Wawako Asrul Puji 120 Karya Makrame Produksi Kaum Disabilitas dan Pengrajin Perempuan Padang Panjang - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Wawako Asrul Puji 120 Karya Makrame Produksi Kaum Disabilitas dan Pengrajin Perempuan Padang Panjang

Sabtu, Oktober 01, 2022


Padang Panjang(SUMBAR).GP-Wakil Wali Kota, Drs. Asrul memuji Pameran Inovasi Seni Kerajinan Makrame Bagi Kaum Disabilitas dan Pengrajin Perempuan, di Hotel Pangeran, Sabtu (01/10/2022).


120 karya Makrame dipamerkan lima hari, (1-5 Oktober), ini merupakan tindak lanjut dari workshop yang telah dilakukan sebelumnya oleh Kaum Disabilitas dan Perempuan 20 Agustus hingga 3 September lalu, difasilitasi Direktorat Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi.


Wawako Asrul memberikan apresiasi dan berharap akan muncul inovasi-inovasi pemberdayaan masyarakat lainnya di tengah-tengah warga.


“Kita berharap Kerajinan Seni Makrame ini bisa bertumbuh kembang di Kota Padang Panjang. Karena kita punya potensi dengan keberadaan SDM dari Institut Seni Indonesia (ISI) yang bisa menjadi fasilitator, instruktur ataupun fasilitator bagi masyarakat kita. Harapan kita suatu hari nanti Padang Panjang akan dikenal dengan produk Kerajinan Makrame yang berkualitas tinggi,” ujarnya.


Ia juga menyampaikan, dari hasil karya Makrame ini semua pengrajin bisa memasarkan produk-produknya baik kepada warga kota maupun di luar Padang Panjang. 


Sementara, Kepala Badan Pelestarian Nilai Budaya (BPNB), Unri, S.S, M.Si, menyampaikan, pihaknya berharap Kota Padang Panjang bisa menjadi central bagi Kerajinan Seni Makrame. 


“Kebudayaan ini tidak bisa kita lahirkan sendiri, maka dari itu kami mengimbau kepada semua pihak di lingkungan Pemerintah Kota ke depannya bisa bekerja sama dalam membentuk ekosistem kebudayaan. Kami yakin Padang Panjang bisa menjadi pusat kebudayaan benda maupun tak benda,” tuturnya.


Usai melakukan pemotongan pita pameran Makrame, Wawako Asrul bersama kepala BPNB, Ketua Dekranasda Kota Padang Panjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP, Wakil Rektor II ISI melihat pameran yang terdiri dari tas, tirai pintu, pajangan, syal, gantungan hias dan lainnya sebagainya.


Ikut hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Yan Kas Bari, S.E, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Camat Padang Panjang Barat, Fiori Agustian, SIP, Lurah Bukit Surungan, Ryan Afrinaldi, A.Md dan undangan lainnya.


Kepada masyarakat yang ingin melihat dan berminat terhadap Kerajinan Seni Makrame ini bisa mengunjungi Hotel Pangeran hingga 5 Oktober mendatang.


#GP | DF | Shintia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS