Baca Digital), Gerakan Sijunjung Gemar Membaca, 3 buah Inovasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung.


Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten dan Kecamatan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan pada tanggal 18 Februari 2023.


Lomba Senam Kreasi PERWOSI (Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia) pada tanggal 21 sd 22 Februari 2023 di Sibinuang Sakti.


Festival Layang Layang pada bulan Februari 2023 oleh KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Kabupaten Sijunjung.

Sepeda Santai pada bulan Februari 2023 oleh KORMI Kabupaten Sijunjung.

Tabliq Akbar pada tanggal 23 Februari 2023 di Mesjid Istiqlal Muaro Sijunjung.

Dan beberapa kegiatan olahraga, seni, budaya dan kreatifitas lainnya yang dilaksanakan di kecamatan dan Nagari.



#GP | Herman 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS