Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir : Butuh kolaborasi perantau dengan Pemerintah Daerah dalam memajukan Kabupaten Sijunjung. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Objek Wisata Tang Aia

Telah hadir wisata keluarga yang diresmikan oleh Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P, Objek Wisata Tang Aia dan HV Tang Aia Cafe Resto Sungailansek di Kabupaten Sijunjung... Mari bawa keluarga berwisata di Tang Aia....... manjakan selera keluarga dengan aneka kuliner yang istimewa serta berbagai minuman segar yang sehat ....."Teh Taluo Ampek Tingkek" Juga tersedia Fasilitas: Seperti Mushalah...Metting room.....Mini market (saat ini sedang dalam pengerjaan).....Kolam renang (saat ini sedang dalam pengerjaan).......Permainan anak - anak (saat ini sedang dalam pengerjaan)...Tertanda....Hendri Saputra (Owner)

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir : Butuh kolaborasi perantau dengan Pemerintah Daerah dalam memajukan Kabupaten Sijunjung.

Kamis, Mei 05, 2022



Sijunjung (SUMBAR).GP- Diawali makan siang  bersama di masjid Al Hidayah Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan kegiatan halal bi halal ke 34 Ikatan Keluarga Besar Kampung Baru (IKBK) berlangsung meriah dan sukses dihadiri Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, Rabu (4/5).


Tampil memberikan  tausiyah dalam acara halal bi halal itu Buya H. Erman Anthony, BA yang juga dihadiri oleh  Wakil Bupati Iradatillah, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Syofyan Hendri, S.Pd.I., beberapa orang  Kepala OPD, unsur Forkopimda, Wakil  Ketua Umum LKAAM Sumbar yang juga Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung, Epi Radisman Dt.Paduko Alam,  Ketua TP PKK Ny.Riri Benny Dwifa, Ketua GOW Ny.Dona Iradatillah.  Camat Kupitan Asrijal, SH., Camat Sijunjung dan  Camat IV Nagari., Unsur Forkopincam Kupitan, Kepala Desa Kampung Baru, Lembaga lembaga  Desa dan pimpinan adat yang ada kaitannya dengan desa Kampung Baru.


"Tema halal bi halal menjalin komunikasi dan tali silaturahmi mempererat keakraban sesama anggota IKBK yang di kampung dan diperantauan," ungkap  Ketua Panitia Pulang Basamo Gusrial, S.Pd.I.


Mengawali pengarahannya Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, mengatur terimakasih atas undangan panitia  Pulang Basamo Perantau Kampung Baru se Nusantara  dan halal bi halal ini, dan Bupati  mengatakan Pemerintah butuh kolaborasi para perantau dalam pembangunan Kabupaten Sijunjung.


Mungkin para perantau telah mendengarkan berbagai informasi dari medsos, tetapi sebagian besar ada hoaknya atau tidak akurat dan terpotong potong informasinya, saat ini saya ingin menyampaikan informasi yang sebenarnya telah kita lakukan Pemda Sijunjung kepada semua perantau Desa Kampung Baru yang pulang basamo saat lebaran ini.


Lebih lanjut Bupati Benny Dwifa Yuswir menyampaikan, semua urusan pelayanan administrasi  kependudukan kini sudah bisa dilakukan dikantor Wali Nagari  atau kantor Kepala Desa buat Kampung Baru, kecuali pembuatan Kartu Penduduk.


"Berarti  hampir semua pekerjaan Dinas Dukcapil sudah dilaksanakan di Nagari atau Desa, ini kita lakukan untuk memberikan pelayanan lebih dekat kepada masyarakat di Kabupaten Sijunjung," jelas Bupati Benny.


Pendidikan juga menjadi perhatian yang cukup besar bagi Pemerintah Kabupaten Sijunjung, tahun  2022 ini, Pemda Sijunjung telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Sumbar, untuk memberikan subsidi biaya pendidikan. Jadi tidak ada lagi alasan anak anak Kabupaten Sijunjung  tidak sekolah tingkat SMA/SMK  karena ketiadaan biaya pendidikan, kata Bupati. 


Bupati Benny juga mengatakan, Pemda Sijunjung telah tanda tangani MOU dengan UNP Padang dan IPB University, bahwa UNP Padang akan membuka Fakultas program agroibisnis di Sijunjung yang akan dimulai penerimaan mahasiswanya Juli tahun 2022 mendatang.


Kabupaten Sijunjung memang kaya dengan potensi pertanian, karena mayoritas warga Sijunjung bergerak dibidang pertanian ini, dan banyak potensi lain yang ada di Sijunjung ini, seperti batu bara, gas dan potensi alam, air terjun dan lain sebagainya yang perlu jadi perhatian kita bersama.


Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM dalam laporannya mengungkapkan awal kronologi adanya halal bi halal IKBK yang saat ini sudah yang  ke 34 dan menyampaikan potensi perantau dalam menggerakkan pembangunan di Desa Kampung Baru.


Selain itu, Jalnibus juga menyebutkan jumlah perantau yang Pulang Basamo tahun ini mencapai 686 jiwa dengan jumlah kendaraan roda empat 145 unit.


Dikatakan Jalnibus, Warga Kampung Baru selain yang bermukim di kampung saat ini, juga ada di daerah Unit Pemukiman Transmigrasi di Sungai Tambang Kecamatan Kamang Baru dan tiga lokasi di Kabupaten Dharmasraya dan merantau ke berbagai daerah di Nusantara, seperti di Sumsel, Bengkulu, Sumut, Riau, Batam, Kalimatan dan Sulawesi.


Kalau selama ini IKBK bergerak dibidang sosial, kedepannya kita ingin kembangkan pada sektor pendidikan dengan target satu sarjana satu rumah digratiskan kuliah, kedua mengangkat ekonomi melalui potensi zakat warga dan perantau, yang selama ini dia sebagai mustahiq akan dirubah menjadi muzaki. Berikutnya  Ponpes Al Barjah Cerebon akan dibangun cabang Sumatera Barat  di Kampung Baru dan SK serta lahannya telah tersedia.


Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Syofyan Hendri, S.Pd.I yang ikut memberikan kata sambutan dalam halal bi halal IKBK tersebut mengapresiasi kegiatan perantau Desa Kampung Baru yang melakukan kegiatan "Pulang Basamo" semoga menjadi contoh bagi nagari lainnya dalam memanfaatkan potensi perantau dalam memajukan kampung dan daerah Kabupaten Sijunjung ini.


Syofyan Hendri, S.Pd.I menggambarkan posisi nagari dengan para perantau ini seperti Piramida segitiga sama kaki. Kaki kiri adalah nagari asal, kaki kanan adalah perantau sedang puncaknya hasil bersinegi antara kedua kaki tadi. Keduanya harus sama bergerak menuju satu titik yang tinggi diatas. Tidak pincang jalannya, kalau salah satunya tidak bisa sama bergerak, maka puncaknya tidak akan utuh dan bagus kelihatannya.


Dikatakan, kami selaku anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, termasuk Buk Yusnidarti akan selalu mendukung dan mensuport  program yang digerakkan masyarakat dan perantau dalam memacu pembangunan di nagarinya.


Ketua Panitia Pulang Basamo, Gusrial, S.Pd.I., menyampaikan terimakasih atas partisipasi semua pihak atas terlaksananya dengan baik semua agenda kegiatan yang disepakati bersama  sehubungan  dengan  pulang basamo para perantau dari  tanggal 1 Mei sampai 5 Mei 2022 mendatang.


Sementara itu,  Perwakilan perantau IKBK  yang disampaikan Budi Sastera, SH.MH berharap bila mana Bupati, Wakil Bupati atau perangkat Daerah Kabupaten Sijunjung melakukan kunjungan kerja ke daerah daerah tujuan dimana kami IKBK ada disana tolong sapa kami, kami berkeinginan memberikan dan menjamu kunjungan dan kehadiran pejabat Kabupaten Sijunjung disana.


Buya H.Erman Antoni, BA dalam tausiyahnya yang kocak dan gayanya yang khas itu menyampaikan tiga amalan  manusia yang bisa memasukkan ke Syurga dibuatkan istana di Syurga oleh Allah SWT.


Diuraikan Buya Erman Anthony dengan mengutip ayat Alquran dan hadist Rasulullah ketiga amalan yang bisa memasukkan manusia ke istana syurga tersebut, pertama memaafkan orang yang pernah menzalimi, kedua berilah orang yang tidak mau memberi, ketiga hubungkan silaturahmi kepada orang yang memutuskan silaturahmi.


Dalam acara tersebut ikut juga memberikan kata sambutan Ketua IKBK se Nusantara Syahrial, S.Ag dan terakhir dari kegiatan tersebut diadakan pengumpulan dana secara badoncek untuk pembangunan gapura pandam pekuburan, rumah singgah di Pandam pakuburan dan pembuatan WC dan persediaan air bersih di Pandam pakuburan, terkumpul dana saat itu lebih dari Rp16 juta.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wisata Wahana Pemandian COMAY

Telah hadir Objek Wisata Keluarga Wahana Pemandian COMAY Berlokasi di Pintu Masuk Gerbanag Kota Padang Panjang (Sebelah Kiri Dari Arah Padang Menuju Bukittinggi - Sumatera Barat) , Tempatnya di Jembatan Kembar. Mulai Beroperasi Senin 2 Mei 2022. Selain Tempat Pemandian Keluarga, Wisata COMAY juga menyediakan fasilitas Penginapan, Copy Shop. Restoran Dengan Berbagai Aneka Kuliner. Wisata Keluarga COMAY Menyediakan Lahan Parkir Yang Luas, Aman, Nyaman Dan Profesional. Cukup Hanya Dengan Membayar Jasa Parkir Saja Keluarga Anda Bisa Menikmati Wahana Pemandian Sepuasnya. Mari...!!!!! Manjakan Keluarga Anda di Objek Wisata Keluarga Wahana Pemandian COMAY. Untuk Pemesanan Tempat Penginapan Silahkan Hubungi Contak Telpon Genggam 0823 8928 7745. Tertanda Rahmat Harahap (Owner)

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS