Program "Pemikat" di SMKN 8 Sijunjung ciptakan generasi trampil dan Profesional. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Program "Pemikat" di SMKN 8 Sijunjung ciptakan generasi trampil dan Profesional.

Minggu, September 11, 2022



Sijunjung (SUMBAR).GP- Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ada dua arti "Pemikat" atau  Pemikat memiliki 2 arti berasal dari kata pikat.  Pemikat adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.


Pemikat memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga pemikat dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Pemikat nomina (kata benda) adalah (orang) yang memikat dan (burung) yang dipakai untuk memikat


Kesimpulannya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata pemikat adalah (orang) yang memikat. Arti lainnya dari pemikat adalah (burung) yang dipakai untuk memikat.



Lain halnya di SMKN 8 Sijunjung, kata Putri Andam Dewi, M.Pd  Kepala SMKN 8 Sijunjung, bahwa program Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 8 Sijunjung yang berkampus di Nagari  Manganti, Kecamatan Sumpur berbatasan dengan Jorong Pinang Nagari Durian Gadang Kecamatan Sijunjung.


Berhubung karena Lokasi SMKN 8 Sijunjung yang merupakan sekolah kejuruan kepariwisataan di Kabupaten Sijunjung ini, berdekatan  dengan Destinasi Geopark Silokek yang jadi kebanggaan warga Kabupaten Sijunjung negeriku tercinta.


Kita berharap kedepannya,  kata Andam Dewi Sekolah kejuruan kepariwisataan ini dapat maju seiring dengan kemajuan Destinasi Geopark Silokek atau setidaknya keduanya saling terkait dan tarik menarik atau saling pikat memikat dalam memajukan Kabupaten Sijunjung ini.


Karena memang keduanya sama sama berada dalam daerah Kabupaten Sijunjung, tentu kita berharap  peran SMKN 8 Sijunjung yang melahirkan kader kader pelaku dan promosi kepariwisataan, tentu berperan untuk mempromosikan kepariwisataan Sijunjung  khususnya destinasi Geopark Silokek,  sebaliknya Geopark Silokek dapat menjadi arena atau lahan dapat berpraktik atau  berkiprahnya para siswa siswi kapariwisataan  yang akhirnya juga mengangkat nama Kabupaten Sijunjung.


Menurut Andam Dewi, dalam program kerja kesiswaan atau OSIS SMKN 8 Sijunjung dengan pengasuhan dari  Pembina OSISnya, kini telah  membuat kegiatan konkret  dalam Penyaluran Minat dan Bakat disingkat dengan  (Pemikat) alah siswa SMKN 8 Sijunjung.


Dari keterangan Kepala SMKN 8 Sijunjung Putri Andam Dewi, M.Pd itu,  Pemikat adalah untuk mengakomodir dan memetakan potensi minat dan bakat setiap siswa di bidang apa pun dan tentu saja tujuan utama kegiatan ini melatih mental keberanian dan kepercayaan diri mereka ketika tampil di depan umum.


Kita ingin melihat berapa jumlah siswa yang berbakat di bidang jurnalis yaitu siswa yang hobi membaca dan menulis, untuk  kegiatan  ini kita sudah bekerja sama dengan Bapak Chandra Sapta untuk mencatat dengan lengkap daftar kunjungan siswa ke perpustakaan SMKN 8 Sijunjung setiap hari.


"Selain itu, kita ingin tahu juga  jumlah siswa yang berbakat di bidang seni musik, lagu, sastra puisi, cerpen, novel, drama, musikalisasi puisi, pembawa acara (MC), berpidato/ceramah, dan bercerita," tutur Andam Dewi. 


Dikataka  Andam Dewi, dibidang olahraga,  juga  SMKN 8 Sijunjung sudah membuat lapangan bermain siswa untuk futsal, bola voli,  tenis meja dan kegiatan ke pramukaan.


Setelah semua teriventarisir, mereka akan  disalurkan  minat dan bakat siswa dalam berbagai latihan sesuai bidangnya, termasuk  bidang kewirausahaan seni kreatif dengan memberikan pembekalan ilmu bagaimana memanfaatkan lahan yang kosong sehingga produktif, membuat produk kreatif dari barang bekas, pengembangan  tenun sejalan dengan kegiatan pembangunan Kabupaten Sijunjung.



Dalam hal Ilmu Pengetahuan dan teknologi (IPTEK) kita  kata Andam Dewi juga berusaha agar siswa SMKN 8 Sijunjung cakap  dalam penggunaan teknologi informasi di era digital,  sehingga mereka  mampu dan mahir kelak membuat paket wisata yang ada di Sealiran Batang Sumpur Kudus khususnya, Kabupaten Sijunjung dan Sumatera Barat umumnya.



#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS