DPK Laksanakan Gerakan Cinta Buku Untuk Ciptakan Minat Baca - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

DPK Laksanakan Gerakan Cinta Buku Untuk Ciptakan Minat Baca

Selasa, Mei 18, 2021


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Peringati Hari Buku dan Hari Perpustakaan Nasional, Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPK) melaksanakan Program Gerakan Cinta Buku, dan Perpustakaan Inklusi di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kepala DPK, Alvi Sena, ST, MT, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (17/05/2021). 


"Program cinta buku merupakan salah satu program untuk meningkatkan minat baca masyarakat," katanya.


Untuk tahap awal, sebut Alvi, gerakan cinta buku ini ditargetkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Padang Panjang, dengan cara mendaftarkan seluruh ASN sebagai anggota perpustakaan dan membuat jadwal untuk kunjungan ke perpustakaan.


“Kita butuh ASN yang memiliki wawasan. Karena tantangan pekerjaan dan pelayanan publik yang dituntut harus semakin membaik, sehingga dengan ASN mulai mencintai membaca, wawasannya akan berkembang,” ungkapnya.


Program ini pun, katanya, nantinya juga akan diterapkan ke masyarakat dengan mengadakan lomba bercerita dan lomba  antar taman baca masyarakat. Inipun dilakukan dengan tujuan menyebarkan virus membaca.


“Intinya, dengan membaca masyarakat dan ASN yang ada di Kota Padang Panjang pasti akan bertambah Wawasannya,” tuturnya.


Selain itu, mengenai perpustakaan inklusi, Alvi menjelaskan, bagaimana perpustakaan masyarakat bisa menjadi tempat yang memberdayakan masyarakat.


“Taman baca tidak hanya tempat berkumpul membaca saja, tetapi  juga mengaplikasikan apa saja yang telah dibaca,” jelasnya.


Alvi mengatakan, sudah ada beberapa taman baca masyarakat (TBM) yang menerapkan perpustakaan inklusi ini, seperti, TBM Gumala Kreatif dengan produksi batik, dan TBM Sigando dengan produksi kuliner. 


Untuk program perpustakaan inklusi ini, DPK sudah berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperdakop UKM) dalam segi permodalan dan pelatihan.


Lebih lanjut dia mengatakan, program-program yang sedang dijalankan DPK untuk mewujudkan masyarakat cinta membaca, cinta buku dan masyarakat yang kreatif, merupakan dasar dari rencana menjadikan Padang Panjang sebagai Kota Kreatif dan City of Literature UNESCO.


Selanjutnya, Alvi menyampaikan, pada tanggal 26 Mei mendatang, DPK akan diresmikan sebagai pemilik Pojok Statistik pertama di Indonesia. Peresmian ini akan dihadiri kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia.


#GP | DF | Dega

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU





Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS