Kabid Kebudayaan Leni Delvia SE: Lima Hasil Karya GSMS akan ditampilkan pada Alek Mandeh Festival Budaya Matrilineal di Perkampungan Adat Sijunjung. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Kabid Kebudayaan Leni Delvia SE: Lima Hasil Karya GSMS akan ditampilkan pada Alek Mandeh Festival Budaya Matrilineal di Perkampungan Adat Sijunjung.

Kamis, Oktober 27, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP-  Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung melalui Kabid Kebudayaan,Leni Delvia, SE , menjelaskan, program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) sangat bagus diterapkan untuk sekolah -sekolah  yang ada di daerah-daerah.


Dengan adanya GSMS ini, dapat menyalurkan bakat dan hobby anak didik  serta penyemangat dalam belajar dan berkarya bagi anak didik di sekolah, dapat  menumbuhkan  inspirasi mereka, sehingga  bisa tampil dalam berbagai acara baik dalam pesta atau menanti tamu pejabat dan lainnya  yang berkunjung ke nagarinya nanti.


Hal demikian diungkapkan Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Leni Delvia  dalam bincang bincang tentang dampak positif program GSMS di ruang kerjanya, Kamis (27/10).


"Alhamdulillah, kita mendapat apresiasi dari pihak Kementrian dalam  pementasan hasil karya GSMS tahun 2022, yang pekan lalu di laksanakan di depan GOR Sibenuang Muaro,  Insya Allah Kabupaten Sijunjung masih dipercaya  Kemdikbudristek khusus Bidang Kebudayaan menerima program GSMS tahun 2023 mendatang ," ungkap Leni Delvia.


Didampingi Koordinator Pembinaan Kesenian & Promosi Kebudayaan Bidang Kebudayaan Tasrial Efendi, M.Pd., Leni mengatakan, ada lima sekolah GSMS tahun 2022 itu yang akan tampil dalam Alek Mandeh Festival Budaya Matrilineal di Perkampungan Adat Sijunjung, Jumat sampai Minggu, 28-30 Oktober 2022 besok.


"Alek Mandeh di perkampungan adat tersebut adalah  program kegiatan  BPNB Padang kerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sijunjung, tentu kita  dari OPD terkait turut memfasilitasi dan mendukung kegiatan ini," ujarnya.


Dikatakan Tasrial, pada hari Jumat(28/10) pukul 13.30 wib akan tampil Grup SDN 13 Limo Koto akan membawakan tari "Payuang Panji Ka Madinah" 


Pada hari Sabtu (29/10) pukul 14.00 wib SMPN 10 Sijunjung dari Nagari Sungai Lansek akan melakukan pertunjukan musik "Panduto" sedangkan pada pukul 15.00 wib   SDN 12 Rumbai Kecamatan Lubuk Tarok akan menampilkan Grup randai dengan cerita "Kaba Si Puti Junjuang".


Sedangkan hari terakhir, Minggu (30/10) pada pukul 15.00 wib  SDN 4 Mundam Sakti, Kecamatan IV Nagari akan melakukan pertunjukan tari berjudul " Batingkah Langkah Balukah" sedangkan pukul 15.40 wib akan tampil SDN 31 Muaro, Kecamatan Sijunjung mempertunjukkan tari berjudul "Ampek Mufakaik" terang Tasrial.



#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS