Kodim 0310/SS :Peringatan HPSN di Muaro Sijunjung peragakan pengolahan sampah plastik jadi BBM - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Kodim 0310/SS :Peringatan HPSN di Muaro Sijunjung peragakan pengolahan sampah plastik jadi BBM

Senin, Maret 23, 2020

Sijunjung(SUMBAR).GP- Kodim 0310/SS bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Sijunjung, dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) memperagakan pengolahan sampah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan mesin reaktor di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Logas Muaro, Senin(23/3).

Diawali laporan Kepala Dinas Perkim LH Kabupaten Sijunjung, Riky Maineldi Neri, SSTP. M. Si tentang pelaksanaan kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan kata Sambutan  Dandim 0310/SS Letkol Inf Dwi Putranto, S.AP. M.I. Pol dan Pengarahan Bupati Sijunjung Drs. H. Yuswir Arifin Dt. Indo Marajo.

Dandim Dwi Putranto, dalam awal sambutannya mengatakan, tidak ada yang istimewa dan luarbiasa, tapi mudah mudahan  semua kegiatan kita ini  bisa menjadi solusi dari kecemasan bahaya limbah plastik.

"Insya Allah, bisa menjawab limbah plastik yang digembar gemburkan berbahaya dan mengerikan itu," ungkap Dwi Putranto

"Mesin reaktor pengolahan limbah plastik bisa merubah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) residunya berupa solar dan premium," jelas Dwi Putranto.

Sedangkan Bupati Yuswir Arifin berkaitan dengan pengelolaan limbah  plastik yang menjadi gagasan Dandim mari kita sokong bersama. Kata Pak Dandim ada alat mesin pengolah sampah ya kita ambil saja.

Bagaimanapun setiap hari, kita kata Bupati Yuswir baik perorangan, rumah tangga maupun kita di pemerintahan ini selalu memproduksi sampah, terutama plastik bekas air minuman.

"Sebab dengan adanya mesin pengolah limbah plastik,  sampah plastik jadi habis, tidak ada sampah yang berulang ulang," lanjut Yuswir Arifin.

Hadir dalam kegiatan peringatan HPSN Kabupaten Sijunjung itu Unsur dari  Forkopimda, Wakil Bupati, Sekdakab Zepnihan, Kepala OPD , Camat, Wali Nagari, pengurus BUMNag dan  14 kelompok Bank sampah Sijunjung.

Dabiruddin asal Bayang Pesisir Selatan pensiunan TNI AD tahun 2000 menjadi Nara sumber dalam sosialisasi pengolahan sampah dengan memperagakan cara pengolahan sampah plastik menjadi BBM dengan menggunakan mesin reaktor.

Dijelaskan Dabiruddin, dengan sedikit pengalaman teknologi yang ia miliki, tapi setiap saat selalu berusaha mengembangkan ketrampilannya, sehingga hal hal yang tak berguna bisa menjadi barang berharga dan bernilai rupiah.

"Pokoknya, asal masyarakat mau berkiprah dan berbuat dirinya siap membantu baik dalam melatih maupun dalam membina usahanya," ungkap Dabiruddin bersemangat dihadapan pimpinan daerah Sijunjung ini.

Sebelum kegiatan resmi peringatan HPSN Bupati, Dandim, Kapolres, Ketua DPRD dan Sekdakab secara bergantian menyerahkan hadiah dan trophy kepada pemenang  berbagai lomba Hari Jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung ke 71 yang dilaksanakan Pebruari lalu.

#GP | Herman 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS