Penasehat Bundo Kanduang Kecamatan Tanjung Gadang Ny.Zola Emil Evan: Waspadai pergaulan anak anak, jangan terjerumus kedalam pergaulan bebas. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Penasehat Bundo Kanduang Kecamatan Tanjung Gadang Ny.Zola Emil Evan: Waspadai pergaulan anak anak, jangan terjerumus kedalam pergaulan bebas.

Jumat, Januari 21, 2022



Sijunjung(SUMBAR).GP- Ny.Zola Emil Evan selaku  Penasehat Bundo Kanduang Kecamatan Tanjung Gadang mengingatkan,  di era digital saat ini, sebagai Bundo Kandung hendaknya  kita selalu mengingatkan kepada anak cucu dan kemanakan tentang tata keramah yang berlaku di Ranah Minangkabau. 


"Dalam Minangkabau ini terkenal dengan "kato nan ampek" kata yang empat dalam bahasa Indonesia yaitu ada "Kato mandaki,  Kato manurun, Kato mandata dan Kato malereng" ujar Ny.Zola Emil Evan dalam pertemuan bulanan Bundo Kandung di Nagari Langki, Kamis (19/1).


Dikatakannya, kalau kita lihat saat ini  banyak anak anak mudo (generasi muda) yang  mangecek ( berbicara) dengan orang tuo (dewasa) sepertinya sesama besar saja dengan mereka.



Pada dalam Minangkabau itu kita diajarkan dengan empat cara bicara yang dikenal dengan  "kato nan Ampek" yang mengatur tata cara bagaimana sikap berbicara dengan orang yang lebih tua, dengan orang yang lebih kecil, dengan kawan sebaya serta dengan ipar, bisan dan sumando.


Pada kesempatan tersebut, juga diingatkan Ny.Zola Emil  Bundo Paud Kecamatan, agar semua ibu ibu atau orang tua memperhatikan pergaulan para anak remaja baik putera maupun yang puterinya. Kita jangan puas, melihat anaknya berteman sesama jenisnya saja. 


"Maraknya pergaulan bebas sesama jenis atau yang disebut  dengan LGBT dewasa ini, harus menjadi perhatian serius, agar anak  kita terhindar dari perbuatan tercela itu. Selain itu juga kita waspadai bersama, jangan sampai anak anak kita terjerumus dan kecanduan Narkoba," ungkap Penasehat Bundo Kanduang  yang juga anggota Polwan itu.


 

Lebih lanjut, Zola Emil mengapresiasi,  kegiatan Bundo Kanduang Kecamatan Tanjung Gadang yang pertemuannya setiap bulan ini, diharapkan setiap bulannya ada perkembangan, perlu ada  ide ide kreasi baru pengisi acara yang menarik perhatian anggota dari setiap nagari yang menjadi tuan rumah, disamping program utamanya Pengurus Bundo Kanduang Kecamatan.


"Alhamdulillah Bundo Kanduang Kecamatan Tanjung Gadang sudah kompak, semoga kedepan melalui kebersamaan bisa lebih baik lagi, organisasi ini juga merupakan salah satu wadah untuk tempat kita bisa bersilaturrahmi antar nagari," ungkap Zola pada media ini.


Ketua Bundo Kandung Kecamatan Tanjung Gadang, Harmaliyuscan didampingi Nyonya Wali Nagari Langki mengatakan pertemuan setiap bulan ini bertujuan memupuk rasa  silaturahmi dan menambah ilmu dan keterampilan tentang fungsi Bundo Kanduang dalam nagari.


"Kami juga bangga punya Penesehat Kecamatan  Ny.Zola Emil Evan seorang anggota Polwan dengan penuh semangat dan memberikan pencerahan yang sangat berguna bagi kami," ungkap Harmaliyuscan.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS