Sebelum Dikukuhkan, FJKIP Terima Bimtek dari KI Sumbar - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Sebelum Dikukuhkan, FJKIP Terima Bimtek dari KI Sumbar

Kamis, Maret 31, 2022


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Kota Padang Panjang menerima Bimbingan Teknis (Bimtek) dari Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat dan FJKIP Sumbar sebelum dikukuhkan di Auditorium Mifan, Kamis (31/03/2022). 


Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska, S.IP saat sosialisasi, mengatakan, kewajiban dari FJKIP adalah men-support kerja dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama yang mana itu adalah Dinas Komunikasi dan Informatika Padang Panjang. 


"Saya yakin FJKIP ini bisa men-support kerja dari PPID utama, dengan berbagi informasi. Tugas selanjutnya adalah bagaimana FJKIP bisa mendukung PPID Padang Panjang tetap menjadi Kota Informatif tahun selanjutnya," ujarnya. 


Ia juga menyebutkan FJKIP Padang Panjang ini merupakan yang ketiga di Sumbar. Sebelumnya Kota Bukittinggi dan Kabupaten Pesisir Selatan. 


Nofal mengimbau kepada Pemko Padang Panjang untuk memberikan informasi seluas-luasnya sebagai kewajiban dari Pemko demi keterbukaan informasi publik. 


Bagi badan publik yang menyediakan informasi, juga berhak menolak permintaan informasi jika memang informasi tersebut tidak bisa diakses oleh publik. Namun jika informasi tersebut bisa diberikan, jangka waktu untuk mendapatkan informasi tersebut adalah 10 hari. Jika melewati 30 hari tidak dibalas, maka akan dimasukan ke sengketa informasi. 


Ketua FJKIP Sumbar, Gusriyono juga menjelaskan, FJKIP merupakan penguatan dari posisi jurnalis dan kerja-kerja jurnalistik. Dengan berkumpulnya jurnalis dalam satu wadah organisasi dan media, akan lebih memudahkan untuk mendapatkan informasi. 


"Sebagai mitra KI, keberadaan FJKIP terutama di daerah, ibarat perpanjangan tangan dari KI dalam menyampaikan atau memasifkan keterbukaan informasi publik di badan publik maupun masyarakat," tuturnya. 


Selain memasifkan keterbukaan informasi publik, FJKIP juga harus merancang program bagaimana memberitahu dan mengimbau masyarakat bahwa keterbukaan informasi publik adalah hak mereka juga. 


#GP | DF | Shintia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS