Auto 2000 Bukittinggi Peduli Pendidikan Bersama SD N 11 CGB - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Auto 2000 Bukittinggi Peduli Pendidikan Bersama SD N 11 CGB

Jumat, Maret 13, 2020


Bukittinggi ( SUMBAR ).GP- Salah satu model belajar yang mesti diterapkan para guru di sekolah adalah pembelajaran bermakna. Pelajaran itu merupakan suatu proses mengaitkan informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang.  Struktur kognitif meliputi fakta-fakta, konsep-konsep dan generalisasi-generalisasi yang telah dipelajari dan diingat siswa. Hal itulah yang coba diterapkan oleh salah satu SD di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat yaitu SDN 11 Campago Guguak Bulek (CGB) kota setempat. 

SD tersebut dalam penerapan pelajaran bermakna bekerja sama dengan perusahaan terbesar yakni Auto 2000 cabang Bukittinggi. 

Dalam kegiatan ini siswa kelas 4 SDN 11 CGB melakukan kunjungan ke auto 2000 Jum,at 13/03/2020. Diantara kegiatan yang dilakukan pada kunjungan itu adalah class room yaitu penyampaian materi tentang industri oleh pihak auto 2000. Materi ini berkaitan erat dengan pembelajaran siswa tentang industri dan jenis pekerjaan lainnya. Selain itu juga di jelaskan tentang auto 2000 goes to bengkel yang merupakan salah satu agenda auto 2000 dan kepedulian terhadap dunia pendidikan. 

Tentu saja kegiatan ini sangat bermakna dan merupakan hal baru bagi siswa sebab melakukan pembelajaran lansung akan lebih melekat dalam ingatan siswa. Kemudian para siswa juga mendapat pembelajaran tentang limbah dan pengolahannya. Adanya pembelajaran tersebut 
para siswa merasa sangat senang. 

Kepala cabang auto 2000 Bukittinggi, diwakili Kepala Mekanik, Sudarto menjelaskan, tentang program student goes to bengkel. Kata dia, Astra sebagaimana catur dharmanya, berusaha turut bermanfaat bagi bangsa, salah satu catur dharma itu adalah implementasi konkrit dengan aktivitasnya adalah CSR (Corporate Social Responsibility ) dalam berbagai bentuk. 

"Salah satunya yang kita lakukan di cabang auto 2000 Bukittinggi ini adalah student workshop atau pelajar datang ke bengkel. Tujuannya untuk mengenalkan secara dini bagi peseta didik. Selain itu anak-anak juga mengenal bagaimana proses dunia industri, tentu saja ini merupakan wawasan baru bagi anak anak. Kami juga akan paparkan bagaimana proses suatu bengkel dari mulai masuk hingga selesai," terang Sudarto didampingi Kepala SD N 11 Januardi.

Ia tambahkan, anak anak juga akan diberikan informasi prosedur-prosedur apa yang terkait dengan keselamatan atau B3 dan itu harus dilakukan dalam bekerja sehingga anak-anak dari dini mengerti cara melakukan sesuatu sesuai dengan SOP agar selamat bagi dirinya, bagi alatnya dan juga bagi orang lain. 


Tidak lupa pula, sambung Sudarto, anak -anak juga diberi kesempatan untuk melakukan lomba mewarnai, menjawab beberapa pertanyaan dan tentu saja dengan beberapa hadiah menarik yang disediakan Auto 2000. 

Di akhir kegiatan itu para siswa-siswi disuguhi fasilitas untuk wahana bermain seperti balon seluncuran. Hal itu diberikan  dalam rangka berbagi kebahagiaan dan keceriaan.  "Semoga kegiatan ini memberikan kesan yang istimewa bagi anak anak," harapnya.

Sementara, bagi sekolah lain selain SD N 11 CGB, tambah Sudarto, juga ada kesempatan bagi siswa-siswanya untuk melakukan pembelajaran langsung ke Auto  2000.

#GP | JANUARDI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS