MKKS dan MGMP Matematika SMK Se Kabupaten Sijunjung Pusatkan Kegiatan Di Hotel Edotel Manganti SMKN 8 Sijunjung. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

MKKS dan MGMP Matematika SMK Se Kabupaten Sijunjung Pusatkan Kegiatan Di Hotel Edotel Manganti SMKN 8 Sijunjung.

Sabtu, Januari 14, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP- Dua Unit Komunitas organisasi Pendidik tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengunjungi dan menikmati keindahan alam sekitar, guna menunaikan kegiatan rutinnya, tepatnya di Nagari Manganti Kecamatan Sumpur Kudus,selama seharian, kemarin Jumat (13/1).


Kedua organisasi Pendidik SMK itu pertama adalah kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMK diketuai Sri Hastuti, M.Pd  dan yang kedua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK dipimpin Drs.Asril, MM.



Kepala Sekolah SMK Negeri 8 Sijunjung Putri Andam Dewi, M.Pd., selaku tuan rumah pelaksanaan kegiatan MGMP dan MKKS Kabupaten merasa bahagia dan sangat senang adanya kegiatan ini di Edotel Manganti. 


"Kita sangat senang dan bahagia sekali, karena salah satu tujuan didirikannya Edotel Manganti SMK Negeri 8 Sijunjung ini, agar semua fasilitasnya dapat dan bisa digunakan oleh SD, SLTP, SLTA dan SLB, instansi, dan masyarakat umum lain yang berada di Kabupaten Sijunjung maupun luar Kabupaten Sijunjung," ungkap Dewi menyampaikan kepada para tamunya itu.


Menurut Putri Andam Dewi, Edotel Manganti merupakan Teaching Factory (TEFA) bagi para siswa dan guru. "Semoga Edotel Manganti semakin terkenal dan diminati oleh semua pihak, dengan adanya kegiatan MGMP atau MKKS SMK hari  ini akan menyusul sekolah/ lembaga lain memusatkan kegitannya disini," lanjutnya.


Kegiatan MGMP Matematika itu sendiri dimulai dengan lantunan ayat suci Al-Qur'an oleh Deyang siswa jurusan Perhotelan SMKN 8 Sijunjung, setelah acara seremonial usai dilanjutkan setelah pembawa acara Dewi Syefrianti, M.Pd. guru Matematika SMKN Negeri 3 Sijunjung mempersilakan Ketua MGMP Sri Hastuti, M.Pd.,dari  SMK Negeri 2 Sijunjung memandu kegiatan MGMP berikutnya.


 Dalam mukadimahnya, Sri Hastuti, M.Pd.,  mengatakan bahwa kegiatan MGMP ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru mapel Matematika dalam menggunakan platform merdeka mengajar dan melihat berbagai macam video pembelajaran yang bisa diimplementasikan di kelas nantinya.


"Hari ini adalah MGMP tahun 2023 kita  diawali di SMK Negeri 8 Sijunjung supaya kawan-kawan  guru tahu dan merasakan keindahan alam Manganti Sumpur Kudus," ungkap Sri Hastuti dengan kocaknya.


Drs. Asril, M.M. Kepala SMKN 2 Sijunjung selaku ketua MKKS SMK Se-Kabupaten Sijunjung sangat mendukung kegiatan MGMP dengan bergilirnya tiap bulannya di berbagai SMK yang berada di wilayah Kabupaten Sijunjung yang bertujuan untuk mengambil manfaat positif dari sekolah yang dikunjungi sekaligus ada nilai wisatanya.


Para Kepala Sekolah SMK Se-Kabupaten Sijunjung sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan MGMP Matematika dan mapel yang lain dengan cara tour dari satu sekolah ke sekolah lain ini  demi kemajuan ilmu bagi para guru SMK itu sendiri.


Di ruangan terpisah pada saat bersamaan juga dilaksanakan kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS)  SMK Se-Kabupaten Sijunjung  membahas Perencanaan Berbasis Data SMK, yang disampaikan oleh Bapak Antonio Reinaldo, S.Pd Tim Pengembang Kurikulum Provinsi Sumatera Barat yang juga  guru di SMK Negeri 5 Sijunjung.


Menurut Andam Putri Dewi, kedua kegiatannya itu  juga dihadiri oleh Kacabdin Wilayah V  Sumbar ( Wilayah Sawahlunto, Sijunjung dan Dharmasraya) diwakili oleh Bapak Radinas, S.Pd, M.Kom.


Kepala Cabang Dinas Wilayah V Sumbar, sangat mendukung kegiatan MGMP dan MKKS  ini diharapkan nantinya memang dapat  diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas oleh para guru SMK.


"Kegiatan MGMP Matematika ini selama 2 hari 1 malam,  pada tanggal 13 dan 14 Januari 2023, dari  17 orang peserta yang hadir,  15 orang menyatakan  menginap di Edotel Manganti SMK Negeri 8 Sijunjung," ungkap Andam.


Menurut Andam, Edotel Manganti adalah hotel edukasi untuk pembelajaran bagi siswa perhotelan. Tersedia 5 kamar yang bisa digunakan konsumen, ada ruang aula untuk pertemuan kapasitas 60 orang, dan view yang bagus untuk refreshing.



#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS