Sebanyak 35 Guru TPQ/ TPSQ Sijunjung Ditingkatkan Kompetensinya. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Sebanyak 35 Guru TPQ/ TPSQ Sijunjung Ditingkatkan Kompetensinya.

Sabtu, November 12, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP- Sebanyak 35 orang guru Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) dan Taman Pendidikan Seni Al Quran (TPSQ) Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat,  mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi yang diselenggarakan oleh Bidang Kesejahteraan Rakyat daerah itu. 


Kegiatan dilaksanakan selama dua hari di mulai sejak 11 - 12 November 2022 di Hotel Daima Hotel Padang, Jumat, yang dibuka oleh Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah. 


Wakil Bupati, Iraddatillah dalam sambutannya mengatakan ketika orang tua wafat, sangat diperkenankan sang anak untuk memimpin sholat jenazahnya, karena itu menjadi Kebaikan terakhir bagi seorang anak. 


Sebagaimana tercantum dalam kitab al-Adab al Mufrad sabda Rasulullah SAW “Apabila seorang hamba meninggal dunia, maka terputuslah amalan darinya, terkecuali dari tiga  hal yakni sadaqah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, atau anak sholeh yang mendoakannya” (HR. Al Bukhari) 


"Namun, masih ada kita temui di Sijunjung seorang anak tidak bisa menjadi imam saat menyolatkan orang tuanya dan menunjuk orang yang dituakan dan ulama untuk menjadi imam,"jelasnya. 


Kekawatiran inilah yang menjadi dasar bagi kita untuk meningkatkan kompetensi guru TPQ/TPSQ di Kabupaten Sijunjung Ranah Lansek Manih yang kita cintai inu,"kata Wabup Iraddatillah. 


Ia berharap, dengan pelatihan ini guru TPQ/TPSQ dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan dan kemampuan untuk membekali atau menyiapkan guru TPQ/TPSQ untuk dapat melaksanakan tugas sebagai guru mengaji yang berkualitas dan bekompeten. 


"Selain itu,  Guru TPQ/TPSQ ini bisa mencetak anak-anak kita dengan generasi yang bisa baca tulis Al-Qur'an dan menjadi kebanggan kedua orangtuanya,"harapnya. 


"Ikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh demi kemanjuan Sijunjung  dan memperkaya generasi di Sijunjung  yang paham ilmu agama,"pesannya. 


Aprizal selaku Plt Kabag Kesra dalam laporannya juga menyampaikan, Peserta yang berjumlah 35 Orang yang berasal dari Guru TPQ/TPSQ se Kabupaten Sijunjung. 


Kegitan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pengetahuan guru TPQ/TPSQ dalam pembinaan baca tulis Al-Quran di kalangan masyarakat Sijunjung. 


"Tersedianya guru yang berkualiatas dan berkompeten dibidang baca tulis Al-Quran, sehingga bisa mencetak gerasi penerus yang memiliki kemampuam membaca Al-Quran sesuai dengan Syari'at Islam," papar Wabup Iradatillah.


Turut hadir kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Syofian Hendri, S.Pd.I.  Kabag PKP Admiriska dan Plt.Kepala  Bagian kesra.


Sedangkan Wakil Ketua DPRD Sijunjung Syofyan Hendri, S.Pd.I dalam kata sambutan dan sebagai Nara sumber, mengatakan, pencapaian ini bukanlah apa" melainkan motivasi untuk diri sendiri agar lebih mencintai Al-qur'an, yakinlah setiap satu ayat yang dibaca membukakan satu solusi dari  masalah.


"Barangsiapa yang membaca Alquran dan menghafalkannya, maka Allah akan memasukannya ke dalam surga serta akan memberi syafa'at kepada 10 dari keluarganya yang masuk neraka" HR. Ibnu Majah


"Semoga Pelatihan para Ustadz dan Ustadzah guru MDTA, TPQ  dapat menambah SDM dan  meningkat kemampuan dan juga melahirkan anak, cucu keponakan kita menjadi Ahlul qura, hafidz dan Hafidzah serta kita rindu akan lahir kembali Ibnu Sina disamping ahli kedokteran dan juga hafidz quran," terang Syofyan Hendri.


Semoga Kabupaten Sijunjung  menjadi negeri gudangnya para Ulama, hafidz dan hafidzah, ini merupakan, untuk mensyiarkan dan semarakkan agar baca Alquran tidak tergantung usia, semoga Alquran selalu menggema lantunannya di rumah-rumah, Surau-surau, Masjid-masjid dan  kita semua menjadi Ahlul qura. 


"Terimakasih juga kita ucapkan kepada  Pemda Kabupaten Sijunjung turut hadir Wabup Bapak Iradatillah Rady yang telah membuka  acara ini dengan resmi, Bapak Asisten 1 dan Kesra, ini menjadi nilai ibadah bagi kita semua, semangat kolaborasi dan kerjasama ini selalu menjadi energi positif untuk membangun Kabupaten Sijunjung yang lebih baik lagi," papar Syofyan.


#GP | Herman | Relis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU





Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS