Sekretaris Sanggar Seni Mudo Saiyo Joni Hendra Malin Sutan: Kaba "Gombang Alam" yang disuguhkan grup randai Mudo Saiyo, Kunpar Sangat Memukau Penonton - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Halaman

Sekretaris Sanggar Seni Mudo Saiyo Joni Hendra Malin Sutan: Kaba "Gombang Alam" yang disuguhkan grup randai Mudo Saiyo, Kunpar Sangat Memukau Penonton

Jumat, September 23, 2022



Sijunjung (SUMBAR).GP- Tampil  pada waktu  peresmian Kampung Pancasila di Nagari Kunangan Parit Rantang, Kecamatan Kamang Baru, grup randai "Mudo Saiyo" yang dibawakan pemain seusia SD sangat memukau penonton, Kamis (22/9).


Membawakan cerita "Kaba Gombang Alam" yang mengisahkan  tentang siswa SD yang bernama "Gombang Alam"  yang bolos sekolah akibat pengaruh temannya bernama "Malintang'  yang mengajak main game online. 


Saat pulang sekolah Bujang Budiman menasehati mereka, namun mereka malah mengeroyok Bujang Budiman. Esoknya Gombang Alam dan Malintang di panggil oleh guru dan mereka berjanji tidak akan mengulanginya lagi.


Joni Hendra Malin Sutan, Guru SD yang berjabatan Sekretaris dalam grup randai ini mengatakan,  kaba gombang alam ini dimainkan oleh Grup Randai Mudo Saiyo yang junior (usia SD). Para pelaku Gombang alam oleh fajar maulana Malintang oleh M. Ridwan Bujang Budiman oleh Yaral Fajar dan Bu guru Aisyah oleh Winda


Yang menyampaikan Pasambahan adalah  Faiz Altaf, sedangkan yang badendang adalah  Sarah, Vira, Jihan dan  Zizi sementara saluang dimainkan oleh  Bahtiar Pupuik dan bansi oleh Joni Hendra.


"Adapun yang menjadi grup pelatih grup ini adalah  Joni Hendra, Aris Saputra, Jhony Syukra dan Maiminar," jelas Joni Hendra Malin Sutan.


Dikatakannya, grup randai Mudo Saiyo berdiri sejak tahun 2015 dengan lokasi sasaran latihan di Dusun E, Jorong Sungai Tambang IV, dengan anggota awalnya 23 orang.


Sejak tahun 2020 grup randai mudo saiyo sudah berubah status menjadi " Sanggar Seni Mudo Saiyo" dan sudah keluarnya akta notarisnya pada  tahun 2020 itu juga. Saat ini anggota Sanggar Seni Mudo Saiyo punya anggota 45 orang dengan garapan bidang seni randai, musik tradisi minang, dan tari minang.



Menurut Joni Hendra Malin Sutan beberapa  prestasi yang sudah diraih oleh Sanggar Seni Mudo Saiyo antara lain adalah,  sebagai penampilan terbaik festival randai tingkat Kabupaten Sijunjung  tahun 2015,  Karya Film  Randai "Sabai nan Aluih"  Tahun 2016 dengan hasil penjualan DVD 500 copy dan dapat di akses di channel youtube "Joni Hendra"



Berikutnya Grup Randai Mudo Saiyo Junior (usia SD) mewakili Kabupaten  Sijunjung dalam festival Randai tingkat  Provinsi Sumatera Barat di Sawahlunto tahun 2019.


Mayoritas anggota Grup Randai Mudo Saiyo mewakili  SDN 16 Kunangan Parit Rantang pada Pementasan  Randai pada Program Gerakan Seniman masuk sekolah tingkat Kabupaten  Sijunjung tahun 2021.


Yang lebih menarik lagi, kata Joni Hendra, anggota grup randai Mudo Saiyo  tidak hanya dari suku Minang,  tapi juga berasal dari  yang bersuku Jawa dan Sunda, semua mereka menyatu dalam Sanggar Seni Mudo Saiyo.


Menurut, Joni Hendra Malin Sutan,  Kampung Pancasila ini merupakan tindak lanjut dari perintah pimpinan TNI AD guna membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat yang akhir-akhir ini semakin tergerus oleh kemajuan jaman.


Untuk Wilayah Koramil Tanjung Gadang, di wakili oleh Nagari Kunangan Parik Rantang, Kecamatan Kamang Baru Kampung Pancasila itu,  tepatnya di Jorong Sungai Tambang  III.



Peresmian Kampung Pancasila itu di hadiri Wakil  Bupati Sijunjung Iradatillah, Dandim 0310/SS  Letkol Inf Endik Hendra Sandi, S.Sos.M.I.Pol, Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH.SIK.MH dan unsur Forkopimda lainnya.


"Pada saat  pencanangan dan peresmian Kampung Pancasila tersebut,  sesuai petunjuk dan saran Pak Dandim,  ditampilkan berbagai  kesenian multi etnis seperti kesenian Minang, Jawa, Batak, Nias, Sunda sebagai wujud harmonisasi masyarakat di wilayah ini," ungkap Sekretaris Sanggar Seni Mudo Saiyo Joni Hendra Malin Sutan.


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wisata Wahana Pemandian COMAY

Telah hadir Objek Wisata Keluarga Wahana Pemandian COMAY Berlokasi di Pintu Masuk Gerbanag Kota Padang Panjang (Sebelah Kiri Dari Arah Padang Menuju Bukittinggi - Sumatera Barat) , Tempatnya di Jembatan Kembar. Mulai Beroperasi Senin 2 Mei 2022. Selain Tempat Pemandian Keluarga, Wisata COMAY juga menyediakan fasilitas Penginapan, Copy Shop. Restoran Dengan Berbagai Aneka Kuliner. Wisata Keluarga COMAY Menyediakan Lahan Parkir Yang Luas, Aman, Nyaman Dan Profesional. Cukup Hanya Dengan Membayar Jasa Parkir Saja Keluarga Anda Bisa Menikmati Wahana Pemandian Sepuasnya. Mari...!!!!! Manjakan Keluarga Anda di Objek Wisata Keluarga Wahana Pemandian COMAY. Untuk Pemesanan Tempat Penginapan Silahkan Hubungi Contak Telpon Genggam 0823 8928 7745. Tertanda Rahmat Harahap (Owner)

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS