Musrenbang di Pasar Baru Usulkan Enam Kegiatan - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Musrenbang di Pasar Baru Usulkan Enam Kegiatan

Selasa, Januari 18, 2022

Padang Panjang(SUMBAR).GP- Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB) mengusulkan enam kegiatan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kelurahan, Selasa (18/01/2022). 


Enam kegiatan tersebut di antaranya, bidang fisik, perbaikan jalan, drainase yang mengakibatkan banjir, dan perbaikan PAUD. Bidang ekonomi proposal gerobak, pelatihan hidroponik, pelatihan pemasaran online untuk UMKM, dan pelatihan vlog bagi remaja Pasar Baru. Bidang sosial dan budaya pelatihan silat untuk umur 5-15 tahun, dan pengadaan alat penyelenggaraan jenazah. 


Lurah Pasar Baru, Donal Harmoko, SH menyampaikan, pelaksanaan musrenbang dengan fasilitator kelurahan dibimbing fasilitator kecamatan dan sesuai panduan Bappeda. 


Disebutkannya, di pra musrenbang, usulan Kelurahan Pasar Baru ada 6 kegiatan dan beberapa cadangan. "Kami harap proposal ini menjadi prioritas di tingkat kota. Ini betul-betul kebutuhan masyarakat, bukan dari proposal kelompok," sebutnya. 


Sementara itu Camat PPB, Fiori Agustian, S.IP, mengatakan, meski ada sejumlah perubahan sistem, musrenbang tidak terlepas dari pemberdayaan masyarakat dan pembenahan sarana prasarana.  


Dikatakan Fiori, setiap musrenbang dapat mengusulkan beberapa kegiatan. Jika ada kegiatan yang tahun sebelumnya belum terlaksana, maka pada musrenbang kali ini bisa diusulkan kembali. 


Fiori berharap musrenbang ini tidak seremonial saja, namun bisa menghasilkan solusi yang sesuai dengan permintaan yang diusulkan. 


Sekretaris Bappeda, Argus Saadah, S.Sos, M.Si, menyampaikan, musrenbang ini mengacu kepada RPJMD

2023 tahun dengan tema pemulihan ekonomi dan peningkatan kualitas manusia untuk mewujudkan Padang Panjang yang bermarwah dan bermartabat. 


Ada tujuh program prioritas untuk musrenbang kali ini. Di antaranya peningkatan ekonomi masyarakat berbasis ekonomi daerah. Percepatan penanggulangan kemisikinan. Pendidikan yang berakhlak dan berkarakter. Derajat kesehatan masyarakat. peningkatan kualitas infrastruktur kota yang berkelanjutan. Tatanan kehidupan masyarakat yang agamais dan berbudaya serta peningkatan kinerja Pemko yang anti KKN. 


“Dari semua program prioritas ini, tidak akan terlaksana jika tidak adanya dukungan dari masyarakat,” ujarnya. 


Musrenbang ini turut dihadiri perwakilan OPD terkait, RT, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, LPM, FKPM, fasilitator kelurahan dan kecamatan. 


#GP | DF | Cigus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS