Mengenal, Mewaspadai dan Mencegah Covid-19 - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Mengenal, Mewaspadai dan Mencegah Covid-19

Senin, Juni 01, 2020

Padang Panjang(SUMBAR).GP- Infeksi virus Corona, atau dikenal dengan sebutan COVID-19, merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan. COVID-19 merupakan penyakit menular yang timbul dari jenis virus Corona baru (novel coronavirus/nCov). 

Virus Corona baru mirip dengan keluarga virus yang menyebabkan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan sejumlah influensa biasa.

Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu, namun virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia). 

Sesuai data terbaru Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang diumumkan pada Minggu sore, hingga 31 Mei 2020, total jumlah kasus positif corona di Indonesia telah mencapai 26.473 orang. 

Angka kematian pasien Covid-19 di Indonesia juga mengalami penambahan setiap harinya. Penambahan itu membuat total angka pasien positif corona yang sudah meninggal di Indonesia menjadi 1.613 jiwa. Angka ini setara 6,1 persen dari total kasus.

#Proses Penularan Covid-19#

COVID-19 ditularkan melalui Droplet (percikan seseorang ketika batuk/berbicara), kemudian kontak erat seperti cium tangan, jabat tangan, dan berpelukan.

Bila virus corona menyentuh permukaan benda terkontaminasi, virus corona dapat bertahan pada permukaan benda mati selama berjam-jam sampai berhari-hari.

#Gejala Virus Corona (Covid-19)#

Gejala infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa menyerupai gejala flu, yaitu demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Setelah itu, gejala dapat hilang dan sembuh atau malah memberat. 

Penderita dengan gejala yang berat bisa mengalami demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. 

Gejala-gejala tersebut muncul ketika tubuh bereaksi melawan virus corona. 
Secara umum, ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu:
* Demam (suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius)
* Batuk kering
* Sesak Nafas

Ada beberapa gejala lain yang juga bisa muncul pada infeksi virus Corona meskipun lebih jarang, yaitu:
* Diare
* Sakit kepala
* Konjungtivitis 
* Hilangnya kemampuan mengecap rasa atau mencium bau
* Ruam di kulit

Gejala-gejala COVID-19 ini umumnya muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah penderita terpapar virus Corona.

Bila memerlukan pemeriksaan langsung oleh dokter, jangan langsung ke rumah sakit karena itu akan meningkatkan risiko tertular atau menularkan virus Corona ke orang lain. 

Bagi yang merasakan gejala mengarah kepada virus corona, Pemerintah Kota Padang Panjang membuka layanan 112 untuk masyarakat di Kota itu. Petugas medis akan menjemput, sesuai protap yang berlaku.

#Pencegahan Virus Corona (Covid-19)#

Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk mengobati infeksi virus corona. Oleh sebab itu, cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan seseorang terinfeksi virus ini yaitu: 

* Terapkan physical distancing, yaitu menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain, dan jangan dulu ke luar rumah kecuali ada keperluan mendesak.

* Gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian, termasuk saat pergi berbelanja bahan makanan.

* Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%, terutama setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.

* Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.

* Tingkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara rutin, beristirahat yang cukup, dan mencegah stres.

* Hindari kontak dengan penderita COVID-19, orang yang dicurigai positif terinfeksi virus Corona, atau orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek.

*   Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.

* Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan rumah.

#Tips Meningkatkan Imun Tubuh#

Memperkuat sistem imun tubuh merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menangkal penularan virus ini. Tidak hanya virus Corona, sistem imun tubuh yang kuat juga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit lainnya.

Sistem imun tubuh yang kuat bisa diperoleh dengan :
* Mengkonsumsi pangan aman dan bergizi.
* Olah raga rutin 30 menit / hari.
* Mengkonsumsi suplemen bila diperlukan.
* Minum air putih 8 gelas / hari.
* Tidur cukup 7-9 jam / hari.
* Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

#GP | DF | Hrs | Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU





Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS