Siraman Rohani (4) Rezeki - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Siraman Rohani (4) Rezeki

Kamis, November 17, 2022


Oleh: Ustadz Syofyan Hendri, S.Pd.I.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung.


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Sijunjung (SUMBAR).GP -  Inilah 8 Jalan Rezeki dalam Al-Quran yang Tidak Terduga. Manusia sering sekali melihat rezeki hanya dari material saja. Padahal masih banyak jenis rezeki yang dapat kita rasakan, seperti teman yang baik, lingkungan yang nyaman, dan lain sebagainya. Serta tidak sedikit juga orang berpikir bahwa sumber rezeki hanya dari hasil kerja kerasnya saja. Sedangkan Allah SWT telah menyiapkan 8 jalan menuju rezeki yang telah disebutkan dalam Al-Quran.


 

Rezeki, jodoh, dan kematian sudah ditakdirkan oleh Allah SWT, dan akan tetap menjadi rahasia-Nya. Oleh sebab itu, sebagai manusia hendaklah berusaha untuk mendapatkan rezeki tersebut. Selain itu, tak lupa juga untuk dibarengi dengan berdoa. Selebihnya, serahkan pada Allah SWT.


Untuk itu, Oase.id merangkum dari berbagai sumber tentang 8 jalan rezeki yang ada dalam Al-Quran:


1. Rezeki Yang Telah Terjamin


Sebagai manusia di muka bumi yang diberikan akal dan pikiran oleh Allah SWT, hendaklah memanfaatkan nikmat tersebut dalam mencari rezeki. Karena Allah SWT telah menjamin rezeki seseorang sejak mulai dari kandungan. Berikut janji Allah tertera dalam firman Allah QS. Hud ayat 6, yang berbunyi:


‎وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ


Artinya: “Dan tiadalah sesuatupun dari makhluk-makhluk yang bergerak di bumi melainkan Allah jugalah yang menanggung rezekinya dan mengetahui tempat kediamannya dan tempat ia disimpan. Semuanya itu tersurat di dalam Kitab (Lauh mahfuz) yang nyata (kepada malaikat-malaikat yang berkenaan).”


2. Rezeki Karena Usaha


Sumber rezeki kedua adalah dari hasil usaha. Allah SWT tidak akan menutup mata bagi umatnya yang telah sungguh-sungguh berusaha serta berdoa demi mendapatkan rezeki dari-Nya. Dan Allah akan memberikan yang setimpal dengan apa yang telah mereka usahakan. 

Firman Allah dalam QS. An-Najm ayat 39, yang berbunyi:


وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَانِ إِلَّا مَا سَعَى


Artinya: “Dan bahwa sesungguhnya tidak ada (balasan) bagi seseorang melainkan (balasan) apa yang diusahakannya.”


3. Rezeki Karena Bersyukur


Sebanyak apa rezeki yang kita dapat, hendaklah dibiasakan untuk mensyukurinya. Karena dengan bersyukur, Allah akan menambahkan nikmat itu kepada kita. Dijelaskan dalam firman Allah QS. Ibrahim ayat 7, yang berbunyi:


‎لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ


Artinya: “Demi sesungguhnya! Jika kamu bersyukur niscaya Aku akan tambahi nikmatKu kepada kamu, dan demi sesungguhnya, jika kamu kufur ingkar sesungguhnya azab-Ku amatlah keras.”


4. Rezeki Tidak Terduga


Selanjutnya rezeki yang tidak terduga. Pernah tidak mendapatkan sesuatu tak terduga dari seseorang, seperti baju atau makanan? Nah, itu juga dinamakan rezeki. Karena rezeki tidak melulu soal uang. Jika seseorang beriman dan bertakwa pada Allah, maka hal yang tidak diduga-duga akan mudah untuk terjadi.


Firman Allah dalam QS. At-Talaaq ayat 2-3, yang berbunyi:


وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا( ) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ


Artinya: “Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.”


5. Rezeki Karena Istighfar


Selain dapat pelebur dosa, istiqhfar juga dapat mendatangkan rezeki. Firman Allah dalam QS. Nuh ayat 10-11 berbunyi:


فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا ( ) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا


Artinya: “Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta.”


6. Rezeki Karena Menikah


Menikah juga masuk pada salah satu sumber rezeki untuk seseorang. Oleh karena itu, janganlah takut menikah, karena Allah telah berjanji dalam QS. An-Nuur ayat 32, yang berbunyi:


وَأَنكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِن فَضْلِهِ


Artinya: “Dan kawinkanlah orang-orang bujang (lelaki dan perempuan) dari kalangan kamu, dan orang-orang yang saleh dari hamba-hamba kamu, lelaki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberikan kekayaan kepada mereka dari limpah karunia-Nya karena Allah Maha Luas (rahmat-Nya dan limpah karunia-Nya), lagi Maha Mengetahui.”


7. Rezeki Karena Anak


Biasanya salah satu alasan seseorang takut untuk menikah karena takut tidak dapat menafkahi istri dan anaknya. Bahkan saking takutnya ada yang menunda memiliki anak. Sedangkan anak adalah salah satu sumber rezeki bagi orang tuanya. Firman Allah dalam QS. Al-Israa` ayat 31, berbunyi:


وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ نَّحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ


Artinya: “Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.”


8. Rezeki Karena Sedekah


Yang terakhir rezeki karena sedekah. Hal ini tertulis dalam QS. Al-Baqarah ayat 245, yang berbunyi:


‎مَّن ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً


Artinya: “Siapakah orangnya yang (mahu) memberikan pinjaman kepada Allah sebagai pinjaman yang baik (yang ikhlas) supaya Allah melipatgandakan balasannya dengan berganda-ganda banyaknya? Dan (ingatlah), Allah jualah Yang menyempit dan Yang meluaskan (pemberian rezeki) dan kepadaNyalah kamu semua dikembalikan.”


Oleh sebab itu, janganlah takut untuk tidak diberi rezeki, karena rezeki akan datang dari berbagai sumber.


#GP | Sijunjung | 17 November 2022.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS