12 Mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar akan mengakhiri KKN nya di Kumanis 12 September 2022. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

12 Mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar akan mengakhiri KKN nya di Kumanis 12 September 2022.

Jumat, September 09, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP- Ketua Kelompok mahasiswa KKN UIN Mahmud Yunus Batusangkar di Nagari Kumanis, Kecamatan Sumpur Kudus Aseptio Ferly Putra mengatakan, pengabdiannya sebagai  mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) akan berakhir 12 September 2022.


"Banyak pengalaman yang berharga kami dapati selama berinteraksi dengan berbagai lapisan masyarakat selama 40 hari dalam ber-KKN di Nagari Kumanis, Kecamatan Sumpur ini," ungkap Aseptio mengungkapkan ke media ini, Jumat(9/9).


"UIN Mahmud Yunus Batusangkar adalah kampus pertama bagi kami dalam menuntut ilmu pengetahuan dan Nagari Kumanis ini bagaikan kampus kedua bagi kami. Karena di Kumanis ini banyak kami peroleh  pengetahuan dan  pengalaman tersendiri yang tak mungkin didapati di kampus pertama sana," ungkapnya.


Dalam masa kami ber KKN di Nagari Kumanis telah melakukan sosialisasi ke SDN 6, SDN 18 , SDN 20 Kumanis serta ke SMPN 9 Sijunjung di Kumanis  dengan pokok materi seperti kesehatan reproduksi remaja, bahaya pergaulan bebas, bahaya narkoba, pencegahan stunting serta pentingnya ilmu agama.



Selain itu kami juga berkunjung ke berbagai masjid dan mushalla di beberapa Jorong  berkolaborasi dengan anggota  kelompok yasiinan dan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) se Nagari Kumanis.


Dalam kegiatan ini kami melakukan pembimbingan  bacaan yasiin dan melakukan  tausiyah. Bahkan kami juga  mengadakan yasiinan gabungan dengan materi penguatan akidah dan memotivasi sholat berjamaah guna  meramaikan mesjid-mesjid.


Selain itu, kami juga menjadwalkan kunjungan ke beberapa  TPQ dengan tujuan memperbaiki bacaan Alquran, memberikan  motivasi agar para santri bersemangat menghafal Alquran.


Aseptio menuturkan 12 orang mahasiswa KKN UIN Mahmud Yunus Batusangkar, yang ber KKN di Nagari Kumanis itu adalah saya sendiri Aseptio Ferly selaku Ketua  Putra, berikutnya anggota   Caisar Padeva, Anggif Hidayatullah,  Rinanda Arif,  Zulhadi Alfiqi,  M.Zukri,  Andika Putra, Putri Nirmala Sari,  Aufa Muthia Rahmi,  Osamah Ainunnaya, Ismael Nuzra, dan  M Dicky.H., 


"Dua hari terakhir kegiatan kami berkolaborasi bersama pemuda pemudi dan masyarakat Sabtu (10/9) agenda gotong royong membenahi taman taman yang ada. Sedangkan hari Ahad (11/9) akan diadakan MTQ antar TPQ dalam Nagari Kumanis," jelas Aseptio.


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS