Batomok dan Basopi di Surau " Babul Jannah" Lontiek Jorieng Jorong Taratak Batuong berlangsung sukses dan meriah. - Go Parlement | Portal Berita
loading...


Breaking

Rabu, 06 Januari 2021

Batomok dan Basopi di Surau " Babul Jannah" Lontiek Jorieng Jorong Taratak Batuong berlangsung sukses dan meriah.


Sijunjung(SUMBAR).GP- Kegiatan Batomok dan Basopi di Surau Babul Jannah Lontiek Jorieng, Jorong Taratak Botuong Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung berlangsung sukses dan meriah, Rabu (6/1).


 "Batomok" menurut Bahaso Padang Loweh diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah "Bertamat" atau kegiatan  Tamat Al Quran atau Khatam Alquran bagi santri sedangkan "Basopi" berarasal dari "Suapi" artinya prosesi memberikan  makan oleh Ustadz kepada anak yang sedang akikah.


Pagi hingga siangnya dilaksanakan proses  Khatam bagi 15 santri, sembari para kaum ibu memasak daging sapi di sekitar Surau tersebut.Selesai shalat Zohor dikumandangkan "Mauluk" berupa sejarah Nabi Muhammad oleh sekelompok grup Mauluk dalam rangka memperingati peringatan "Maulid Nabi Muhammad, Saw." 


Saat bersenandungnya bacaan Mauluk sang Ustadz Ifdil yang dipercayakan orang tua dari  yang mengakikahkan anaknya menyiapkan sajian untuk disuapkan kepada anak yang akikah tersebut.


Setelah usai kegiatan Khatam dan Akikah dilakukan kegiatan doa bersama dihadiri Tokoh masyarakat Anggota DPRD Sijunjung, Toton politisi Gerindra, Wali Nagari  Padang Laweh diwakili Sekretarinya Eri Ponji, Ninik mamak dan masyarakat sekitarnya.


Awaludin selaku  Guru TPQ Surau Babul Jannah dalam laporannya, Surau yang mulai di bangun 2014 lalu kini kondisinya baru 60% siap, namun telah diaktifkan untuk berbagai kegiatan TPQ/TPSQ dan sebagai tempat musyarawah di daerah ini.


Awaludin didampingi Ketua Panitia Zulkifli, menuturkan  ketujuh orang yang akikah itu adalah  Raviq bin Agussalim, Davin bin Aprianto, Habil bin Alfendevi, Vindi bin Syurdi,   Arsa bin Iwan, Yudha bin Open dan Gio.


Kegiatan tersebut, dihadiri Anggota DPRD Sijunjung Toton politisi Gerindra, Sekretaris Nagari Padang Laweh Eri Ponji, Ninik mamak, tokoh masyarakat lainnya dan walimurid serta masyarakat setempat.


Anggota DPRD Sijunjung Toton dalam sambutannya menyampaikan,  kegiatan ini sangat positif dan perlu dilestarikan pada masa yang akan datang.


Diharapkan kepada masyarakat untuk meramaikan surau ini dalam berbagai kegiatan keagamaan. " Jangan hanya  anak anak yang meramaikan surau kita ini, " ungkapnya.


Selain itu,  Toton yang putera Nagari Padang Laweh, mengajak masyarakat untuk saling bahu membahu dalam kegiatan pembangunan nagari.


" Insyaallah, saya selaku wakil rakyat di DPRD akan berjuang untuk memperlancar kegiatan pembangunan, tentu harus melalui salurannya seperti pemerintahan  Jorong, Nagari dan Kecamatan," ungkapnya.


#GP | Herman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

});

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS