DPRD Sijunjung gelar sidang Paripurna Pemandangan Umum Fraksi terhadap RPJMD 2021-2026 - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

DPRD Sijunjung gelar sidang Paripurna Pemandangan Umum Fraksi terhadap RPJMD 2021-2026

Senin, Juli 26, 2021


Sijunjung(SUMBAR).GP- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sijunjung gelar sidang paripurna guna penyampaian pemandangan umum fraksi terhadap Rancangan Peranturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sijunjung 2021-2026, di ruang Utama DPRD setempat, Senin (26/7).

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir hadir pada sidang paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD H. Bambang Surya Irwan bersama Wakil Ketua H. Bakri, SH dan Syofian Hendri, S.Pd.I. 


RPJMD merupakan penjabaran dari visi dan misi Kepala Daerah yang terpilih serta menjadi pedoman bagi pemerintah daerah untuk menentukan strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah dalam lima tahun ke depan.


Sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Daerah maka rancangan RPJMD 2021-2026 harus melalui beberapa tahapan, salah satunya pada hari ini adalah penyampaian pemandangan umum fraksi terhadap Rancangan RPJMD tersebut.


Pemandangan umum fraksi terhadap RPJMD Kabupaten Sijunjung 2021-2026 diawali Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang disampaikan juru bicaranya Zulkifli, S.Sos,  seterusnya oleh Fraksi Golongan Karya (Golkar) Elva Endayani, Amd, Fraksi Perjuangan Indonesia Hendranadi, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Emelda Wiguna,S.Pd., Fraksi Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP) Mukhlis, S.HI, Fraksi Partai Demokrat Sabirin, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Aroni Basri, ST. Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Delfirman, dan Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Drs.H. Efrinedi Nangkodo.


Berbagai tanggapan, masukan dan saran yang telah disampaikan fraksi-fraksi DPRD dalam sidang tersebut. Semua Fraksi DPRD menanggapi penjabaran Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sijunjung yang tertuang di dalam Rancangan RPJMD 2021-2026. 


Diantaranya Fraksi PKS memberikan masukan kepada Bupati agar lebih meningkatkan perhatian kepada masjid dan pesantren untuk mewujudkan salah satu misi Bupati dan Wakil Bupati yaitu  Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. 


Senada dengan itu Fraksi PPP, PKB dan PAN juga menyampaikan perlunya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada bidang keagamaan seperti aparatur negara harus memegang teguh Al quran dan Sunnah, adanya program rumah tahfidz dan wajib mengaji bagi siswa SD dan SMP.


Kemudian Fraksi Golkar, Gerindra, Perjuangan Indonesia, Nasdem dan Demokrat juga memberikan banyak tanggapan dan masukan pada setiap sektor baik dari sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, pertanian, infrastruktur, dll. Terutama memberikan masukan untuk strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah untuk lima tahun ke depan.


Semua tanggapan dan masukan Fraksi terhadap RPJMD 2021-2026 ini akan di jawab oleh Bupati Benny Dwifa Yuswir dalam sidang paripurna selanjutnya dengan agenda jawaban atas pemandangan umum fraksi yang akan di gelar esok hari, selasa (27/7).


#GP | JK


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS