Peluncuran buku Yuswir Arifin pemikiran dan pejuangan sepenuh hati untuk Negeri. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Selasa, 16 Februari 2021

Peluncuran buku Yuswir Arifin pemikiran dan pejuangan sepenuh hati untuk Negeri.

 


 
Sijunjung (SUMBAR).GP- Peluncuran buku Yuswir Arifin berjudul Pemikiran dan Perjuangan Sepenuh Hati untuk Negeri dilangsungkan di Balairung Lansek Manih, Muaro Senin (15/2) malam.

Kegiatan peluncuran buku Yuswir Arifin, Bupati Sijunjung 2 periode  (2010-2015, 2016 -2021) itu  diawali dengan sambutan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung Drs.Darlias.


Selaku Ketua Tim penulis dan pemrakarsa terbitnya buku itu, Darlias menjelaskan kronologis mulai dari perencanaan sampai terbit buku ini memakan waktu sekitar 2 tahun.


"Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Allah, dengan penuh rasa  suka dan cita Biografi Bapak Yuswir Arifin ini sampai juga ke tangan kita bersama saat ini," jawab Darlias.


Buku tersebut ditulis Darlias bersama  Saptarius Redaktur media Jurnal Sumbar, Maryusman,SE dan Suhermanto,SST personil Kantor Perpustakaan dan Kearsipan serta Editornya Yurnaldi mantan Wartawan Kompas yang juga kini Pimpinan Redaksi 6 media online di Padang.


Darlias mengungkapkan mengapa buku ini ditulis, menyampaikan citra daerah merupakan upaya mengungkapkan kembali memori kolektif daerah yang terekam dalam arsip yang dilakoni oleh seorang tokoh pemimpin daerah yang akhirnya dapat dijadikan sebagai arsip statis mengenai tokoh serta dapat mengenang kembali masa masa sebelumnya.


"Diharapkan penulisan Biografi tokoh ini, dapat dijadikan landasan yang kuat dalam membangkitkan semangat generasi penerus sehingga terjadi kesinambungan peristiwa sejarah yang satu dengan peristiwa yang lainnya," ungkap Darlias.


Buku ini meski utamanya biografi seorang tokoh,  ujar Darlias  tetapi dalam paparannya banyak inspirasi, wawasan, tips dan juga tantangan dalam mengemban sebuah amanah.

Biografi Yuswir ini juga memuat testimoni tokoh-tokoh ternama diantaranya Syafii Maarif, Andrinof Chaniago, M.Taufik, Alwis, Novirman Jamarun, Ganefri, Novisor Jamarun, Puti Reno Thaib, Azwar Ananda dan Darius Apan.

Dalam sekapur sirihnya Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayetno menulis"Seorang Yuswir Arifin memimpin dengan seni, tahu persis bahwa untuk mencapai sebuah tujuan, seorang pemimpin mesti memainkan rasa dalam sebuah sentuhan estetika."


Bupati Yuswir Arifin dalam sambutannya, mengaturkan terima banyak kepada Penulis dan Editor sehingga buku kecil yang memuat cerita masa kecilnya, remaja dan masa perkuliahan dan sampai pada masa kepemimpinan sebagai Bupati Sijunjung.


Dijelaskan Yuswir, sebagai putra daerah Sijunjung yang dilahirkan di Jorong Sungai Sariak Nagari Muaro Takung Kecamatan Kamang Baru saya merasa terpanggil secara moral untuk memberi kontribusi yang berarti bagi negeri, sebagai wujud kecintaan saya pada Sijunjung tanah kelahiran, tumpah darah yang juga tempat saya kembali menghembuskan napas terakhir.


"Jujur saya katakan, diluncurkan buku yang berjudul Pemikiran dan Perjuangan Sepenuh Hati untuk Negeri ini, bukan dimaksudkan untuk membesar-besarkan apa yang telah saya perbuat bersama jajaran yang saya pimpin di Sijunjung," jelas Yuswir Arifin.


Melainkan lanjut Yuswir,  adalah agar menjadi rujukan yang berharga untuk melakukan langkah dan upaya yang lebih besar lagi bagi kepentingan Kabupaten Sijunjung ke depan.


Peluncuran buku tersebut ditandai dengan penyerahan secara resmi oleh Bupati Yuswir Arifin kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Drs.Darlias sebagai aset Perpustakaan untuk dapat dibaca masyarakat umum. 


Dan pada kesempatan tersebut Bupati Yuswir juga menyerahkan Penghargaan kepada Tim penulis dan Editor diterima Saptarius, Maryusman, SE dan Yurnaldi.


Berikutnya  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sijunjung juga membagikan Buku yang telah ber- ISBN: 978-623-94642-3-3  diterbitkan oleh Penerbit Visigraf kepada Kepala OPD dan Wartawan yang hadir saat itu.


#GP | Herman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS