Apoteker Rika Gusriani, S.Fram, Apt: Masyarakat Harus Mengerti dengan alur DAGUSIBU. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Halaman

Apoteker Rika Gusriani, S.Fram, Apt: Masyarakat Harus Mengerti dengan alur DAGUSIBU.

Kamis, September 22, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP- Direktur RSUD Sijunjung dr.Riyantis Capanay melalui Kasubag Umum & Humasnya,  Ns.Ifandi Hari Pratama, S.Kep mengatakan,  pada hari Rabu, setiap pekannya pengunjung Poliklinik RSUD Sijunjung diberikan edukasi berupa penyuluhan tentang  berbagai hal.


Kegiatan tersebut disponsori oleh rekan rekan Unit  Promosi Kesehatan Rumah Sakit dengan menjadwalkan kepada Pimpinan unit, atau dokter spesialis lainnya  sebagai Nara Sumber dalam kegiatan edukasi dan sosialisasi itu.


"Memang benar pada ada hari, Rabu( 21 September 2022) kemarin yang jadi Nara sumbernya adalah Apoter, Rika Gusriani, S.Fram,Apt  dengan materinya bertemakan  DAGUSIBU," ungkap Ifandi saat dikonfirmasi, Kamis (22/9).


"Kegiatan yang  difasilitasi oleh Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit selaku pengelola edukasi kesehatan terhadap pasien dan keluarga pasien di RSUD Sijunjung bertujuan  memberikan pengetahuan,  pemahaman dan ketrampilan memenej sesuatu yang berkaitan dengan hal hal  yang dikeluh pasien itu sendiri," lanjut Ifandi.


Apoteker Rika Gusriani, S.Fram, Apt dalam sosialisasinya menyampaikan materi  bertemakan DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang) terkait dengan pengelolaan obat obatan yang benar.



"Kesimpulan Dagusibu itu,  Dapatkan obat dengan benar, Gunakan obat dengan benar, Simpan obat dengan benar, dan Buang obat dengan benar juga," papar Rika. 



Dalam hal "Dapatkan obat yang benar" Rika menyebutkan,  belilah obat di tempat yang terjamin yaitu Apotek, Rumah Sakit, Toko Obat Berizin, dan Klinik yang sudah memiliki izin, supaya terhindar dari mendapatkan obat palsu dan sebagainya.


Menyangkut dengan " Gunakan obat dengan benar" kata Rika, menggunakan obat harus  sesuai  dengan aturan yang tertera pada wadah atau etiket obat. Contoh Antibiotik harus di konsumsi sampai habis.



"Simpan obat dengan yang benar" adalah supaya obat yang kita pakai tidak rusak maka perlu menyimpan obat dengan benar, sesuai dengan petunjuk penyimpanan yang ada di dalam kemasan. Kebanyakan obat tidak boleh terpapar oleh sinar matahari secara langsung untuk itu obat perlu di simpan di tempat yang tertutup dan kering dan jauhkan dari jangkauan anak- anak," jelas Apoteker muda ini.


Kemudian kata Apoteker Rika, "Buang dengan yang benar"  apabila obat sudah kadaluarsa atau rusak maka obat tidak boleh di minum, untuk itu obat tersebut perlu di buang.


"Obat jangan di buang secara sembarangan, agar tidak disalahgunakan. Obat dapat di buang dengan cara  terlebih dahulu dibuka kemasannya, dirusak obat nya kemudian di kubur dalam tanah, sehingga tidak ada pihak lain yang akan menggunakannya," papar Rika yang mendapat sambutan hangat dari pengunjung RSUD Sijunjung kala itu.



#GP | Herman 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wisata Wahana Pemandian COMAY

Telah hadir Objek Wisata Keluarga Wahana Pemandian COMAY Berlokasi di Pintu Masuk Gerbanag Kota Padang Panjang (Sebelah Kiri Dari Arah Padang Menuju Bukittinggi - Sumatera Barat) , Tempatnya di Jembatan Kembar. Mulai Beroperasi Senin 2 Mei 2022. Selain Tempat Pemandian Keluarga, Wisata COMAY juga menyediakan fasilitas Penginapan, Copy Shop. Restoran Dengan Berbagai Aneka Kuliner. Wisata Keluarga COMAY Menyediakan Lahan Parkir Yang Luas, Aman, Nyaman Dan Profesional. Cukup Hanya Dengan Membayar Jasa Parkir Saja Keluarga Anda Bisa Menikmati Wahana Pemandian Sepuasnya. Mari...!!!!! Manjakan Keluarga Anda di Objek Wisata Keluarga Wahana Pemandian COMAY. Untuk Pemesanan Tempat Penginapan Silahkan Hubungi Contak Telpon Genggam 0823 8928 7745. Tertanda Rahmat Harahap (Owner)

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS