Drs.Syukur,MM : Semua murid kelas V SD tahun 2020/2021 akan mengikuti AKM ganti US - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

loading...


Kamis, 08 Oktober 2020

Drs.Syukur,MM : Semua murid kelas V SD tahun 2020/2021 akan mengikuti AKM ganti US






Sijunjung(SUMBAR).GP-  Lima Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Sijunjung memperoleh  bantuan 1 paket alat TIK dengan 28 unit Komputer  melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN 2020 sebagai persiapan pelaksanaan Asesmen Kompentensi Minimum (AKM) yang akan dimulai tahun pelajaran 2020/2021 ini.

loading...
Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Ramler, SH, MM melalui Kepala Bidang(Kabid) SD Drs.Syukur, MM dalam wawancara dengan  media ini  di ruang kerjanya, Kamis (8/10)

Dijelaskannya, pemberian  bantuan alat TIK sebanyak 28 unit komputer persekolah akan terus dilakukan setiap tahunnya secara bertahap, karena hal itu sesuai dengan tuntutan  standar pelayanan minimal (SPM).

Sesuai dengan Permendikbud nomor 4 tahun 2020 menyatakan bahwa UN tidak lagi diadakan di sekolah dan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang diikuti  murid kelas V SD dimulai tahun pelajaran 2020/2021

"Tahun pelajaran ini semua murid kelas V akan mengikuti Asesmen Kompentensi Minimum (AKM), survei karakter dan survei lingkungan belajar sebagai ganti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) yang berlaku seperti tahun sebelumnya, "  ungkap Syukur.

Dijelaskannya, yang diuji dalam AKM itu adalah kemampuan Literasi atau kemampuan berfikir dan kemampuan numerasi atau kemampuan kecerdasan menggunakan angka angka.

Kemudian di kelas VI nanti tugas guru selanjutnya adalah meremedial tingkat kemampuan yang masih belum tercapai saat dilaksanakan AKM, survei karakter dan survei lingkungan belajar tersebut.

Agar AKM itu terlaksana dengan sempurna dibutuhkan sarana dan prasarana pendukung seperti komputer, router modem dan labor komputer yang secara bertahap harus kita persiapkan.

Menjadi salah satu syarat sekolah yang berstandar nasional pendidikan (SNP) itu adalah  memiliki Labor komputer, maka untuk Kabupaten Sijunjung tahun 2021 merencanakan 16 unit Labor komputer.

Dalam rangka memberikan pemahaman guru  tentang AKM dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan pelatihan buat 50 orang guru. Target peserta ini memang sedikit, karena kita latihan masih dalam suasana covid-19.

Kasi  Prasarana Zul Ariza,S.Pd MM yang mendampingi Drs.Syukur, MM menuturkan kelima SD yang mendapat paket  bantuan 28 unit komputer itu SDN 5 Air Angek, Kecamatan Sijunjung, SDN 5 Silantai, Sumpur Kudus, SDN 1 Buluh Kasok, Lubuk Tarok, SDN 3 Air Amo, Kamang Baru dan  SDN 4 Batu Manjulur di Kecamatan Kupitan.


#GP | Herman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS