Wali Nagari Sarilamak Olly Wijaya. SE resmi Bagala Dt. Kali Nan Putiah. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Wali Nagari Sarilamak Olly Wijaya. SE resmi Bagala Dt. Kali Nan Putiah.

Senin, Februari 21, 2022



Lima Puluh Kota (SUMBAR).GP- Peresmian Gala Dt. Kali Nan Putiah disandang oleh Olly Wijaya. SE tersebut,  ditandai pemasangan "Deta Bakaruik" oleh M. Dt. Pucuak dan penyisipan Keris oleh Erval umar Dt. Mangguang. 


Acara pengukuhan Batagak Gala ini berlangsung Senin ( 21-2-2022 ) di Balai Adat Nagari Sarilamak Kecamatan Harau,  Kabupaten Lima Puluh Kota. 


Usai pemasangan Deta Bakaruik dan Penyisipan Keris,  Wali Nagari tersebut juga harus mengucapkan Sumpah  Jabatan Ninik Mamak yang dipandu oleh Mahendra Dt. Naro Sati,  disaksikan Ninik Mamak se Kenagarian Sarilamak,  Ompek Jinih,  Bundo Kanduang dan ratusan undangan lainnya. 


Suasana semakin hening, pada saat Olly Wijaya mengucapkan Sumpah Ninik Mamak, diantaranya berbunyi: " berjanji akan memegang amanah, bila suatu saat melanggar sumpah, Ia bersedia dikutuak oleh Allah SWT.  Pada saat mendengar sumpah tersebut,  hampir seluruh pengunjung membikin bulu romanya bergidik. 


Arak-Arakan meriah. 


Pengukuhan Gala Dt. Kali Nan Putiah memang terbilang akbar.  Sebelum dinobatkan Olly panggilan akrab pak wali itu mengenakan pakaian Kebesaran Pangulu di Lubuak Batingkok atau di rumah bako. 


Kemudian Olly Wijaya diantar dengan rombongan sampai di depan Pokan Sabtu yang diiringi dengan kesenian Talempong Pacik. 


Dari Pokan Sabtu Olly Wijaya di arak sampai Balai Adat Nagari,  arak-arakan ini membuat arus lalu lintas macet total, membuat petugas Dinas Perhubungan, Satpol-PP kewalahan.


Namun hebatnya lagi banyak diantara penumpang tersebut turun dari kenderaan ingin ikut menyaksikan pesta Baralek Gadang,  pada umumnya yang menyaksikan banyak yang berdetak kagum. 


#GP | Novi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS