Unbrah Gelar "Coaching Clinic" kepada Peserta USR V Padang Panjang - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Unbrah Gelar "Coaching Clinic" kepada Peserta USR V Padang Panjang

Sabtu, Juli 23, 2022


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Universitas Baiturrahmah (Unbrah) menggelar pengarahan dan sosialisasi atau "Coaching Clinic" kepada peserta University Social Responsibility (USR) V yang merupakan mahasiswa angkatan 2019, Sabtu (23/07/2022), secara daring (dalam jaringan).


Hadir melalui aplikasi Zoom Meeting, Rektor Unbrah, Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S menyampaikan, Pentingnya kegiatan USR bagi peserta. Khususnya dalam mengaplikasikan ilmunya serta memperkuat peranan sosial kemasyarakatannya.


Musliar menyebutkan, dalam USR di Padang Panjang pada 28-31 Juli mendatang, mahasiswa akan disebar di delapan kelurahan dan tinggal di rumah penduduk.


"Ini bertujuan untuk melatih skill mahasiswa dalam berkehidupan sosial masyarakat. Sekaligus juga meningkatkan jejaring antarmahasiswa serta dengan penduduk sekitar," sebutnya.


Kemudian, mahasiswa akan dilibatkan dalam beragam kegiatan sosial dan pengabdian kepada masyarakat. Seperti gotong royong serta membantu dalam pelayanan kesehatan.


Dalam kegiatan sosial ini, mahasiswa diarahkan untuk mengaplikasikan keilmuannya yang didapat saat kuliah di kampus.


"Itulah sebabnya yang dikirimkan adalah mahasiswa yang telah dua tahun menimba ilmu di Unbrah, agar ilmunya bisa teraplikasi dalam USR," ujar Musliar.


Mantan Wamendiknas ini mengimbau kepada mahasiswa untuk menikmati kegiatan dengan disiplin dan bertanggung jawab, sebab nantinya akan diberikan pembagian tugas dalam USR.


"USR Padang Panjang ini menjadi pertama kali dengan skala kota. Pelaksanaannya harus dilakukan dengan santai namun disiplin," ujarnya.


Sementara itu, Ketua Panitia USR V, dr. Bun Yurizali, Sp.PD, menekankan kepada peserta untuk selalu mengikuti setiap arahan yang diberikan panitia.


Dalam berkegiatan, kata Dokter Bun, harus mengacu pada pedoman yang telah disiapkan panitia dalam bentuk aplikasi.


"Kami telah membuat aplikasi khusus untuk menjadi pedoman kegiatan USR semua panitia," ujarnya.


Aplikasi yang dikembangkan LPTIK Unbrah ini akan berisi informasi semua kegiatan USR. Mulai dari menunjukkan rumah tempat tinggal, bus yang akan dinaiki pergi dan pulang, hingga bentuk kegiatan yang akan diemban masing-masing peserta.


"Nantinya sudah ada link lokal yang bisa ditanyakan pada LPTIK dan kemudian masuk dan menggunakannya," tambahnya.


Dia menambahkan aplikasi bernama "USR V" ini, dapat diakses lewat ponsel maupun laptop. Untuk masuk ke aplikasi, peserta akan diberikan user name berupa nama kepesertaan dan password.


Dalam aplikasi juga akan ada tempat untuk peserta melaporkan kegiatan yang telah diikuti. Usai USR V, mahasiswa akan diminta laporan selama kegiatan yang nantinya akan dimasukkan ke dalam salah satu syarat nilai kelulusan.


Sebelumnya, Sekdako Padang Panjang  Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si saat menerima kunjungan panitia USR V Unbrah pada 20 Juli lalu mengatakan, pihaknya siap membantu dan berkolaborasi dalam pelaksanaan USR V Unbrah di Padang Panjang.


"Kami harapkan dukungan SKPD Padang Panjang dan Forkopimda untuk mendukung pelaksanaan USR V tersebut," ujarnya.


Pemko, kata Sonny, telah mengomunikasikan dengan pihak keamanan mulai dari Polres, Koramil dan Pol PP terkait keamanan selama kegiatan.


"Kami berharap kegiatan ini berjalan sesuai rencana dan Padang Panjang serta Unbrah memperoleh manfaatnya," tuturnya. 


#GP | DF | Rilis | Max

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS