Pemkab Sarolangun Studi Tiru Penyelenggaraan MTQ di Padang Panjang - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Pemkab Sarolangun Studi Tiru Penyelenggaraan MTQ di Padang Panjang

Kamis, Juni 30, 2022


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun, Provinsi Jambi melaksanakan studi tiru penyelenggaraan MTQ Nasional Tingkat Provinsi ke Pemko Padang Panjang, Kamis (30/06/2022).


Studi tiru dilakukan, lantaran Pemkab Sarolangun menilai Kota Padang Panjang sukses menggelar MTQ Nasional Tingkat Provinsi ke-39 tahun 2021 lalu. 


Rombongan yang dipimpin Sekretariat Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sarolangun, Ir. Endang Abdul Naser ini disambut Wakil Wali Kota, Drs. Asrul dan pejabat terkait.


Endang mengatakan, Sarolangun bakal melaksanakan MTQ Tingkat Provinsi Jambi Oktober 2023 mendatang. Oleh karena itu pihaknya perlu melakukan studi tiru. Apalagi Kota Padang Panjang dinilai sukses sebagai penyelenggara.


"Kabupaten Sarolangun terakhir kali menjadi tuan rumah MTQ pada 2006 lalu. Kini kami diminta kembali menjadi tuan rumah di Oktober 2023. Kami ingin belajar dan ingin sukses penyelenggaraan MTQ seperti Kota Padang Panjang," sebutnya.


Wawako Asrul dalam pertemuan tersebut menyampaikan, Pemko Padang Panjang melakukan perencanaan yang matang pada pelaksanaan MTQ ke-39 lalu. Persiapan dimulai satu tahun sebelumnya. 


"Semoga Kabupaten Sarolangun juga bisa sukses, karena sudah mulai melakukan persiapan dari sekarang," ujarnya sembari menjelaskan, dana yang digunakan untuk penyelenggaraan MTQ tingkat provinsi tahun lalu Rp14 miliar dari Pemko ditambah  Rp7,5 miliar dari Provinsi.


Sementara itu, Asisten I Syahdanur, S.H, M.M, mengungkapkan, pada pelaksanaan MTQ di Kota Padang Panjang, tim panitia ditunjuk berdasarkan SK Gubernur melibatkan unsur dari Provinsi dan Kota. Kemudian ada yang ditunjuk lewat SK Wali Kota. "Panitia yang lewat SK Wali Kota ini melibatkan seluruh OPD dan instansi," jelasnya.


Dikatakannya, Pemko juga melibatkan EO yang ditunjuk lewat proses tender. "EO berperan dalam acara pembukaan dan penutupan, termasuk pembuatan panggung dan tarian. EO ditender pemenangnya. Makan dan minum selama MTQ juga dihandle pihak ke tiga lewat proses tender. Pembayarannya nontunai," ujarnya.


Ditambahkan, Kepala Bagian Kesra Setdako, Erwina Agreni, M.Si, kemeriahan pembukaan dan penutupan MTQ sehingga mendapat pujian dan sorotan berbagai pihak, salah satunya, keterlibatan ISI Padang Panjang yang menampilkan musik orkestra dan tari kolosal pada pembukaan dan penutupan. 


#GP | DF | Harris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS