Wako Fadly Amran Kukuhkan Kepengurusan Yayasan Anak Nagari Lareh Nan Panjang - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Wako Fadly Amran Kukuhkan Kepengurusan Yayasan Anak Nagari Lareh Nan Panjang

Kamis, Maret 31, 2022


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Yayasan Anak Nagari Lareh Nan Panjang dikukuhkan Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Kamis (31/03/2022), di Balairung Adat KAN Lareh Nan Panjang.


Wako Fadly menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Kenagarian Lareh Nan Panjang yang telah mendirikan yayasan yang bergerak di bidang ekonomi, sosial, pembangunan dan pendidikan itu.


"Atas nama pemerintah daerah kami sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi tinggi atas terbentuknya Yayasan Anak Nagari Lareh Nan Panjang. Hal ini juga termasuk dalam prioritas utama visi misi daerah yaitu peningkatan kualitas SDM," ucapnya. 


Wako Fadly berharap kehadiran Yayasan Anak Nagari Lareh Nan Panjang dapat menciptakan nagari yang mandiri, serta mampu mempertahankan hukum adat Minangkabau dalam kehidupan masyarakat, serta meningkatkan fungsi dan peranan adat nagari.


“Hal ini dapat menjadi contoh bagi nagari-nagari lain yang ada di Kota Padang Panjang. Semoga ini juga bisa membantu pelaksanaan program pemerintah secara umum khususnya di Lareh Nan Panjang dalam bidang keagamaan, pendidikan, kebudayaan serta bidang sosial dan ekonomi dalam rangka meningkat kualitas SDM,” ungkap Fadly.


Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan, Ir. Eka Seprianus Datuak Majo Kayo, menjelaskan, Yayasan Anak Nagari Lareh Nan Panjang adalah organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, keagamaan dan sosial budaya sejak tahun 1998. Guna membantu masyarakat yang kurang mampu di kenagariannya.  


“Tujuannya guna mengelola dan menyumbangkan asset-aset nagari untuk pendidikan sekolah agama baik umum, kejuruan maupun yg bersifat kebudayaan. Mulai dari tingkat TK hingga perguruan tinggi. Meneliti dan melakukan pengkajian hukum adat dan budaya Minangkabau,” jelasnya.


Yayasan Anak Nagari Lareh Nan Panjang, lanjutnya memiliki empat bidang di antaranya pembangunan, ekonomi, sosial dan Pendidikan. Untuk bidang pembangunan menyangkut fisik seperti lanjutan pembangunan kantor KAN. Termasuk rencana yayasan untuk membuka pendidikan poliklinik nagari dan asrama panti jompo. 


“Dalam peningkatan ekonomi masyarakat, dulu nenek moyang kami adalah perajin. Kamilah satu satunya di Lareh Nan Panjang yang punya produk sepatu dan sandal kulit. Ini akan menjadi home industry. Kami targetkan akhir 2024, sudah keluar produk yayasan untuk dipajang di Islamic Center,” lanjutnya.


Eka berharap, kepada semua pihak yang duduk dalam kepengurusan, punya semangat tinggi, ide-ide inovatif. “Bersama kita bisa. Karena di pundak kitalah sekarang kemajuan yayasan ini dipertahankan," sebutnya. 


Kegiatan turut dihadiri tokoh masyarakat Kota Padang Panjang, dr. H. Syuir Syam, M.Kes, MMR, Ketua KAN Lareh Nan Panjang, M.A Datuak Sararajo, ST, kepala OPD, ketua KAN se-Kota Padang Panjang, perwakilan Polres serta undangan terkait lainnya. 


Pengukuhan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Kerapatan Adat Nagari Lareh Nan Panjang Nomor 030/KAN/LNP/x/2021 tentang Struktur Pengurus Yayasan Anak Nagari Lareh Nan Panjang Kota Padang Panjang.


#GP | DF | Rifki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS