Mengenal Lebih Dekat Orang Sumando Silongo, Iptu H.Syafril, S.Pd Jadi Kapolsek Lubuk Tarok. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Mengenal Lebih Dekat Orang Sumando Silongo, Iptu H.Syafril, S.Pd Jadi Kapolsek Lubuk Tarok.

Kamis, Oktober 06, 2022

 


Sijunjung (SUMBAR).GP- Tidak disangka sebelumnya, Iptu H.Syafril, S.Pd., sumando  orang Silongo, suami dari Marniati, S.Pd  akan menjadi Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Lubuk Tarok.


Namun takdir Allah SWT menentukan lain. Sekira pukul 8.00 Kamis (6/10) di halaman Mapolres,  dalam suatu apel,  Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH.SIK.MH  melantik dan memasangkan tanda jabatan Kapolsek kepada Iptu H.Syafril, S.Pd.


"Alhamdulillah, ini suatu amanah dari pimpinan yang akan kita laksanakan dengan sebaik baiknya," ungkap Syafril ketika diminta komentarnya, usai dilantik jadi Kapolsek Lubuk Tarok.  


"Insya Allah akan kita lakukan tugas ini sesuai dengan yang diamanahkan Bapak  Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi yang disampaikannya  dalam amanat tadi," ungkap mantan Kasat Binmas Polres Sijunjung itu. 


Iptu Syafril, S.Pd lebih akrab dipanggil "Buya" oleh  masyarakat Sijunjung  termasuk dalam  jajaran kepolisian resor Sijunjung. Tak mengherankan, memang beliau ini  sering mengisi ceramah agama ke berbagai pelosok nagari di Kabupaten Sijunjung bahkan merambah ke sebagian nagari di Kabupaten Solok. 


Oleh Pemda Sijunjung sendiri dipercaya menjadi pendamping peserta  Lomba Bintang Qasidah dalam even MTQ tingkat Provinsi Sumbar beberapa tahun belakangan ini, karena Buya Syafril termasuk biduan yang juga suhunya lagu lagu  Qasidah.


Qori  yang punya tiga anak ini, lahir di Kota Padang pada tanggal 12 April 1967 lalu, menempuh pendidikan SDN 51 Padang tamat tahun 1981, SMPN 5 Padang tamat 1984 sedangkan tingkat SLTA dia  masuk SMA Baiturrahmah Padang tamat tahun 1987.


Selanjutnya Buya Syafril muda,  masuk sekolah polisi "Seba Polsuk"  SPN Padang Besi Kota Padang tahun 1988/1989. Lalu menjadi anggota Polisi di Resor Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung mulai 1989 sampai 1990. Selama di Kepolisian Buya Syafril pernah  mengikuti Dikjur Ba Bintal Pusdik Min Bandung tahun 2002. Dan pada tahun 2014 mendapat kesempatan Sekolah Perwira Seleksi Alih Golongan (PA SAG). 


Banyak juga jabatan jabatan di kepolisian yang pernah dilaluinya menjelang diangkat menjadi Kapolsek Lubuk Tarok oleh Iptu H Syafril, S.Pd ini. 


Dari penulusuran media ini diperoleh keterangan bahwa  Buya Syafril  ini pernah sebagai BKO di Aceh Utara tahun 1992 dan BKO di Aceh Selatan tahun 2002. Dan pernah melaksanakan Ops Lih Kam di Aceh tahun 2002.


Di Polres Sijunjung, Syafril  pernah menjadi anggota Sat Binmas (1992-2001). Anggota Subbag Wat Pers (2001-2002) dan anggota Sat Lantas (2002) 


Pada tahun 2002- 2003 sebagai Kanit SIM Lantas, anggota di Unit Samsat tahun 2003-2006. Pada tahun 2006-2014 dipercaya menjadi Kanit Dikyasa. Kemudian menjadi Paminurtu Sub Bag Renmin Dit Binmas Polda Sumbar pada tahun 2014 -2017.


Pada tahun 2017- 2019 menjadi KBO Sat Binmas Polres Sijunjung selanjutnya dipercaya oleh Pimpinan sebagai Kasat Binmas Polres Sijunjung sejak tahun 2019 sampai ditetapkan sebagai Kapolsek Lubuk Tarok hari ini.


Selain melakukan tugas tugas di kepolisian, Syafril juga sering mendapat amanah dalam tugas lain dilingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Sijunjung seperti menjadi utusan peserta MTQ ke XXI  tingkat Provinsi Sumbar di Solok tahun 1990. dan peserta MTQ ke XXII tingkat Provinsi Sumbar di Pesisir Selatan tahun 1991.


Dilingkungan kepolisian, pernah menjadi juara pertama lomba pidato Babin KTM tingkat Polda Sumbar tahun 1992. Mengikuti lomba pidato Babin KTM tingkat Nasional di Jakarta tahun 1992 setelah menjadi juara I di Sumbar.


Berikutnya pernah meraih juara III Simulasi Kamtibmas Kelompok Bintara. Juara II lomba pidato Da'i Kamtibmas tingkat Polda Sumbar tahun 1995. Pada tahun 1996 juga sebagai juara I MTQ HUT Bhayangkara ke 50 tingkat Polda Sumbar. Dan juara I lomba pidato Da'i Kamtibmas tingkat Polda Sumbar tahun 1997.


Dalam bidang olahraga, Buya Syafril almater STIT Al Yakin Muaro Sijunjung ini pernah juara I pertandingan tenis lapangan tingkat Kabupaten Sijunjung. Dan juga pernah ditunjukkan oleh Gubernur Sumatera Barat sebagai Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) untuk jemaah haji Kabupaten Sijunjung.


Menjadi anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sijunjung sejak 2012, pernah juga menjadi  juara I lomba pidato Bin Luh Tib Lalu lintas tingkat Polda Sumbar. Dan sangat istimewa dirasakan Syafril pernah diundang ke Mabes Polri sebagai pembaca Kitab Suci Al Quran dalam acara peringatan maulid nabi Muhammad Saw, 28 Januari 2015.


Buya Syafril bersama isterinya Marniati, S.Pd salah seorang guru SD di Kecamatan Sijunjung ini, telah dikurniai tiga orang anak yang bernama Annisa Prima Rusyada, Fauzan Al Qadri dan Fadlan Assufi.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS