Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung H.Epi Radisman Dt Paduko Alam, SH : Fungsi Tungku Tigo Sajarangan di Sumbar Perlu Didudukkan sesuai Fungsinya. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung H.Epi Radisman Dt Paduko Alam, SH : Fungsi Tungku Tigo Sajarangan di Sumbar Perlu Didudukkan sesuai Fungsinya.

Selasa, Juli 19, 2022




Sijunjung (SUMBAR).GP- Ketua LKAAM Kab Sijunjung H Epi Radisman Dt Paduko Alam SH dan Ketua Bundo Kanduang Kabupaten Sijunjung H Yasnidar Wahab, BA mengikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pemangku Adat "Tungku Tigo Sajarangan dan Bundo Kanduang sebagai Penopang Adat dan Budaya", di Pengeran Bich Hotel - Padang, Selasa (19/7).


"Ya, kami sedang mengikuti Bimbingan Teknis peningkatan kapasitas pemangku adat se Sumbar," ujar Epi Radisman Dt.Paduko Alam, SH via WhatsAppnya peda media, Selasa (19/7).

Kegiatan Bimtek yang digagas Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat itu, diikuti oleh Bundo Kanduang, Ninik Mamak, Ulama dan Cadiak Pandai Kabupaten/Kota Se- Sumatera Barat dengan Nara sumber  Gubernur Sumatera Barat, Ketua Umum Bundo Kanduang Sumbar Prof Dr Ir H Siti Raudah Thaib, MPd, dan Budayawan Angku Yus Pilihan Dt Parpatiah Nan Sabatang dan Buya Dr H Gusrizal Gazahar Dt  Palimo Basa, LC, M.Ag Ketua Umum MUI Sumatera Barat.


Acara yang bergengsi itu, di awali penyanjian oleh Prof. Dr Ir Siti Raudhah Thaib, MPd  dengan menitik beratkan pembahasannya "Adat Puako Nan Salapan, Adat Nan Ampek, Limbago  Nan Ampek dan Sako dan Pusako"


Menarik memang materi yang disajikan Angku Yus Dt Perpatiah Nan Sabatang dengan tema Minangkabau Menantang Badai yang menyemangati para peserta berebut menujuk kan jari untuk mengedepan saran dan pendapatnya masing-masing.


Begitupun Ketua Umum MUI Sumatera Barat dengan tegas menyatakan bahwa kondisi hari ini "Adat dan Syara' di Minangkabau adalah merupakan Langkah Awal Yang Tersandung". ,?

Tentunya dalam menyikapi perkembangan punyusunan Undang-Undang Provinsi Sumatera Barat.


Sementara dalam sesi tanya jawab kedepannya diharapkan untuk Provinsi Sumatera Barat fungsi Tungku Tigo Sajarangan perlu didudukan kembali sesuai dengan porsinya yang jelas dan tegas sebagaimana yang pernah digagas oleh gubernur - gubernur Sumatera Barat  sebelumnya seperti Bapak Harun Zein, Azwar Anas, Hasan Basri Durin dan Gamawan Fauzi, demikian usul sang Datuk Paduko Alam yang juga mewakili unsur Ninik Mamak dari Kabupaten Sijunjung.


#GP | Era | Herman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS