Erick Sedenov, S.IP Ditetapkan Musran sebagai Ketua Kwarran Gerakan Pramuka Koto VII Periodenya 2022-2025 - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Erick Sedenov, S.IP Ditetapkan Musran sebagai Ketua Kwarran Gerakan Pramuka Koto VII Periodenya 2022-2025

Minggu, Oktober 30, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP- Erick Sedenov, S.IP, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Koto VII, dipercaya secara aklamasi menjadi Ketua Kwatir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Koto VII periode 2022-2025 dalam Musyawarah Ranting (Musran) Gerakan  Pramuka Kecamatan Koto VII, Sabtu (29/10).


Kegiatan Musran Gerakan Pramuka ddikuti utusan 37 Gugus Depan, SD, SMP, SMA dan SMK  tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Kwarcab 0303 Gerakan Pramuka Kabupaten Sijunjung Kak Iradatillah dihadiri Forkopimcam yang juga selaku Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Koto VII.


Dalam Musran tersebut juga ditetapkan 5 orang tim Formatur untuk menyusun dan melengkapi kepengurusan Kwatir Ranting dipimpin Ketua terpilih dengan anggota, 1.Heki oktavianus, S. Pdi,  2.Tria Hasrizal S. Pd.,  3.Parman S. Pd dan  4.Insanurrahman S. Pd. 


Kak Iradatillah dalam pengarahannya, menyampaikan  "Gerakan Pramuka adalah Gerakan Pendidikan Kepramukaan Nasional Indonesia  yang berfungsi sebagai lembaga pendidikan luar  sekolah dan luar  keluarga serta sebagai wadah pembinaan dan pengembangan  generasi muda,  menerapkan  Prinsip  Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan serta Sistem Among yang pelaksanaannya disesuaikan  dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan  bangsa serta masyarakat Indonesia".


Lebih lanjut dijelaskanya, Gerakan Pramuka adalah organisasi gerakan kepanduan di tanah air yang lahir pada tanggal 14 Agustus.  Gerakan Pramuka adalah wadah untuk mendidik dan membina generasi muda agar mereka menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta rukun dan memiliki kesetiakawanan yang tinggi.


Gerakan pramuka diharapkan mampu meningkatkan keterampilan, ilmu pengetahuan, ketangkasan, disiplin, kuat fisik dan mental sehingga menjadi generasi muda yang tangguh, harapan bangsa yang kelak menjadi penerus dan pengembang cita-cita perjuangan bangsa yang setia pada pancasila dan UUD 1945 dibawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 


Selain itu, Gerakan Pramuka merupakan salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia, dan dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa. Membangun sumber daya manusia sangat berat dan mahal, perbedaan jiwa dan karakter manusia sangat beragam. 


Sebagai Ketua Kwarcab, saya berharap gerakan Pramuka juga dapat melihat hal-hal ini secara serius. Dengan demikian ada warna tersendiri bagi Pramuka di Kabupaten Sijunjung 


"Sebagai anggota pramuka harus lebih aktif dan produktif dalam menyusun kerja kegiatan kepramukaan. Karena Gerakan pramuka merupakan salah satu gerakan yang membangun masa depan di Kabupaten Sijunjung, untuk itu mari kita bahu membahu membangun dalam segala bidang, karena ini merupakan wujud implementasi langsung Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka," tegasnya.


Menurut Kak Iradatillah, Kwartir Ranting sebagai satuan organisasi gerakan pramuka di kecamatan mempunyai tugas memimpin dan mengendalikan gerakan pramuka dan kegiatan kepramukaan di kecamatan. Salah satu kegiatan dari Kwartir Ranting adalah Musyawarah Ranting yang di singkat Musran.


Musran  merupakan Forum tertinggi Gerakan Pramuka di Tingkat Ranting. Musyawarah Ranting ini diadakan dalam 3 (tiga) tahun. Acara Musran terdiri atas acara pendahahuluan dan acara pokok. Pada acara pokok di antaranya adalah Penyampaian, pembahasan dan pengesahan rencana kerja Kwarran untuk masa bakti 2022-2025,  Pemilihan Ketua Kwartir Ranting untuk masa 2022-2025, Pemilihan anggota formatur untuk menyusun pengurus yang dipimpin oleh Ketua Kwartir Ranting Terpilih,  dan juga Pemilihan Ketua dan anggota Lembaga Pemeriksa Keuangan masa bakti 2022-2025.


Dengan Musran ini diharapkan Terpilihnya Ketua Kwartir Ranting masa bakti 2022 – 2025 dan muncul program dan kegiatan. Program Kerja Yang Inovatif dan Berkelanjutan Menuju Sijunjung Sejahtera, Unggul dan Berbudaya tidak hanya bermanfaat bagi anggota pramuka saja namun juga seluruh masyarakat.


Kepada Camat selaku Kamabiran (Ketua Majelis Pembimbing Ranting)  Saya minta agar dapat memberi bimbingan, bantuan moril, organisatoris, material dan finansial, serta konsultasi baik kepada Kwartir ranting itu sendiri maupun kepada gugus depan  


Dalam kesempatan itu, Kak Iradatillah juga menyampaikan informasi  kegiatan Kwartir Cabang 0303 Gerakan Pramuka Sijunjung tahun 2022, antara lainnya, Rapat Kerja Cabang,  Kegiatan Pramuka Peduli,  Kegiatan memperingati Hari Pramuka tahun 2022,  Mengikuti Jambore Nasional Pramuka di Jakarta,  Mengikuti Giat Prestasi yang diselenggarakan Kwarda Sumbar dan menghadiri   Kegiatan Musyawarah Ranting se Kwarcab Sijunjung.


"Saya ucapkap selamat kepada seluruh Peserta Musyawarah Ranting dengan harapan ada hasil terbaik dalam Pemilihan Ketua Kwarran dan merumuskan program kerja tahun 2022-2025. Dan ucapan terima kasih kepada Panitia pelaksana yang merencanakan dan melaksanakan kegiatan ini," ungkap Iradatillah sembari membuka secara resmi Musran Koto VII.


Selain Musran menetapkan Erick Sedenov, S.IP sebagai Ketua Kwarran Koto VII juga menetapkan Tim Badang  Pengawas Keuangan (BPK) Kwarran Koto VII yakni 1.Gusmanidar S. Pd.,  2.Ferry Herlina S. Pd dan  3.Gustini Qosiah, S. Pd.



Camat Koto VII Elko Febri Marola, S.STP. selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) mengatakan, Musyawarah Ranting merupakan forum tertinggi tingkat Ranting yang diadakan sekali dalam 3 tahun, bertujuan antara lain, sebagai evaluasi pimpinan, wadah merumuskan program kerja, dan yang paling penting sebagai jembatan untuk meregenerasi kader.


"Kita berharap dengan telah dilaksanakan Musran  dan terpilihnya Ketua Kwarran  dan jajaran pengurus Kwarran nantinya, maka pramuka Kwartir Ranting  Koto VII bisa aktif kembali,  setelah 5 tahun fakum, agar bisa membina dan memupuk rasa simpati dan kepedulian para kader generasi muda, para pelajar (SD SLTP SLTA). Dan  anggota pramuka juga   berperan membantu pemerintah agar bisa melaksanakan kegiatan bhakti sosial, penggalangan potensi yang ada, siaga dan berperan aktif terhadap bencana dan lain sebagainya diwilayah Kecamatan  Koto VII," ungkap Elko.


"Alhamdulillah, setelah 5 tahun  vakum, akhirnya Kwarran Koto VII  memiliki kepengurusan lagi. Ini tentunya tidak terlepas dari perhatian dan komitmen Kwarcab 0303 Sijunjung terhadap program kerja kwarcab yang telah direncanakan pada tahun 2022 ini yakni menfasilitasi pembentukan kepengurusan kwartir ranting pada tiap-tiap kecamatan," ungkap Erick Ketua terpilih. 


"Kita akan memulai lagi dari 0 km, tentu kita sangat mengharapkan dukungan semua pihak baik dari  kakak-kakak Kwarcab, Mabiran hingga Mabigus dalam  membangun kembali Kwarran Koto VII,"  harap Erick. 



#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS