Wakil DPRD Sijunjung Syofyan Hendri, S.Pd.I : Lima Tahapan untuk Sijunjung maju. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Wakil DPRD Sijunjung Syofyan Hendri, S.Pd.I : Lima Tahapan untuk Sijunjung maju.

Jumat, Februari 18, 2022



Sijunjung (SUMBAR).GP- Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Syofyan Hendri, S.Pd.I. dalam refleksinya tentang Hari Jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung ke 73 yang kita peringati hari ini, ia menuturkan, "kita harus menyadari, kita harus sadar semuanya bahwa sekarang kita hidup dalam sebuah suasana Fenomena global yang ciri-cirinya kita ketahui, penuh perubahan, penuh kecepatan, penuh risiko, penuh kompleksitas, dan penuh kejutan, yang sering jauh dari kalkulasi kita, sering jauh dari hitungan kita."


Oleh sebab itu katanya, kita harus mencari sebuah model baru, cara baru, nilai-nilai baru dalam mencari solusi dari setiap masalah dengan inovasi-inovasi.


Dan kita semuanya harus mau dan akan kita paksa untuk mau. Kita harus meninggalkan cara-cara lama, pola-pola lama, baik dalam mengelola organisasi, baik dalam mengelola lembaga, maupun dalam mengelola pemerintahan.  Yang sudah tidak efektif, kita buat menjadi efektif! Yang sudah tidak efisien, kita buat menjadi efisien!


Manajemen seperti inilah yang kita perlukan sekarang ini. Kita harus menuju pada sebuah Kabupaten Sijunjung yang lebih produktif, yang memiliki daya saing, yang memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam menghadapi perubahan-perubahan itu. Oleh sebab itu, kita menyiapkan tahapan-tahapan besar. 


PERTAMA, pembangunan infrastruktur akan terus kita lanjutkan! Infrastruktur yang besar-besar sudah kita bangun. Ke depan, kita akan lanjutkan dengan lebih cepat dan menyambungkan infrastruktur besar tersebut, seperti jalan, dengan kawasan-kawasan produksi rakyat.



 Kita sambungkan dengan kawasan industri kecil, sambungkan dengan Kawasan Ekonomi Khusus, sambungkan dengan kawasan pariwisata. Kita juga harus menyambungkan infrastruktur besar dengan kawasan persawahan, kawasan perkebunan, dan tambak-tambak perikanan.  


KEDUA, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Kita akan memberikan prioritas pembangunan pada pembangunan sumber daya manusia. Pembangunan SDM menjadi kunci Kabupaten Sijunjung  ke depan. Titik dimulainya pembangunan SDM adalah dengan menjamin kesehatan ibu hamil, kesehatan bayi, kesehatan balita, kesehatan anak usia sekolah. Ini merupakan umur emas untuk mencetak manusia Indonesia unggul ke depan. Itu harus dijaga betul. Jangan sampai ada stunting, kematian ibu, atau kematian bayi meningkat. Tugas besar kita di situ! 


Kualitas pendidikannya juga akan terus kita tingkatkan. Bisa dipastikan pentingnya vocational training, pentingnya vocational school. Kita juga akan membangun lembaga Manajemen Talenta Kabupaten kita. Pemerintah akan mengidentifikasi, memfasilitasi, serta memberikan dukungan pendidikan dan pengembangan diri bagi talenta-talenta di Negeri ini.


KETIGA, kita harus jemput bola ke pusat agar kabupaten kita semakin mantap bagi pusat.Kita cukup bangga dengan Bupati Benny Dwifa  yang semangat, energik yang selalu berkoordinasi dan kolaborasi dengan Pemerintah provinsi dan Pusat maka hasilnya sudah mulai kita lihat satu-persatu.


Dengan kedatangan Sandiaga Uno Menteri Pariwisata yang datang ke Ranah lansek manih ini merupakan sebuah prestasi yang bagus sesuai kata pepatah dimana ada kemauan disitu ada jalan...Mari kita manfaatkan potensi yang ada,kita gunakan koneksi disetiap kita... Bisa lewat jalur politik, kita di DPRD ada 30 anggota DPRD Kabupaten Sijunjung  kita manfaatkan beliau demi kabupaten kita bersama. Karena masing masing  Anggota DPRD itu, pasti ada perwakilannya di Propinsi dan Pusat, kita contohkan Andre rosiade (Fraksi Gerindra), Syuir Syam (Gerindra), Darul Siska (Golkar) Hermanto (Fraksi PKS), Athari (Fraksi PAN), Asli Chaidir (PAN), Lisda (Nasdem) ,  Dasrizal Basir (Demokrat) . Para Tokoh Nasional kita Buya Syafii Ma'arif (Tokoh Bangsa) dan Potensi Perantau....kalau ini kita manfaatkan, saya yakin dan percaya Visi-Misi Bupati dan Wakil Bupati pasti akan terealisasi dan Kabupaten kita semakin maju dibawah kepemimpinan Bapak Beny Dwifa Yuswir dan Iradatillah Rady  ....Dengan cara inilah lapangan Pembangunan kita kedepan akan semakin hebat, baik itu fisik maupun non fisik.


KEEMPAT, sangat penting bagi kita untuk mereformasi birokrasi kita.  Maka ini perlu SDM yang handal yang punya energi dan fisik dan koneksi yang mantap dan luar biasa75


Tidak ada lagi pola pikir lama! Tidak ada lagi kerja linier, tidak ada lagi kerja rutinitas, tidak ada lagi kerja monoton, tidak ada lagi kerja di zona nyaman. HARUS BERUBAH! Sekali lagi, kita harus berubah. Kita harus membangun nilai-nilai baru dalam bekerja, menuntut kita harus cepat beradaptasi dengan perkembangan zaman. Maka kita harus terus membangun Kabupaten Sijunjung

yang ADAPTIF, Kabupaten Sijunjung yang PRODUKTIF, dan Kabupaten Sijunjung  yang INOVATIF, Kabupaten Sijunjung yang KOMPETITIF.


KELIMA, kita harus menjamin penggunaan anggaran

 yang fokus dan tepat sasaran. Setiap rupiah yang keluar dari semuanya harus kita pastikan memiliki manfaat ekonomi, memberikan manfaat untuk rakyat, meningkatkan kesejahteraan untuk masyarakat. 


Bapak, Ibu dan hadirin yang bahagia, namun perlu saya ingatkan bahwa mimpi mimpi besar hanya bisa terwujud jika kita bersatu! Jika kita optimis! Jika kita percaya diri! Kita harus ingat bahwa Kabupaten  kita adalah Kabupaten  besar! Kabupaten kita terdiri dari 8 Kecamtan, 61 Nagari ditambah 1 Desa. Dengan letak geo-politik yang strategis. Kita  Memiliki kekayaan budaya yang luar biasa. Demografi kita juga sangat kuat! Jumlah penduduk Lebih kurang 239 ribu jiwa, yang mayoritas di usia produktif.


Kita harus optimis menatap masa depan! Kita harus percaya diri dan berani menghadapi tantangan kompetisi global. Kita harus yakin bahwa kita bisa menjadi salah satu kabupaten terkuat di Indonesia.


Persatuan dan kesatuan bangsa adalah pengikat utama dalam meraih kemajuan. Persatuan dan persaudaraan kita harus terus kita perkuat! Hanya dengan bersatu, kita akan menjadi Kabupaten  yang kuat dan disegani di Indonesia! Ideologi Pancasila adalah satu-satunya ideologi bangsa yang setiap Warga Negara harus menjadi bagian darinya! 


Dalam demokrasi, mendukung mati-matian seorang kandidat itu boleh. Mendukung dengan militansi yang tinggi itu juga boleh.  Mari kita hindari  kebencian. Apalagi disertai dengan hinaan, cacian, dan makian. 


Kita memiliki norma-norma agama, etika, tata krama, dan budaya yang luhur.


Kabupaten Sijunjung adalah rumah kita bersama, rumah bersama kita sebagai saudara sebangsa! 


Sekali lagi, ideologi kita adalah Pancasila. Kita ingin bersama dalam Bhinneka Tunggal Ika, dalam keberagaman. Rukun itu indah. Bersaudara itu indah. Bersatu itu indah


Ini bukanlah tentang aku, atau kamu. Juga bukan tentang kami, atau mereka. Bukan soal Barat atau Timur. Juga bukan Selatan atau Utara. Sekarang bukan saatnya memikirkan itu semua. Tapi ini saatnya memikirkan tentang Kabupaten Sijunjung  kita bersama. Jangan pernah ragu untuk maju karena kita mampu jika kita bersatu! 


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS