Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung laksanakan workshop AKM dan Survei Karakter. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Sabtu, 14 November 2020

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung laksanakan workshop AKM dan Survei Karakter.


Sijunjung(SUMBAR).GP-  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung Ramler, SH., MM diwakili Kepala Bidang (Kabid) SD,  Drs.Syukur, MM  mengharapkan agar Pengawas, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) jadi penggerak dan sponsor bagi guru guru  dalam menyukseskan Asesmen Nasional yang akan diberlakukan 2021 nanti. 

Hal itu diungkapkan Drs.Syukur  ketika memberikan pengarahan saat  membuka  kegiatan workshop Asesmen Kompentensi Minimum dan survei karakter bagi 50 pengelola  pendidikan Sijunjung  di Wisma Keluarga Muaro, Sabtu (14/11) 


Dalam pengarahannya, Syukur mengawali dengan pertanyaan " Mengapa UN, UASBN diganti dengan Asesmen dewasa ini ?  dan Syukur langsung memberikan  jawabannya bahwa  ujian Nasional selama ini mengacu hanya pada tingkat ilmu pengetahuan semata, sementara sikap, akhlaq dan moralnya belum dapat tempat. Jadi banyak tamatan sekolah punya ilmu pengetahuan yang tinggi tetapi  lemah dalam sikap dan moralnya.


Dikatakan Syukur, saat ini Mekdikbud Nadiem Anwar Makarim merubah pola pendidikan dari mementingkan pengetahuan semata  menjadi  yang punya akhlak dan skil  serta pengetahuan minimum untuk bisa  mengarungi kehidupan. 


Asesmen nasional tersebut nanti, kata Syukur akan berlangsung tiga tahap pertama Asesmen Kompentensi Minimum (AKM) untuk mengukur lietrasi dan numerasi, kedua survei karakter dan ketiga survei lingkungan belajar.


"Kedepan diharapkan, para pengawas, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) didampingi guru penggerak yang  ikut  workshop ini dapat  menularkan ilmu dan ketrampilannya  kepada guru di kecamatan masing masing, sehingga Assessmen Nasional nanti berjalan sukses di Sijunjung," ungkap Syukur. 


Oleh sebab itu, Syukur  meminta kepada semua peserta workshop untuk mendiskusikan secara maksimal dengan Nara sumber baik filosofi, tiori dan aplikasinya Asesmen tersebut.


Kasi Kurikulum pada Bidang SD Dinas Dikbud Sijunjung,  Ery Yanto, S.Pd.MM dalam laporannya menyampaikan,  kegiatan ini diikuti 50 orang terdiri dari 11 orang Pengawas SD, 8 orang Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan  31 orang Guru Penggerak yang tersebar di 8 kecamatan.


Dikatakannya, 50 orang peserta dengan tetap menerapkan protokol tetap (protap) kesehatan covid-19, akan dibagi menjadi dua kelas, masing masing kelas bermuatan  25 orang  dibimbing oleh 2 orang Nara sumber.


"Workshop AKM dan Survei karakter  tersebut berlangsung 4 hari hingga Selasa (17/11) mendatang dengan Nara sumber  saudara  Robi Rahman, M.Pd dan Mutia Hariyani, M.Pd guru SD dari Kota Padang, keduanya  tercatat sebagai Instruktur Propinsi (IP) Sumatera Barat, " ungkap Ery Yanto.


#GP | Herman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...


Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS