Buka puasa bersama hari Arafah di Masjid Raya Kamang Baru ramai dan meriah. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Buka puasa bersama hari Arafah di Masjid Raya Kamang Baru ramai dan meriah.

Senin, Juli 19, 2021

Sijunjung(SUMBAR).GP- Forum Komunikasi Guru TPQ, Pengurus Masjid Raya dan  Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kamang Baru  bekerjasama dengan Yayasan Dar El Iman Padang laksanakan acara "Buka Puasa bersama" hari Arafah di Masjid Raya Kamang Baru, Senin (19/7).

Acara buka puasa hari Arafah 9 Zulhijjah itu dengan agenda  sesudah shalat ashar diisi dengan tausiah Ustadz Ridho Andika dari Surau TV Padang sampai dengan waktu berbuka puasa.


Usai shalat magrib berjemaah dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan oleh Kepala Kantor  Kemenag Sijunjung Drs.H.Afrizal, M.Pd.dan sesudah shalat isya dilanjutkan dengan kegiatan takbiran di Masjid Raya Kamang Baru.


Penyuluh Agama Islam  Fungsional(PAF) Kamang Baru Emriadi, S.Ag mengatakan, peserta buka bersama itu adalah Penyuluh Agama Islam Kecamatan, Para Guru Taman Pendidikan Quran(TPQ) dan Madrasah Diniyah Takwiliyah  Awaliyah (MDTA), Para Mubaligh dan Organisasi keagamaan dalam Kecamatan Kamang Baru dengan total 100 orang jemaah.


"Alhamdulillah semua dana Konsumsi berasal dari Negara Kuwait melalui Surau TV Padang," jelas Emriadi.


Dijelaskan Emriadi, semua rangkaian kegiatannya tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) covid-19 dengan ketat.


Lebih lanjut Emriadi menuturkan, yang menjadi tujuan kegiatan ini adalah pertama menjamu para tamu Allah, SWT  yang melaksanakan ibadah puasa hari Arafah dengan buka bersama. Kedua  agar umat islam terbiasa melaksanakan puasa Arafah. Ketiga salah satu  cara meraih dan menyalurkan bantuan negara Islam ke Indonesia.


Kepala Kantor Kemenag Sijunjung Drs.Afrizal, M.Pd dalam tausiyahnya menyatakan, Allah telah banyak memberikan nikmat, tetapi kita sering lupa untuk bersyukur dan sering mengingkarinya.


Shalat adalah bentuk usaha kita mensyukuri nikmat yang ada dalam diri kita, sedangkan qurban, zakat, infaq, shadaqah dan wakaf adalah bentuk mensyukuri nikmat yang ada diluar diri kita. "Tidak ada yang berat perintah Allah," tegas Afrizal.


Sedangkan Ustadz Ridho Andika dari Surau TV Padang menyampaikan banyak hal menyangkut keistimewaan bulan Zulhijjah, dianjurkan banyak beramal terutama 10 hari pertama bulan Zulhijjah ini.


Dikatakannya, amalan yang dapat kita amalkan itu adalah, memperbanyak puasa, melaksanakan puasa hari Arafah, memperbanyak doa, bertahlil, bertakbir dan bertahmid, melaksanakan ibadah haji dan umrah, berqurban, tidak mencabut atau memotong rambut dan kuku bagi orang yang hendak berqurban, melaksanakan shalat idul Adha dan mendengarkan khotbah dan banyak beramal shaleh.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS