dr.Sulistiarossa, MKM : Kiat Hidup Sehat dimasa Lansia. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

dr.Sulistiarossa, MKM : Kiat Hidup Sehat dimasa Lansia.

Rabu, September 07, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP- Forum Komunikasi Pensiun Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung, dalam kegiatan bulan September ini,  menghadirkan Nara Sumber tentang kesehatan yakni  dr Sulistiarossa, MKM  di SKB Muaro, Rabu (7/9).


Bunda Rossa  panggilan akrabnya dokter dari Puskesmas Muaro Bodi yang kini telah mutasi ke Puskesmas Lubuk Tarok menyampaikan materi berjudul" Kiat Hidup Sehat dimasa lanjut usia (Lansia).


Disampaikan  Bunda Rossa, ada 8 item kebiasaan  yang harus diaplikasikan dalam hidup seharian bagi para anggota pensiun yang nota bene telah berusia lebih dari 58 tahun atau disebut lansia.


Kedelapan kiatnya itu, pertama adalah  tidur yang cukup.  kedua jalan  kaki minimal 15 setiap hari, ketiga minum air putih minimal 3 sampai 6 gelas  sehari, keempat setiap hari usahakan makan buah, kelima konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral, keenam  Cek Up - Rutin atau pemeriksaan kesehatan yang rutin, ketujuh tingkatkan kemampuan otak dan kedelapan perbanyak senyum dan tertawa.


Kedelapan kiat itu dijelaskan secara panjang lebar oleh Bunda dan mendapatkan perhatian serius dari anggota gaek gaek FKPDP itu bahkan muncul berbagai pertanyaan yang satu persatu pertanyaan dijawab dengan jelas oleh Bunda.


Selain menyampaikan materi tersebut, Bunda Rossa juga menyarankan agar merubah kebiasaan makan buah sesudah makan menjadi sebelum makan, pergunakan waktu lapang pensiun untuk yang bermanfaat, seperti peningkatan hafalan Alquran. 


"Selain itu buat juga rencana harian pribadi secara tertulis dan patuhi jadwal itu secara disiplin. Kalau tidak begitu,  waktu yang lapang dan luang itu akan habis  begitu saja, apalagi kita barengi dengan memakai  Handphone android," ujar Bunda Rossa.


Ramler, SH, MM masuk anggota FKDPD


Bertepatan dengan pertemuan September 2022 Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung Ramler, SH.MM resmi hadir dan langsung mendaftar sebagai anggota FKDPD Kabupaten Sijunjung.


"Saya menilai organisasi komunitas para pensiun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini cukup bagus, selain membina dan  mempertahan silaturahmi semasa berdinas dulu, juga untuk menambah ilmu dan ketrampilan sesuai dengan kondisi usia pensiun ini," ujar Ramler.


Apa yang disampaikan dr.Bunda Rossa saat ini sangat bermanfaat sekali bagi kita dan kawan kawan yang sudah pensiun ini, tambah Ramler.


"Nanti secara bertahap kita akan mengajak senior senior dan kawan kawan kita yang dari Dinas Pendidikan, baik guru TK, SD, SMP dan SMA serta dari kantor akan kita ajak masuk komunitas ini," katanya.


Menurut kesepakatan anggota FKPDP Kabupaten Sijunjung ini, untuk bulan Oktober 2022 kegiatan diisi dengan tahsin Al Quran terutama bacaan Surah Al Fatihah dan bahkan ada yang mengusulkan agar terlaksana kegiatan Wisata Religi, kata Nurmaini.



#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS