Wali Nagari Tanjung Bonai Aur, Hendra Basri: Kelompok Masyarakat diberikan latihan membatik. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Wali Nagari Tanjung Bonai Aur, Hendra Basri: Kelompok Masyarakat diberikan latihan membatik.

Kamis, September 15, 2022

 


Sijunjung (SUMBAR).GP- Wali Nagari Tanjung Bonai Aur, Kecamatan Sumpur Kudus Hendra Basri  melaksanakan pelatihan Ceta Bacorak buat 30 orang kelompok masyarakat, selama satu pekan  dari tanggal 8 September sampai dengan 13 September 2022.


Wali Nagari Tanjung Bonai Aur, Hendra Basri kepada Media ini, Kamis (15/9) mengatakan, untuk  kegiatan Pelatihan Ceta Bacorak - Batik di Nagari Tanjung Bonai Aur sudah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu.


Dari hasil pelatihan tersebut masyarakat yang mengikuti pelatihan tersebut, sudah bisa melakukan kegiatan membatik dirumah masing - masing.


Pada tahun anggaran 2022 ini, Pemerintah Nagari Tanjung Bonai Aur kembali melaksanakan  pelatihan ceta bacorak ini dengan Nara Sumber dari Rumah Batik Salingka Tabek, Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok.


"Tujuan pelatihan ini  meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada ditengah masyarakat Nagari, dalam satu pekan dengan jumlah anggota palatihan 30 orang," tutur Hendra.


Dalam kesempatan pembukaan dan penutupan kegiatan Pelatihan membatik ini Wali Nagari Tanjung Bonai Aur Hendra Basri, A.Md selalu  mengingatkan kepada peserta pelatihan, bahwa pelatihan ini kita adakan untuk meningkat SDM masyarakat dengan tujuan akhir  untuk peningkatan ekonomi masyarakat.


Selanjutnya  Wali Nagari terus menantang peserta untuk mewujudkan adanya Rumah Batik di Nagari Tanjung Bonai Aur dengan peserta pelatihan saat ini, dan juga masyarakat nagari yang ingin bergabung dalam rumah batik yang ada.


Dikatakan Hendra, dalam pelatihan Batik ini, Alhamdulillah, peserta pelatihan  mendapatkan support dari Ketua Lembaga Nagari, Tokoh Masyarakat, dapat dibuktikan dengan  kehadiran Ketua Lembaga serta Tokoh masyarakat, seperti Heru Rahmat Julisa, S.Kom (Ketua BPN), Z. Dt. Gindo Jalelo (Ketua KAN Tanjung Bonai Aur), S. Dt. Sumurajo, Jasman, Eka Putra dan Afriyanto/Hakim Jaya (Tokoh Masyrakat) serta P3MD (PD dan PLD).


"Selain para tokoh masyarakat hadir memberikan support , juga para tokoh ada yang menyatakan  memesan kain batik kepada para peserta pelatihan tersebut," kata Hendra 


Menurut Hendra, potensi produksi diperkirakan dengan jumlah pengrajin batik sebanyak 30 orang, akan menghasilkan kain batik sebanyak 10 buah kain batik selama 1 bulan, karena saat ini batik yang dibuat adalah batik tulis atau 120 lembar dalam satu tahun.


Kalau untuk pemasarannya, menurut Hendra, Pemerintah Nagari bersama BUMNag TANBOA Mandiri akan melakukan kerjasama dengan instansi Pendidikan  yang ada di lingkungan Pemerintah Nagari dan juga dengan Rumah Batik Salinkga Tabek, Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok.


Dikatakannya, pada saat ini para peserta pembatik di Nagari Tanjung Bonai Aur masih dalam tahap pemula membatik,  tapi dengan melihat produk batik yang dihasilkan berdasarkan penilaian narasumber, hasilnya sudah sangat  baik.


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS