Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung Laksanakan Bimtek Tutor di Bukittinggi. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung Laksanakan Bimtek Tutor di Bukittinggi.

Sabtu, November 05, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, melalui Bidang Pembinaan Paud dan PNF melaksanakan kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi Tutor dalam Penguatan Karakter di Grand Rocky Hotel Bukittinggi, pada tanggal 4 sampai 6 November 2022.


Kabid. Pembinaan Paud dan PNF Hendri Nurka, S.Sos.M.Si, selaku Ketua Pelaksana  kepada media, Sabtu (5/11) mengatakan, acara ini dibuka Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Syofyan Hendri, S.Pd.I., dihadiri Kadis Pendidikan diwakili Sekretaris Usman Gumanti, S.Pd.MM dan  2 orang Penilik dengan peserta 58 orang tutor.


Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Syofyan Hendri, S.Pd.I dalam pengarahannya saat akan membuka kegiatan Bimtek ini, menyampaikan pesan Ki Hajar Dewantara, diantaranya (1) Kepalamu kamu isi dengan ilmu supaya kamu bisa berpikir, (2)  Dadamu kamu isi dengan iman supaya bisa berdzikir dan (3) tanganmu kamu isi dengan keterampilan supaya menjadi manusia yang mahir.


Lebih lanjut Hendri Nurka, mengatakan, yang melatar-belakangi kegiatan Bimtek ini adalah, terbitnya  kebijakan merdeka belajar menjadi momentum untuk dapat menelaah kembali relevansi antara kebutuhan kompetensi saat ini dengan kenyataan yang ada.


"Para pendidik sudah saatnya meng- instrospeksi diri dan saling berbagi pengalaman, ide dan gagasan untuk menjawab tantangan masa kini dan masa yang akan datang. Merdeka belajar adalah tatkala pendidik berkomitmen membelajarkan dan menstimulasi generasi  penerus yang kompeten dengan strategi pembelajaran yang inovatif.  Bukan hanya seorang  tutor yang membuat warga belajar tuntas belajar, tetapi menstimulasi warga belajar untuk memahami konsep pembelajaran," papar Hendri Nurka. 


Dikatakan Hendri Nurka, Tutor, selain dituntut memiliki kompetensi sebagai pendidik, juga dituntut menjadi pendidik yang mandiri dan dapat menemukan cara pembelajaran yang efektif ditengah keterbatasan. Konsep merdeka belajar adalah kemerdekaan berfikir yang tentunya dimulai dari pendidik, tanpa dimulai oleh seorang pendidik, maka tidak mungkin akan terjadi  kemerdekaan berfikir pada peserta didik.


Oleh karena itu, kata Hendri Nurka, para pendidik pada saatnya dapat melakukan proses interpretasi, refleksi dan melakukan proses pemikiran mandiri terutama dalam menterjemahkan kompetensi dasar, mempersiapkan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan melakukan penilaian pembelajaran.


"Salah satu kunci peningkatan mutu pendidikan  adalah peningkatan kompetensi pendidik atau tutor.  Maka oleh sebab itulah  kita merasa penting  melakukan  meningkatkan kompetensi tutor melalui Bimbingan teknis Peningkatan Kompetensi Tutor  dalam Penguatan Karakter ini," ujarnya 


Dikatakan Hendri Nurka, yang bertindak menjadi Nara sumber dalam kegiatan bimtek adalah  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Syofyan Hendri, S.Pd.I , Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Puji Basuki, SP.M.MA., Kepala Bidang Paud &PNF Hendri Nurka, S.Sos.M.Si., Master Trainer Trustco Padang, Paljariati Yusral, Widyaiswara  BBPMP Provinsi Sumbar, Iryasman, M.Pd dan Delvianti, M.Pd.


"Bentuk pelaksanaan bimtek ini adalah tatap muka penuh dengan teknik bervariasi, seperti presentasi, diskusi interaktif bersama master trainer dan Nara Sumber yang kompeten," urai Hendri.


Yang menjadi tujuan dari Bimtek ini  adalah (1) menumbuhkan semangat tutor untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan, (2)  menyetarakan kemampuan dan kemahiran tutor dalam melaksanakan PBM (3) mendiskusikan permasalahan yang dihadapi oleh tutor dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan mencari cara penyelesaiannya(4) membantu tutor memperoleh informasi teknis dan edukatif dan (5)  berbagi pengalaman dalam pelaksanaan proses pembelajaran serta ide ide kreatif yang inovatif dan menyenangkan.



#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS