Mengenal Ria Astarina, S.Pd yang sukses menyajikan materi dihadapan 249 murid kelas tinggi SD selama dua jam. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Mengenal Ria Astarina, S.Pd yang sukses menyajikan materi dihadapan 249 murid kelas tinggi SD selama dua jam.

Sabtu, April 04, 2020

Sijunjung(SUMBAR).GP- Dalam suasana libur dampak virus Corona atau covid-19 ini, selama dua jam dimulai pukul 10.00 wib Ria Astarina,S.Pd mampu mengajikan pelajaran ketengah 249 murid kelas tinggi se Kabupaten Sijunjung, Sabtu (4/4).

"Selamat pagi anak anakku semua, sudahkah semua siap untuk belajar dengan ibuk ? Oke, kenalkan nama Ibuk Ria Astarina, sehari hari mengajar di SDN 10 Sumpur Kudus, Kecamatan Sumpur Kudus," begitu Ria menyapa anak anak murid kelas tinggi SD Sijunjung mengawali pembelajarannya.

Selama 120 menit Ria Astarina mendampingi anak kelas tinggi SD dengan materi "Interaksi manusia dengan alam" cukup membuat 249 muridnya bahagia dan senang dengan keramah tamahannya terlihat jelas dari  tulisannya di WA grup sekolah lawan Corona itu.

Ria Astarina,S.Pd usai menutup Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tersebut langsung www.goparlement.com minta pengalamannya sebagai guru daring via WhatsApp, Sabtu siang.

"Pengalaman menjadi guru tamu dalam pembelajaran jarak jauh kali ini sangat menyenangkan," tulis Ria 

"Ini kali kedua bagi saya menjadi guru tamu secara on line membuat saya mulai bisa memahami situasi," lanjutnya.

Dikatakan Ria, rasa grogi masih tersisa sedikit, karena pembelajaran kali ini dipantau oleh orang-orang hebat.

"Ketika akan memulai pembelajaran, masalah muncul. Jaringan internet di HP saya mendadak error, mulai panik dengan situasi tersebut, sementara  keinginan belajar anak sudah menggebu gebu, akhirnya pindah posisi  ke rumah tetangga mancari signal yang bagus," jelas Ria.

Akhirnya tulis Ria, untung ada Bu Novi Edmawita moderator yang cekatan, mengambil alih sementara kegiatannya, sehingga kegiatan berjalan lancar dan murid murid tak merasakan ada masalah tersebut.

Putri asli Sumpur Kudus ini, kelahiran Bandar Lampung, 11 Januari 1984 meraih Sarjana Pendidikan di Universitas Terbuka (UT) Negeri di UPBJJ Padang, kini bertugas sebagai guru kelas di SDN 10 Sumpur Kudus Selatan.

Menurutnya,  hari ini saya merasa bangga dan bahagia sangat  bisa berada diantara anak anak hebat, mereka sangat aktif menjawab pertanyaan. Ini betul betul calon penerus bangsa, di Kabupaten Sijunjung Negeriku tercinta.

Ria punya hobi membaca buku, cerpen, komik, dan jalan jalan itu, telah berhasil menulis sebuah buku berjudul "Menggapai Pelangi Asa" tahun lalu dan artikelnya "Peningkatan diri menjadi guru profesional" diterbitkan di Jurnal Dinas Pendidikan.

Diakhir tulisannya Ria menyebutkan, yang penting saya tetap bersemangat dan terus ingin menjadi bagian dari kegiatan yang digagas Komunitas Guru Belajar (KGB) Kabupaten Sijunjung. 

Sementara moderator PJJ kelas tinggi SD Kabupaten Sijunjung, Novi Edmawita kepada www.goparlement.com ke 249 murid yang bergabung belajar itu berasal dari Kecamatan Sumpur Kudus, Sijunjung, IV Nagari, Koto VII dan Kupitan.

Sedang sampai hari ini, Kecamatan Kamang Baru dan Tanjung Gadang baru guru gurunya yang bergabung ikut memonitor kegiatan belajar daring ini.

"Kemungkinan yang menjadi kendala adalah keberadaan signal yang belum stabil atau androidnya," jelas Novi.

#GP | Herman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS