Bupati Sijunjung diwakili Asisten 1 Afrizal, S.Sos. M.Si buka resmi kegiatan Destana Kampung Baru. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Bupati Sijunjung diwakili Asisten 1 Afrizal, S.Sos. M.Si buka resmi kegiatan Destana Kampung Baru.

Selasa, Juni 14, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP- Bupati Sijunjung diwakili Asisten 1 Afrizal, S.Sos.M.Si secara resmi membuka kegiatan Desa Tangguh Bencana (Destana) Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan di Kantor Desa setempat, Selasa (14/6).


Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM kepada media menuturkan, hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Sijunjung wakili  Kasat Sabara Polres Sijunjung AKP Barata Rahmat Sukasih  dan Tim dari Polsek IV Nagari,  Ketua Baznas Bpk.Hidayatulah Lc. MA.,   Kadis Kesehatan diwakili Kapus Padang Sibusuk, Kadis Sosial diwakili Kabid LinJamsos  Irfan Syopian dan rombongan,  Kasat Pol PP & Damkar beserta rombongan,  Kalaksa BPBD dan Rombongan,   PMI dan rombongan.


Selain itu juga hadir Tenaga Pendamping Profesional  (TPP) Kecamatan dan Lokal Desa, Vivi, Ica dan Cecep Setiadi, Walinagari se Kecamatan Kupitan, Para perangkat Desa, Lembaga desa dan tokoh masyarakat Desa Kampung Baru.


Bupati dalam kata sambutan yang disampaikan  Asisten 1 Afrizal  mengatakan,  kegiatan Destana Desa Kampung Baru ini  merupakan kegiatan yang sudah  direncanakan  sesuai RPJM kepala desa dan ditindak lanjuti melalui RKP dan dilaksanakan melalui APB Desa tahun 2022  ini.


"Kegiatan ini didukung penuh oleh Tim Reaksi Cepat  Bencana Daerah, dan juga  didukung oleh  Polres, Kodim, Baznas, PMI, Kwarcab Gerakan Pramuka dan Dinsos, Satpol PP&Damkar, BPBD, DPMN dan Kominfo," jelas Afrizal mantan Camat Tanjung Gadang dan Sijunjung itu.


Ditambahkannya, sayogianyalah  kegiatan ini harus didukung secara bersama dan dengan satu komando, sehingga kegiatannya bisa berjalan lancar, sukses dan membawa dampak keselamatan kepada orang banyak.


"Kegiatan Mitigasi bencana ini harus di pahami oleh masyarakat, sehingga sewaktu ada bencana kita tidak gamang menghadapinya, sesuai standar penanganan bencana masing masing  OPD terkait," jelasnya.


Disampaikannya, pada  acara simulasi nanti  diperkirakan akan dihadiri oleh 200 pasukan dan  relawan serta ditambah oleh masyarakat disini diperkirakan melibatkan  lebih kurang 350  orang.


Sementara  Kades Kampung Baru Jalnibus  berharap kegiatan ini akan melahirkan relawan yang tangguh dalam penanganan bencana  di desa Kampung Baru kedepan, sehingga juga bisa memberi kontribusi besar terhadap kenyamanan masyarakat.


Dalam acara pembukaan Nyanyi Indonesia Raya dan mars Sijunjung dipimpin oleh Fitrah, pembacaan Kalam ilahi  Reni Rahim dan pembacaan doa keselamatan oleh Ismail Pokieh Sinaro. Sedangkan laporan panitia pelaksana (Panpel) Alhana Fitriyeni.


Kegiatan Destana yang merupakan peningkatan kapasitas  tenaga penanggulangan bencana ini  dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal,  14-16 Juni 2022 di desa Kampung Baru.


Peserta relawan tangguh bencana yang dilatih itu  sebanyak 10 orang yaitu Nusabri, Tarmizi,  Reni Marlina,  Armaisyiah,  M.Taher,  Alizar Chan,  Roni Ambrizal,  Erman,  Syahril dan  Zulhadi.


Menurut Jalnibus, yang menjadi  Nara sumber dalam kegiatan selama tiga hari tersebut adalah,  Kasat Sabara AKP Barata Rahmat Sukasih,  Drs Suardi Kabid PK Satpol PP & Damkar,  Irpan Syopian Kabid Lin Jam Sos. Syatria Zali ST MT Kabid  RR, Emi Roza,SP  Kabid KL,  Adha Noorfedi SPd M Kom dari Damkar dan  Camat Kupitan Asrijal, SH.


Adapun  kegiatan Simulasinya  kata Jalnihus,  akan dilaksanakan hari Kamis lusa,  16  Juni 2022, terkait dengan penanganan banjir bandang , bencana kebakaran dan penanganan pasca bencana.


Tanda dimulainya  kegiatan peningkatan kapasitas tenaga penanggulangan bencana alam Destana Kampung Baru ini dengan pengalungan kokarde  peserta oleh Camat Kupitan Asrijal, SH dan lainnya serta  disaksikan Asisten 1 dan undangan lainnya.


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU





Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS