Padang Panjang Pelopor Kota Tertib Sampah di Sumatera Barat - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Padang Panjang Pelopor Kota Tertib Sampah di Sumatera Barat

Rabu, Desember 14, 2022


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Komitmen Pemko Padang Panjang terhadap lingkungan hidup membawa kota berhawa sejuk ini menjadi daerah terbersih di Sumatera Barat (Sumbar). Alhasil, Padang Panjang ditetapkan sebagai pelopor Kota Tertib Sampah di Sumbar.


Hal tersebut ditandai dengan Launching Kota Tertib sampah oleh Wakil Gubernur Sumbar, Dr. Ir. Audy Joinaldy, SPt M.Sc M.M, IPM, ASEAN, Eng, bersama Wali Kota H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Rabu (14/12/2022) di Rest Area, Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB). 


Wagub Audy menyampaikan, Padang Panjang dinilai terbaik dalam pengelolaan sampah dan terbersih di Sumbar. 


“Apresiasi atas komitmen Wali Kota bersama masyarakat sehingga Padang Panjang menjadi kota terbersih di Sumbar,” katanya, seraya menyebutkan Pemprov Sumbar akan senantiasa mendukung maksimal Padang Panjang jadi Kota Tertib Sampah.


Kesadaran terhadap pentingnya kebersihan lingkungan di Indonesia menurutnya perlu ditingkatkan. “Dimulai dari kita sendiri. Ini terbukti di Padang Panjang. Impact-nya kepada anak cucu kita. Sekiranya Bapak Wali Kota bisa menceritakan di forum atau rakor bagaimana Padang Panjang menjaga kebersihan lingkungannya,” tuturnya.


Sementara itu, Wako Fadly, mengatakan, komitmen Kota Tertib Sampah merupakan keinginan yang sejalan antara pemerintah dan masyarakatnya. Kebijakan yang dibuat bekerja dengan baik dan membuahkan hasil Padang Panjang meraih 14 kali Adipura. 


Pemko kini turut bekerja sama dengan BNI, membuat gerakan menabung sampah, menyediakan 2.000 rekening untuk masyarakat.  


“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dipimpin Bapak Wakil Gubernur, yaitu Penandatanganan Komitmen tentang Kota Tertib Sampah dan Aksi Simpatik Patroli Sampah,” katanya.


Adapun Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, Ir. Siti Aisyah, M.Si, menuturkan, launching Kota Tertib Sampah ini sekaligus menyukseskan program Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023, dalam mengatasi persampahan agar Sumbar memiliki citra bersih.


Dipilihnya Padang Panjang pionir Kota Tertib Sampah, ujar Siti Aisyah, lantaran komitmen yang tinggi dari Pemko. Padang Panjang diharapkan menjadi Singapura-nya Sumbar. 


Di penghujung acara, Wagub Audy, Wako Fadly, Forkopimda melakukan aksi bagi-bagi tempat sampah kepada pengendara yang melewati jalan dekat Rest Area.


#GP | DF | Harris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS