Ketua Pengurus Masjid Muamalah Sibakur Zul Asri, S.Pd : Progres Pembangunan Masjid Muamalah mencapai 50 porsen siap. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Ketua Pengurus Masjid Muamalah Sibakur Zul Asri, S.Pd : Progres Pembangunan Masjid Muamalah mencapai 50 porsen siap.

Jumat, Oktober 07, 2022

 


Sijunjung (SUMBAR).GP- Progres pembangunan masjid Muamalah Sibakur Kecamatan Tanjung Gadang yang berukuran 20 x 28,5 meter, konstruksi bertingkat 2 lantai,  sampai Jumat (7/10) baru mencapai 50 porsen dan telah menelan biaya sebesar Rp2,2 Miliyar.

Ketua Pengurus Masjid Muamalah Nagari Sibakur, Kecamatan Tanjung Gadang, Zul Asri, S.Pd kepada media, Jumat (7/10) mengatakan, mesjid yang lama terasa kecil saat Idul Fitri, karena  masyarakat yang rantau  pulang bersama ke kampung saat idul Fitri tersebut.


Maka timbul ide membangun mesjid yang lebih besar dari ukuran semula diareal yang lama. Dibangunlah masjid baru berukuran diatas dengan membongkar bangunan masjid yang lama sejak 3 tahun lalu atau sejak tahun 2019.


Alhamdulillah selama tiga tahun berjalan, pelaksanaan pembangunan berjalan lancar dan berkelanjutan dengan rencana biaya sampai siap sebesar Rp4,9 miliyar. Hingga saat ini pembiayaan pembangunan berasal dari waqaf dan infaq jemaah dan masyarakat Sibakur yang berada di perantauan.


Selama ini, wakaf dan infaq itu mengalir sedemikian derasnya untuk mewujudkan  masjid yang besar, indah dan lengkap dengan tempat berwudhu dan air yang memadai. Kita sangat salut dengan jemaah karena ada yang mengirimkan infaq dan wakafnya antara Rp10 sampai Rp20 jutaan perorangnya.


"Sampai kini murni pengerjaan pembangunan masjid ini swadaya masyarakat, uang infaq yang terkumpul hanya digunakan untuk pembeli matrial semen, besi, seng, paku, keramik dan upah tukang  sementara material lain seperti batu dan pasir diperoleh dengan semangat kegotongroyongan masyarakat," ungkap Zul Asri. 


Kini sedang berjalan pengerjaan tiang Quba dan selanjutnya nanti baru tahap pengerjaan bak air dan tempat berwudhu, kata Zul Asri. "Dana untuk membuat Quba masjid berukuran 10 x 10 meter seharga Rp200 juta dan persedia dana kita memang menipis.


"Melalui pemberitaan media ini, dihimbau para donatur yang mau mengirimkan persiapan amal untuk akhiratnya, tentu kita buka seluas luasnya untuk ikut serta membangun masjid Muamalah Sibakur ini, harap Zul Asri. 


" Terakhir ini,  persiapan dana pembangunan masjid kita memang  agak mepet, tetapi ada ada saja orang toko yang bermurah hati, memberikan semangat kepada kita ambil saja semua kebutuhan disini nanti bayar kapan ada uang saja," papar Zul Asri.


"Jadi besar harapan kita kepada donatur baik warga Sibakur atau bukan, baik yang berada dalam daerah Kabupaten Sijunjung maupun yang bukan untuk menyalurkan wakaf, infaq dan sedekahnya untuk pembangunan masjid Muamalah Sibakur ini," ujar Zul Asri.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS