Ketua DPRD Sijunjung Bambang Surya Irwan : Mari kita lestarikan adat dan budaya Minangkabau. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Ketua DPRD Sijunjung Bambang Surya Irwan : Mari kita lestarikan adat dan budaya Minangkabau.

Jumat, September 03, 2021

Sijunjung(SUMBAR).GP- Pemerintah Desa Kampung Baru bekerjasama dengan Ninik mamak setempat selenggarakan "Dialog Adat dengan tema Penguatan Soko dan Pusako dibingkai dengan Silaturahmi" dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Bambang Surya Irwan, di Los Pasar Kampung Baru, Kamis (2/9) malam.

Dialog yang berlangsung dari pukul 20.00 sampai 23.30 wib tersebut,  bertujuan untuk mewujudkan Desa Kampung Baru yang Empati, Maju, Amanah dan Sejahtera (EMAS) sesuai dengan visi yang diusung Kades Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM dalam masa kempanye lalu.


Ketua DPRD Sijunjung Bambang Surya Irwan dalam amanatnya sebelum membuka secara resmi mengapresiasi kegiatan "Dialog Adat" yang dilaksanakan masyarakat Desa Kampung Baru ini.


Lebih lanjut Bambang Surya Irwan mengajak semua pihak termasuk generasi muda " Mari lestari adat, budaya ini, dimana adat dipakai akan jadi baru, sedangkan pakaian dipakai akan jadi usang," jelas Bambang.


Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH., S.I.K., MH., diwakili Kasat Bimas Polres Iptu.H.Syafril, S.Pd mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga dan meningkatkan keamanan berbasis ronda malam, sehingga tercipta rasa aman dan nyaman dalam lingkungannya.


Berikutnya, Kapolres Sijunjung tidak bosan bosannya menyampaikan agar masyarakat selalu membudayakan protokol kesehatan, sehingga terjauh dari serangan covid-19.


Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM, Jumat subuh (3/9)  mengatakan, kegiatan itu, diikuti 87 orang terdiri dari Ninik mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Pemuda dan Bundo Kandung Desa Kampung Baru dan  bertindak selaku Nara Sumber J.Datuk Alang Bangkeh dari Tanjung Bonai Aur, Kecamatan Sumpur Kudus.


Dikatakannya, selain Ketua DPRD Sijunjung Bambang Surya Irwan, juga hadir Wakil Ketua DPRD Ustadz Syofyan Hendri, S.Pdi., Kapolres Sijunjung diwakili Kasat Binmas Polres Sijunjung, Iptu H.Syafril, S.Pd., Kapolsek IV Nagari, Iptu  Yusmedi,SH dan Anggota,  Sekcam Kupitan,  Arizal, Wali Nagari Batu Manjulur, Ir.April Muhammad, M.Si., Ketua KAN Padang Sibusuk, H.Hasmizon, SE.M.Si.,  dan Ketua KAN Batu Manjulur, Ketua Lembaga Ninik Mamak Desa Kampung Baru, Zulkifli Usrah Monti Nan Kodo Bajuang.


Untuk menyumarakkan kegiatan Dialog Adat tersebut, juga ditampilkan 2 group Kasidah Rebana dari Mushala An Nur Dusun Koto Lamo dan Group Kasidah Rebana Mushala Mujahidin Dusun Koto Panjang.


Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM  dalam sambutannya,  menyampaikan saat ini  kerinduan dan keinginan Anak Cucu dan Kemenakan dari Ninik Mamak Desa Kampung Baru untuk kembali melaksanakan adat istiadat cukup tinggi.


"Mereka lah yang  mendorong adanya kegiatan pelestarian adat dan budaya yang muncul melalui suku suku yang ada, meraka juga yang  membantu pelaksanaan wirid adat rutin sekali sebulan dan seluruh biaya yang timbul mereka pula ikut  memberi kontribusinya," ungkap Jalnibus.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS