Jefri (21) Warga Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan Dapat Rehabilitasi Sosial dan Bantuan Ketrampilan dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 15 Desember 2022. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Jefri (21) Warga Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan Dapat Rehabilitasi Sosial dan Bantuan Ketrampilan dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 15 Desember 2022.

Rabu, Desember 14, 2022



Sijunjung (SUMBAR).GP- Jefri berusia  21 tahun, warga Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan tidak tamat SD, dipasung kurang setahun, akibat sakit yang  dideritanya gangguan mental, merasa senang disambangi Tim Sentra Mulya Jaya dari Jakarta merupakan Tim yang mewakili Dirjen Rehabilitasi Sosial Depsos RI.


Rombongan Tim dari Sentra  Mulya Jaya Jakarta ini berjumlah 5 orang dipimpin Ketuanya Ena Widiati, mengunjungi Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan, Rabu (14/12) didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (Dinsos PP& PA) Yofritas, ST, MT bersama staf diterima di ruang pertemuannya kantornya oleh   Kades Kampung Baru, Jalnibus, S.Pd.MM  Rabu (14/12). 


Pada kesempatan itu Ena Wediati mengatakan, Dirjen Rehabilitasi Sosial melalui Sentra Mulya Jaya di Jakarta mengunjungi Desa Kampung Baru dalam rangka upaya melancarkan Program Bebas Pasung dalam daerah Kabupaten Sijunjung tahun 2022 ini.


Diungkapkan Ena Wediati,  kegiatan ini diadakan  dalam rangka peringatan Hari Disablitas Internasional (HDI) tahun 2022 yang jatuh pada hari Kamis, tanggal 15/12/2022 besok pagi.


"Jadi  Kementerian Sosial Republik Indonesia  Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial melalui Sentra Mulya Jaya Jakarta  melaksanakan kegiatan bebas "Pasung" di Kabupaten Sijunjung, dengan mengunjungi Desa Kampung Baru, untuk klarifikasi,  verifikasi dan  wawancara pada hari ini, Rabu,14 Desember 2022," papar Ena. 


Kepala Desa Kampung Baru, Jalnibus, S.Pd.MM  dalam pertemuan tersebut menyampaikan apresiasi dan atensi kepada rombongan  yang datang, karena  warga Desa  Kampung Baru yang menderita Disabilitas Mental  atas nama Jefri , umur 21 tahun, alamat Koto Atas  akan mendapat  Program Rehabilitasi  ke Padang dan dilanjutkan dengan  Pelatihan ketrampilan di Bengkulu melalui Sentra Mulya Jaya ini.


"Tentu kita aturkan terimakasih kepada Pemerintah cq.Dirjen Rehabilitasi Sosial dan Sentra Mulya Jaya Jakarta,  semoga Jefri bisa  menjalani kehidupan layak seperti masyarakat lain kedepannya," papar Jalnibus mantan Pejabat Kebudayaan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung itu.


Sedangkan  Kepala Dinas Sosial dan PPPA, Yofritas ST., MT berharap dengan adanya program bebas pasung di Kabupaten Sijunjung tahun 2022 ini, tidak ada lagi warga Sijunjung yang di pasung kedepannya, karena Pemkab Sijunjung sangat peduli dengan Program ini.


Dijelaskan Jalnibus, usai pertemuan di kantor Desa Kampung Baru,  rombongan dari Sentra  Mulya Jaya Jakarta melakukan Asesmen dan wawancara dengan Jefri dan keluaraganya. 


"Jefri sangat senang kalau dia di beri kesempatan untuk dapat ketrampilan dan pelatihan ke Bengkulu dan bisa nanti memiliki ketrampilan dan dibantu lagi  dengan modal usaha  untuk menjalani kehidupan di tengah tengah masyarakat," ungkap Jalnibus kepada media ini.


Dikatakan Jalnibus, Pimpinan rombongan Sentra Mulya Jaya Ena,  mengatakan bahwa   kegiatan bebas pasung ini, dilaksanakan mulai dari Rehabilitasi di Rumah Sakit HB Sanin dan nanti  dilanjutkan  mendapatkan ketrampilan di Bengkulu, setelah mempunyai ketrampilan juga akan diberikan bantuan modal untuk berusaha.


Diakui oleh  orang tuanya Hartono (54 th) bahwa Jefri memang dipasung satu tahun terakhir ini, untuk menghindari agar Jefri  tidak pergi  dari rumah, dan dia tetap menjadi perhatian kita termasuk seluruh kebutuhan pribadinya. 


"Kadang kadang,  bilo tibo emosinyo,  Inyo indak bisa dikendalikan ( apabila datang emosinya, sulit untuk mengendalikannya-  Red)  bisa berakibat dan meresahkan  warga lain, apa saja dia lakukan, sampai saat hari ini Jefri selalu mengkonsumsi obat khusus  dari RS M Natsir Solok," ujar Hartono menuturkan.


"Atas nama keluarga besar dari Jefri mengaturkan terimakasih banyak, kepada bapak  dari Dinas Sosial PPPA Kabupaten Sijunjung,  Yofritas dan Ibuk dan bapak dari rombongan Tim Sentra Mulya Jaya Jakarta atas perioritas dan peluang bantuannya  mengatasi kesulitan anak kami ini," ungkap Hartono lagi.


#GP | Herman | Bus   




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS